Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Bangun Datar Melalui Kebudayaan Kampung Kuta

Authors

  • Firsta Adilaturrahmah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Suparni Suparni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.3503

Keywords:

matematika realistik, kebudayaan kampung kuta, bangun datar

Abstract

Pembelajaran matematika realistik menghubungkan materi pelajaran dengan situasi nyata melalui proses konstruksi pengetahuan yang membuat pembelajaran matematika menjadi lebih bermakna. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik bebasis kebudayaan Kampung Kuta pada materi geometri pokok bahasan bangun datar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MTs AL-Amin Cikaso yang berjumlah 10 siswa. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis melalui beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik melalui kebudayaan dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu memahami masalah kontekstual mengungkapkan ulang gagasan berpikir siswa, menyatakan gagasan tersebut ke dalam suatu gambar, mempresentasikan hasil kerja dan berdiskusi, serta meyimpulkan hasil diskusi mengenai konsep matematika. Model pembelajaran realistik dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa, menumbuhkan minat dan motivasi siswa, menciptakan pembelajaran yang interaktif, mampu meningkatkan pemahaman siswa melalui permasalahan yang berkaitan dengan kebudayaan Kampung Kuta, serta menumbuhkan sikap cinta dan melestarikan kebudayaan yang ada di Kampung Kuta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M., & Nasution, D.P. (2018). Analisis kualitatif kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 83-95.

Badruddin, E. (2013). implementasi pendekatan realistik pada pembelajaran operasi bilangan real untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. Jurnal Peluang, 2(1).

Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 120-135.

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017) Implementasi pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Journal of Medives, 1(2), 74-81.

Kusmayadi, E., Nurohman, T., Satori, A., & Widiastuti, W. (2010). Tinjauan sosial budaya dan politik masyarakat kampung kuta desa karangpaningal kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis. Tasikmalaya: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Siliwangi.

Melisa, Widada, W., & Zamzaili. (2019). Pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika bengkulu untuk meningkatkan kognisi matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 103-110.

Ningsih, S. (2014). Realistic mathematics education: Model alternatif pembelajaran matematika sekolah. Jurnal Pendidikan matematika IAIN Antasari, 1(2), 73-94.

Novrianto, A., Maryuni, N., & Amri M.A. (2017). Komunikasi matematis siswa: pengaruh pendekatan matematika realistik. Jurnal Gantang, 2(2), 113-121.

Ramli, F., Shafie, N., & Tarmizi, R.A. (2013). Exploring student’s in-depth learning difficulties in mathematics through teacher’s perspective. Procedia – Social and Behavioral Sciences. 97 (2013), 339-345.

Rangkuti, A. N. (2016). metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, PTK dan penelitian pengembangan. Bandung : Cipta Pustaka Mulia

Rosyadi, E., & Tim Penulis. (2014). Kajian kearifan lokal di kampung Kuta Kabupaten Ciamis. Bandung: Izda Prima, CV.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: Studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Syauman, Muzakkir. (2010). Pendekatan matematika realistik cara efektif meningkatkan pemahaman logika matematika siswa. Banda Aceh: SepNas FKIP UNSYIAH, 24-25 Juni 2010.

Tampubolon, P. T. (2016). penerapan model pembelajaran matematika realistik indonesia untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(1), 190-198.

Yusmanita, S., Ikhsan, M., & Zubainur, C. M. (2018). penerapan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian. Jurnal Elemen, 4(1) : 93-104.

Published

2022-01-25

How to Cite

Adilaturrahmah, F., & Suparni, S. (2022). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Bangun Datar Melalui Kebudayaan Kampung Kuta . Jurnal Gantang, 6(2), 125–132. https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.3503