Integrasi Nilai Keislaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Buku Ajar Program Linier
Sebuah Studi Pengembangan
DOI:
https://doi.org/10.31629/jg.v6i1.2556Keywords:
buku ajar, program linier, terintegrasi keislaman, komunikasi matematisAbstract
Keberadaan nilai-nilai Islam dan kemampuan matematis dalam pembelajaran sangat penting untuk diajarkan dan dimiliki oleh peserta didik. Oleh sebab itu, salah satu cara untuk dapat menanamkan nilai Islam dan kemampuan matematis tersebut adalah dengan mengintegrasikannya dalam buku ajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar program linier yang valid dan praktis dengan mengintegrasikan nilai keislaman dan kemampuan komunikasi matematis merupakan tujuan dilakukannya penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan desain ADDIE. Data dikumpulkan dengan teknik angket menggunakan instrumen lembar angket validasi buku ajar dan angket praktikalitas. Data dianalisis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif berupa rata-rata persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku ajar yang dikembangkan berada pada tingkat validitas sangat valid dengan numerik nilai validitas sebesar 92,5%, (2) buku ajar yang dikembangkan berada pada tingkat praktikalitas sangat praktis, dengan numerik nilai praktikalitas sebesar 85,5%.
Downloads
References
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Asmayanti, A., Cahyani, I., & Idris, N. S. (2020). Model ADDIE untuk pengembangan bahan ajar menulis teks eksplanasi berbasis pengalaman. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV, 259–267. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Febrianto, R., & Puspitaningsih, F. (2020). Pengembangan buku ajar evaluasi pembelajaran. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(1), 1–18.
Fitriyani, D., & Kania, N. (2019). Integrasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 346–352. Banten: FKIP UNMA. Diambil dari https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/49
Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. AdMathEdu, 7(1), 9–18.
Khikmiyah, F., & Midjan, M. (2017). Pengembangan buku ajar literasi matematika untuk pembelajaran di SMP. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 1(2), 15–26.
Kurniati, A. (2015). Mengenalkan matematika terintegrasi islam kepada anak sejak usia dini. Suska Journal of Mathematics Education,1(1),1–8. https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1326
Mahardhika, G. P. (2015). Digital game based learning dengan model ADDIE untuk pembelajaran doa sehari-hari. Teknoin, 22(2),1–8. https://doi.org/10.20885/.v22i2.3700
Menteri Pendidikan Nasional. (2003). UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Kementrian Pendidikan Nasional.
Misdalina, M., Ningsih, Y. L., & Marhamah, M. (2017). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 858–861. Palembang: Pengurus besar PGRI.
Nartani, C. I., Hidayat, R. A., & Sumiyati, Y. (2015). Communication in mathematics contextual. International Journal of Innovation and Research in Educational Sciences, 2(4), 284–287.
Riduwan. (2010). Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabeta.
Riduwan, & Sunarto. (2013). Pengantar statistika untuk penelitian pendidikan, sosial, ekonomi, komunikasi, dan bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sari, B. T. W. (2019). Pengaruh durasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 5 ledok 006 salatiga. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 139–144.
Sudijono, A. (2008). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Supriadi, N. (2015). Mengembangkan kemampuan koneksi matematis melalui buku ajar elektronik interaktif (baei) yang terintegrasi nilai-nilai keislaman. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1),63–74. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.51
Wichelt, L., & Kearney. (2009). Communication: A vital skill of mathematics. University of Nebraska Lincoln.