Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa pada Aplikasi Graf Menggunakan Pendekatan MEAs

Authors

  • Nurlaili Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Utti Marina Rifanti Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Ridho Ananda Institut Teknologi Telkom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2515

Keywords:

mathematical communication, graph application, MEAs

Abstract

Kemampuan berpikir matematis dalam pembelajaran rekayasa atau keteknikan merupakan kemampuan mendasar dalam pencapaian pembelajaran lulusan. Peningkatan kemampuan berpikir matematis khususnya kemampuan komunikasi juga harus diupayakan dalam pembelajaran Matematika Diskrit bagi mahasiswa Teknik Telekomunikasi khususnya aplikasi graf. Kajian yang dilakukan dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi mahasiswa menggunakan pendekatan MEAs dalam penyelesaian masalah pada aplikasi graf. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan metode penyajian secara deskriptif dan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian berjumlah 29 mahasiswa yang berasal dari satu kelas pada Mata Kuliah Matematika Diskrit Prodi Teknik Telekomunikasi Tahun Ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menujukkan bahwa kemampuan komunikasi mahasiswa sebesar 31,03% kategori tinggi, 27,59% kategori sedang, 41,38% kategori rendah. Mahasiswa kemampuan tinggi sudah mampu mengkomunikasikan jawaban secara matematis dengan tepat. Pada mahasiswa yang memiliki kemampuan komunikasi sedang sudah mampu untuk mengkomunikasikan jawaban secara matematis namun masih ada kekurangan. Sedangkan mahasiswa yang memiliki kemampuan rendah kurang mampu mengkomunikasikan jawaban secara matematis dengan tepat. Perancangan materi pembelajaran dengan focus pada peningkatan kemampuan komunikasi khususnya komunikasi matematis mahasiswa masih dibutuhkan dalam pembelajaran aplikasi graf.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achir, Y. S., Usodo, B., & Setiawan, R. (2017). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Paedagogia, 20(1), 78–87. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i1.16600

Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis kualitatif kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 83–95. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.471

Andhany, E. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal High Order Thinking Skill pada materi graf (studi kasus mahasiswa prodi pendidikan matematika FITK UIN SU Medan). E-Jurnal ITTIHAD, 2(1), 20–28.

Anggralia, R., Deswita, R., Erita, S., Habibi, M., & Putra, A. (2019). Pengaruh pendekatan Model-Eliciting Activities ( MEAs ) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Edumatica, 09(02), 40–48.

Kashefi, H., Ismail, Z., & Yusof, Y. M. (2012). The impact of blended learning on communication skills and teamwork of engineering students in multivariable calculus. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 56(Ictlhe), 341–347. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.662

Miftah, R. (2015). Pengaruh pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) terhadap kemampuan komunikasi matematis mahasiswa program dual mode system (DMS). Jurnal Edumatica, 5(1). https://doi.org/10.22437/edumatica.v5i01.2668

Munir, R. (2016). Matematika Diskrit (6th ed.). Bandung: Informatika.

NCTM. (2003). Programs for initial preparation of mathematics teachers. 1–7.

Nurul, Octaviani, A., & Zanthy, L. . (2019). Analisis kemampuan koneksi dan komunikasi matematis ditinjau dari kepercayaan diri siswa smp. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(2), 57–64.

Roza, M. (2018). Penerapan Model Eliciting Activities ( MEAs ) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI MAN 4 Pasaman Barat. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 119–128.

Supandi, Rosvitasari, N. dani, & Widya, K. (2017). Peningkatan kemampuan komunikasi tertulis matematis melalui strategi Think-Talk-Write. Journal Kependidikan, 1(2), 227–239. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Wijayanti, P. S. (2013). Pengaruh pendekatan MEAs terhadap kemampuan pemecahan masalah, komunikasi matematis dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Pythagoras, 8(2), 181–192.

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada materi segitiga dan segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104.

Wulandari, A. A., & Astutiningtyas, E. L. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dalam pembelajaran relasi rekursi. Jurnal Math Educator Nusantara ( JMEN ), 6(1), 54–64.

Zulfitri, H. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika setelah pembelajaran dengan pendekatan MEAs pada materi sistem persamaan linier tiga variabel. Jurnal Gantang, 4(1), 7–13. https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.881.

Published

2020-09-30

How to Cite

Nurlaili, Rifanti, U. M., & Ananda, R. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa pada Aplikasi Graf Menggunakan Pendekatan MEAs. Jurnal Gantang, 5(2), 113–121. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2515