Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbasis PISA
DOI:
https://doi.org/10.31629/jg.v6i1.3286Keywords:
kemampuan matematika, kemampuan literasi, PISAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kemampuan literasi matematis siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang diambil adalah satu siswa kelas VII SMP yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Data penelitian diambil melalui dokumentasi, tes tertulis kemampuan literasi matematis dan wawancara. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu membandingkan hasil tes kemampuan literasi matematis dengan hasil wawancara. Berdasarkan hasil analisis, siswa dengan kemampuan matematika tinggi memenuhi indikator kemampuan literasi matematis PISA yaitu, 1) mampu melaksanakan prosedur dalam memecahkan masalah dengan jelas, termasuk prosedur yang memerlukan keputusan secara berurutan, 2) mampu menyelesaikan masalah dan menggunakan strategi yang sederhana, 3) mampu menggunakan dan menafsirkan representasi dari sumber informasi yang berbeda serta menjelaskan alasannya secara langsung, 4) mampu mengkomunikasikan hasil interpretasi dan alasan mereka.
Downloads
References
Ahyan, S., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2014). Developing mathematics problems based on pisa level of change and relationships content. IndoMS-JME, 47-56.
Anwar, N. T. (2018). Peran kemampuan literasi matematis pada pembelajaran matematika abad-21. Prisma, Prosididing Seminar Nasional Matematika, 364-370.
As'ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., & Taufiq, I. (2017). Matematika. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Depdiknas. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Johar, R. (2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 30-41.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018. Diambil pada desember 2020 dari https://www.kemendikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Laporan hasil ujian nasional. Diambil pada 5 Desember 2020 dari https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/
Khoirudin, A., Setyawati, R. D., & Nursyahida, F. (2017). Profil kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan matematis rendah dalam menyelesaikan soal berbentuk PISA. Aksioma, 33-42.
Kurniayu, F. A. (2012). Kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas VI sekolah dasar negeri Se-Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo. Doctoral Dissertation Matematika.
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 588-595.
Laily, I. F. (2014). Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika sekolah dasar. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching.
Maksum, A. (2014). Profil kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi lengkung. STIKIP PGRI Semarang.
OEDC. (2013). PISA 2012 assessment and analitycal framework: Mathematics, reading, science. OECD Publishing.
Ojose, B. (2011). Matematics literacy: Are we able to put the mathematics we learn into everyday use. Jurnal of Mathematics Educations, 89-100.
Oktaviana, D. (2017). Analisis tipe kesalahan berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pada mata kuliah matematika diskrit. Edu Sains: Jurnak Pendidikan Sains & Matematika, 22-31.
Puspitasari, A., Setiawani, S., & Sri, N. D. (2015). Analisis kemampuan literasi matematis siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Ambulu berdasarkan kemampuan matematika. Altikel Ilmiah Mahasiswa, 1-6.
Putri, L. F., & Madoy, J. T. (2013). Identifikasi kemampuan matematika siswa dalam memecahkan masalah aljabar di kelas VIII berdasarkan taksonomi Solo. MATEdunesa, 2(1), 1-8.
Solaikah, Afifah, D. S., & Suroto. (2013). Identifikasi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STIKIP PGRI Sidoarjo, 97-106.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendekatan kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Supardi. (2015). Hasil belajar matematika siswa ditinjau dari interaksi tes formatis uraian dan kecerdasan emosional. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 78-96.