Pengembangan Bahan Ajar Materi Prisma Berbasis Android untuk Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2362Keywords:
pengembangan, bahan ajar, android, prismaAbstract
Perkembangan teknologi di era industri 4.0 membuat perubahan pada sistem pendidikan. Sistem pendidikan telah berubah menjadi lebih modern dengan penggunaan teknologi yang dipakai pada proses pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang valid dan praktis untuk pembelajaran berbasis masalah dikelas VIII dengan objek penelitiannya ialah bahan ajar berbasis android. Desain penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE meliputi (1) analisis, (2) desain dan (3) pengembangan. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, observasi dan angket. Kelayakan bahan ajar ditentukan oleh ahli materi dan ahli media. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar sudah valid dilihat dari hasil validasi dan one-to-one sedangkan kepraktisan pada bahan ajar dilihat dari hasil data observasi dan angket, pada hasil data observasi didapatlah rata-rata 86% yang terkategori sangat praktis dan pada hasil data angket didapatlah rata-rata 86,33% yang terkategori sangat praktis sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis android pada materi prisma untuk pembelajaran berbasis masalah dikelas VIII sudah dikategorikan valid dan praktis.
Downloads
References
Akker, J. V. (1999). Design approaches and tools in education and training chapter 1: principles and methods of development research. Dordrecht: Kluwer Acdemic Publisher.
Allo, D. P., et al. (2019). Penerapan model pembelajaran problem based learning setting kelompok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Swasta Antam Pomalaa. Jurnal Pendidikan Matematika 10(1), 19-30.
Azizah, F.R., Sujadi, I., & Chrisnawati, H.E.. (2018). Penerapan problem based learning pada materi luas permukaan serta volume prisma dan limas ditinjau dari kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Solusi, 2(4), 298 - 306.
Hardiyanti, E. A. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C MTSN 1 Kotapalu dalam menyelesaikan soal cerita keliling dan luas daerah persegi panjang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(3), 343-354
Jazuli, M., Azizah, L. F., & Melta, N. M. (2017). Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis android sebagai media interaktif. Lensa: Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 47-65. https://doi.org/10.24929/lensa.v7i2.22
Kasmawati. (2017). Penerapan kerangka pembelajaran problem based learning materi bangun ruang sisi datar untuk siswa kelas VIII SMP. . (Unpublished master's thesis). Universitas Terbuka, Jakarta.
Kemendikbud. (2019). Materi pelajaran ujian nasional smp negeri. retrieved from kementrian pendidikan dan budaya: https://un.kemdikbud.go.id/
Mahmidatul. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika terintegrasi keterampilan abad 21 melalui penerapan model problem based learning. Jurnal Gantang, V(1), 69-76. https://doi/org/10.31629/jg.v5i1.1609
Manasikana, A. L. (2017). Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis android pada materi jurnal penyesuaian dan jurnal koreksi untuk kelas XII akuntansi di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi,5(2), 1-8
Munir. (2012). Multimedia konsep dan aplikasi dalam pendidikan. bandung: Alfabeta.
Muyaroah, S. & Fajartia, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan aplikasi adobe flash CS 6 pada mata pelajaran biologi. Innovative Journal of Curriculum and Education Techonlogy, 6(2), 79-83. doi: 10.15294/IJCET.V6I2.19336
Prisiska R, H. & Hapizah (2017). Pengembangan LKS berbasis problem based learning materi aritmatika sosial kelas VII. JPPM, 10(2), 82-94
Purnama, R.B., Feriansyah S., Chandra E. (2017). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android sebagai suplemen pembelajaran fisika SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4), 63-74
Rusman, D. (2017). Belajar dan pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Sanjaya, W. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sondek, N. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume prisma di kelas VIII SMP Negeri 18 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 4(2). 208-220
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunarto, N. D. (2015). Pengembangan multimedia interaktif berbasis android pada materi senyawa hidrokarbon sebagai media pembelajaran kimia SMA/Ma Kelas X. (Unpublished skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Tan, O. (2003). Problem based learning innovation. Singapore: Cengage Learning.
Wahyuni, S. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VIII SMP IT Annur Prima Medan. (Unpublished Skripsi). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan.
Wijani, N. A. (2013). Desain pembelajaran pendidikan: tata rancangan pembelajaran menuju pencapaian kompetensi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wijayanto, Y. Y. (2018). Mudah membuat dan berbisnis aplikasi android dengan android studio. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Yamin, M. (2013). Strategi & metode dalam model pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.
Yetizon, Tusa'diah, R. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran berbabis model pembelajaran discovery learning pada materi matematika berorientasi mitigasi bencana. Jurnal Gantang V (1) , 69-76. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1898