Pengembangan E-Modul Berbasis Game Based Learning Materi Pengukuran Dengan Penguatan Karakter Gemar Membaca dan Menghargai Prestasi

Authors

  • Yunita Miftahul Jannah Universitas Negeri Malang
  • Yuniawatika Yuniawatika Universitas Negeri Malang
  • Alif Mudiono Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2338

Keywords:

e-module, game based learning, measurement

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk e-modul berbasis game based learning materi pengukuran dengan penguatan karakter gemar membaca dan menghargai prestasi untuk siswa SD yang valid menurut validator dan praktis menurut pengguna. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall bersumber buku Sugiyono yang terdiri atas 10 tahap. Jenis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah kualitatif kuantitatif. Sumber data diperoleh dari hasil analisis kebutuhan, validasi ahli, uji coba produk, dan uji coba pemakaian. Teknik pengumpulan data    melalui angket dan wawancara. Berdasarkan hasil validasi, produk memperoleh persentase   kelayakan 95,48% dari validator materi, 99% dari validator bahan ajar, 96.03% dari validator    bahasa dan 96.25% dari validator pengguna. Berdasarkan uji coba, produk memperoleh persentase kepraktisan 100% dari 6 siswa SDN Blitar dan 92,214% dari 18 siswa SDN Kauman II Kota Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk masuk dalam kategori valid menurut validator dan praktis menurut siswa sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2015). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Alim, A. (2009). Permainan mini tenis untuk pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(2), 61–66.

Arikunto. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.

Asdam, B. (2015). Minat baca dan promosi perpustakaan sebagai sarana mendekatkan masyarakat pada perpustakaan. JUPITER, XIV(1), 32–37.

Kemendikbud. (2016). Peringkat dan capaian pisa indonesia mengalami peningkatan. Retrived from: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan

Maryuliana, Subroto, I. M. I., & Haviana, S. F. C. (2016). Sistem informasi angket pengukuran skala kebutuhan materi pembelajaran tambahan sebagai pendukung pengambilan keputusan di sekolah menengah atas menggunakan skala likert. Transistor Elektro Dan Informatika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.22146/gamajop.47966

Munadi, Y. (2013). Media pembelajaran: sebuah pendekatan baru. Jakarta: Referensi.

Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. NUSANTARA, 1, 64–74. https://doi.org/10.1111/j.1365-2141.1992.tb08137.x

OECD. (2018). Hasil PISA 2018. OECD Library. Retrived from: https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf.

Pahlevi, R. F. (2012). Pengembangan modul untuk meningkatkan prestasi siswa pada diklat menginterpretasikan gambar teknik di SMK Muhammadiyah 01 Paguyangan Brebes. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Purwati, D. (2019). Pembelajaran matematika di sekolah dasar. Prosiding Sendika, 5(1), 57–61.

Ratminingsih, N. M. (2018). Implementasi board games dan pengaruhnya terhadap hasil belajar bahasa inggris. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(1), 19. https://doi.org/10.17977/um048v24i1p19-28

Riyanto, A. (2013). Pengembangan buku pengayaan keterampilan membaca bahasa indonesia yang bermuatan nilai kewirausahaan. Seloka - Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1). 27-32. doi:10.15294/SELOKA.V2I1.1315

Roebyanto, G. (2014). Geometri, pengukuran dan Statistik. Makassar: Gunung Samudera.

Sihotang, C., & Sibuea, A. M. (2015). Pengembangan buku ajar berbasis kontekstual dengan tema “Sehat Itu Penting.†Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 169–179. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3293

Sudjana, N. (2005). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tresnaningsih, F., Santi, Dwi, D. P., & Suminarsih, E. (2019). Kemandirian belajar siswa kelas III SDN Karang Jalak I dalam pembelajaran tematik. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(2), 51–59. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i2.2407

Yuniawatika, Yuspriyati, D. N., Sani, I., & Febriyanti. (2016). Perkembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di LPTK Bandung Raya. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(3), 235–246.

Published

2020-09-30

How to Cite

Jannah, Y. M., Yuniawatika, Y., & Mudiono, A. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Game Based Learning Materi Pengukuran Dengan Penguatan Karakter Gemar Membaca dan Menghargai Prestasi. Jurnal Gantang, 5(2), 179–189. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2338