Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Berpikir Tingkat Tinggi Model Problem Based Learning Materi Peluang Kelas VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.31629/jg.v6i1.2867Keywords:
berpikir tingkat tinggi, materi peluangAbstract
Fokus utama tujuan pembelajaran matematika dan tuntutan kurikulum saat ini adalah mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Sedangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMP terkategori cukup dan masih harus ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berorientasi berpikir tingkat tinggi berdasarkan model problem based learning yang valid pada materi Peluang kelas VIII SMP. Perangkat pembelajaran terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Proses pengembangan yang dilakukan pada penelitian ini hanya sampai tahap implementasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh data tingkat validitas aspek Silabus, RPP, dan LKS lebih dari 60%. Hasil penelitian disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berorientasi berpikir tingkat tinggi berdasarkan model Problem Based Learning pada materi peluang kelas VIII SMP/MTs yang dikembangkan dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas.
Downloads
References
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamromi. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi: program peningkatan kompetensi pembelajaran berbasis zonasi. Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan.
Fatchiyah, F. (2016). Pengaruh PBL terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V SD Se-Gugus 01 Kretek. Basic Education, 5(18), 1-746.
Fitriana, I. N., & Mampouw, H, L. (2019). Skema kognitif siswa dalam menyelesaikan soal peluang ditinjau dari pendekatan Polya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 353-364.
Haryani, D. (2011). Pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 1980.
Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis high order thinking skill (HOTS) siswa dalam menyelesaikan soal open ended matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64
Herman, T. (2007). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa sekolah menengah pertama. Educationist, 1(1).
Imelda, I., & Anzelina, D. (2019). Respon siswa terhadap pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan higher order thinking skills. Mes: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 11-19.
Jailani, & Retnawati, H. (2016). Keefektifan pemanfaatan perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hots dan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(2).
Kasturi, K., Dafik, D., & Darojat, O. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran problem posing berorientasi penerapan hots pada materi kesebangunan kelas IX. Pancaran Pendidikan, 4(1), 11-32.
Khairunisa, U., Azis, Z., & Sembiring, M. B. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik dengan model problem based learning berbasis higher order thinking skills. Mes: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 56-61.
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2). https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058
Ngalimun, (2014). Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti, E. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas xi dalam pembelajaran trigonometri berbasis masalah di SMA Negeri 18 Palembang. Jurnal Gantang, 1(1). https://doi.org/10.31629/jg.v1i1.4
Rayanto, Y, H,. & Sugianti,. (2020). Penelitian pengembangan model ADDIE dan R2D2: Teori & praktek. Pasuruan : Lembaga Academic & Research Institute
Riadi, A. (2016). Problem-based learning meningkatkan higher-order thinking skills siswa kelas VIII SMPN 1 Daha Utara dan SMPN 2 Daha Utara. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3). https://doi.org/10.33654/math.v2i3.44
Rusdi. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru). Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangankan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.
Setiawan, T., & Junaedi, I. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan problem based learning untuk meningkatkan keterampilan higher order thinking. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(1).
Sidek, M, N., & Jamaludin, A. (2008). Pembinaan modul: Bagaimana membina modul latihan dan modul akademik. Serdang: Penerbit Universiti Putra Malaysia.
Simatupang, I. N., Hasibuan, L. R., & Irmayanti, I. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan problem based learning untuk meningkatkan keterampilan higher order thinking. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 5(2). https://doi.org/10.36987/jpms.v5i2.1561
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Suhady, W., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan soal untuk mengukur higher order thinking skill (hots) siswa. Jurnal Gantang, 5(2). https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2518
Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat pembelajaran matematika bercirikan PBL untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10631
Trianto. 2014. Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual: konsep, landasan, dan implementasinya pada Kurikulum 2013. Prenadamedia Group. Jakarta
Zaenal, A. (2010). Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya