Identifikasi Efektifitas Pembelajaran Trigonometri Kelas X Masa Pandemi COVID 19 Melalui Whatsapp Group
DOI:
https://doi.org/10.31629/jg.v6i1.2539Keywords:
pandemi covid-19, pembelajaran matematika, whatsapp groupAbstract
Pada masa pandemi COVID 19, sekolah diwajibkan untuk mematuhi aturan belajar dalam jaringan (daring). Tujuannya adalah untuk memutus mata rantai covid-19 dengan menjaga jarak (physical distancing). Situasi pandemi membuat guru dan pemerintah terus berupaya memberikan yang terbaik dalam menyampaikan materi pelajaraan kepada siswa secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektifitas pembelajaran trigonometri di kelas X melalui whatsapp group pada masa pandemi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X IPA 1 di SMAN 3 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan anlisis dokumen. Teknik analisis data mengunakan statistic deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kendala dalam proses pembelajaran matematika menggunakan whatsapp group yaitu keterbatasan jaringan internet bagi siswa yang bertempat tinggal jauh dari perkotaan dan beberapa siswa yang merasa terbebani dalam memenuhi kebutuhan kuota internet. Selain itu, diperlukan bimbingan dan respons langsung (realtime response) dari guru agar dapat membantu siswa memahami materi pada saat pembelajaran melalui Whatsapp group.
Downloads
References
Agustina, Riska, Paulus Insap Santosa, and Ridi Ferdiana. 2016. Sejarah, tantangan, dan faktor keberhasilan dalam pengembangan e-learning. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (November).
Armiati, Yerizon, and Resi Niscaya. 2019. Flipped classroom based mathematics learning equipment for students in grade X SMA. Journal of Physics: Conference Series 1317(1). doi: 10.1088/1742-6596/1317/1/012129.
Fadillah, Ahmad, and Westi Bilda. 2019. pengembangan video pembelajaran matematika berbatuan aplikasi sparkoll videoscribe. (2):177–82.
Fajri, Nisya, and Ira Nida. 2019. analisis kesulitan siswa kelas X SMA Negeri 6 Aceh Barat Daya pada materi trigonometri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi 3(2):12–22. doi: 10.32505/qalasadi.v3i2.1179.
Firman, Firman, and Sari Rahayu. 2020. pembelajaran online di tengah pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES) 2(2):81–89. doi: 10.31605/ijes.v2i2.659.
Grand-Clement, Sarah, Axelle Devaux, Julie Belanger, and Catriona Manville. 2017. Digital learning: education and skills in the digital age. Digital Learning: Education and Skills in the Digital Age. doi: 10.7249/cf369.
Gur, Hulya. 2009. Trigonometry Learning. New Horizons in Education, 57(1):67–80.
Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, and Heru Kuswanto. 2020. Pembelajaran pada masa pandemi covid-19 luh. Jurnal Teknologi Pendidikan 22(1):65–70.
Heru. 2018. Jurnal Math Educator Nusantara ( JMEN). Jurnal Math Educator Nusantara 4:157–67. doi: 10.29407/jmen.v4i2.12108.
Iskandar, Resa. 2020. Penggunaan grup whatsapp sebagai media pembelajaran terhadap peserta didik dta at-tawakal kota bandung. Comm-Edu (Community Education Journal) 3(2):97. doi: 10.22460/comm-edu.v3i2.3778.
Jatisunda, Mohamad Gilar. 2019. Kesulitan siswa dalam memahami konsep trigonometri di lihat dari learning obstacles. Didactical Mathematics 2(1):9. doi: 10.31949/dmj.v2i1.1664.
Kemendikbud. 2020. Kemendikbud Bekerja Sama Dengan Operator Telekomunikasi Sukseskan Pembelajaran Di Rumah, 26 Maret 2020, Https:// Www.Kemdikbud.Go.Id/Main / Blog/2020/03/Kemendikbud Bekerja-Sama-Dengan-Operator Telekomunikasi-Sukseskan Pembelajaran-Di-Rumah, Diakses 30 M.†Retrieved July 17, 2020 (https://www.google.com/search?safe=strict&sxsrf=ALeKk02PBNEntANG2hakh-uIOuDsP5DbQA:1594978393447&q=Kemendikbud+Bekerja+Sama+dengan+Operator+Telekomunikasi+Sukseskan+Pembelajaran+di+Rumahâ€ÂÂ,+26+Maret+2020,+https://+www.kemdikbud.go.id/main+/+blog/2020/03/ke).
Mitha Frilia, Hapizah, Ely Susanti, and Scristia Scristia. 2020. Pengembangan bahan ajar materi prisma berbasis android untuk pembelajaran berbasis masalah di kelas VIII. Jurnal Gantang 5(2):191–201. doi: 10.31629/jg.v5i2.2362.
Partayasa, Wayan. 2020. Pengaruh model pembelajaran creative problem solving (CPS) berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari minat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 4(1):168. doi: 10.33603/jnpm.v4i1.2644.
Sofiyah, Siti. 2018. Analysis of students error in proving trigonometric identities. International Journal of Management and Applied Science (5):2394–7926.
Weber, Keith. 2005. Students’ understanding of trigonometric functions. Mathematics Education Research Journal 17(3):91–112. doi: 10.1007/BF03217423.
Widya, Ronal Rifandi, and Yosi Laila Rahmi. 2019. STEM education to fulfil the 21st century demand: a literature review. Journal of Physics: Conference Series 1317(1). doi: 10.1088/1742-6596/1317/1/012208.
Wulandari, Suci, and Merla Ultra Gustell. 2020. Analisis kesalahan menyelesaikan soal trigonometri siswa kelas X SMA. 4(1):64–80.
Yensy, Nurul Astuty. 2020. Efektifitas pembelajaran statistika matematika melalui media whatsapp group ditinjau dari hasil belajar mahasiswa (masa pandemik covid 19). 05(02):65–74.