Bahan Ajar Determinan dan Invers Matriks Berbasis Android untuk SMA Kelas XI

  • Devi Wahyu Safitri Universitas Sriwijaya
  • Zulkardi Universitas Sriwijaya
  • Hapizah Universitas Sriwijaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan bahan ajar determinan dan invers matriks berbasis android untuk SMA Kelas XI yang valid dan praktis, dan (2) mengetahui efek potensialnya terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI. IPA 6 SMA Negeri 8 Palembang yang terdiri dari 34 orang sebagai subjek penelitian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau development research yang terdiri dari dua tahapan, yaitu: tahap preliminary meliputi analisis dan desain, dan tahap formative evaluation meliputi self evaluation, prototyping (expert review, one to one, small group), dan field test. Teknik pengumpulan data dengan walkthrough, observasi, wawancara dan tes. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) bahan ajar determinan dan invers matriks berbasis android untuk SMA Kelas XI terkategori valid dan praktis, dan (2) bahan ajar yang dikembangkan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik rata-rata terkategori baik, yaitu 13 orang memiliki kemampuan dalam kategori sangat baik, 12 orang terkategori baik, 4 orang terkategori cukup, dan 5 orang terkategori kurang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aksin, N., Ngapiningsih, Miyanto, & Astuti, A. Y. (2017). Detik-detik UNBK matematika untuk SMA/MA Program IPA/peminatan matematika dan IPA. Klaten: Intan Pariwara.

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian, suatu pendekatan praktik (Ed. XV). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Corlan, M. (2011). Developing for mobile devices with the adobe flash platform. Retrieved from https://www.yumpu.com/en/document/read/33655762/developing-for-android-with-the-flash-platform-mihai-corlan

Darmawan, D. (2012). Pendidikan Teknologi informasi dan komunikasi teori dan aplikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta: Depdiknas.

Fazar, I., Zulkardi, & Somakim. (2016). Pengembangan bahan ajar program linear menggunakan aplikasi geogebra. Jppm, 9(1), 6–11.

Gerantabee, F., & AGI Creative Team. (2012). Adobe Flash Professional CS6 digital classroom. Indianapolis: John Wiley & Sons, Inc.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. S. (2012). Gaya belajar: kajian teoritik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Google Developer Training Team. (2016). Android developer fundamentals course (Learn to develop Android Applications). Retrieved from Google Developer Training Team website: https://google-developer-training.github.io/android-developer-fundamentals-course-concepts/en/android-developer-fundamentals-course-concept-en.pdf.

Halid, A. (2016). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matrix siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pammana Kabupaten Wajo (Skripsi, UIN Alauddin, Makassar) Retrieved from http://repositori.uin-alauddin.ac.id/10300/

Hidayah, N. S. (2017). Pengembangan bahan ajar melalui pendekatan saintifik mata pelajaran al qur’an hadist kelas VII di MTs Negeri Krian Sidoarjo (Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya). Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/22027/

Istikomah, D. A., & Jana, P. (2018). Kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa melalui pendekatan pembelajaran saintifik dalam perkuliahan aljabar matrik. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 927–932.

Jacoebson, D. A. (2009). Methods for teaching. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Jazuli, M., Azizah, L. F., & Meita, N. M. (2018). Pengembangan Bahan ajar elektronik berbasis android sebagai media interaktif. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 47–65. doi: 10.24929/lensa.v7i2.22

Kemdikbud. (2017). Matematika SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Materi Pelatihan implementasi kurikulum 2013 tahun 2014. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Krismantono, R. R., & Purnami, A. S. (2016). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 177–181. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Menristekdikti. (2018). Pengembangan iptek dan pendidikan tinggi di era revolusi industri 4.0 (siaran pers). Retrieved from Kemenristekdikti / Badan Riset dan Inovasi Nasional website: http://www.ristekdikti.go.id/siaran-pers/pengembangan-iptek-dan-pendidikan-tinggi-di-era-revolusi-indutri-4-0/

Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). Pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103–122. doi: 10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp103-122

Musfiqon, & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan pembelajaran saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8–18. doi: 10.24853/fbc.2.2.8-18

Nurrasyid, M. (2019). Pengembangan Media pembelajaran kimia berbasis android pada materi bentuk molekul untuk peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Bandar Lampung (Skripsi, Universitas Lampung, Lampung). Retrieved from http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61108

Palaki, Y., & Fahinu. (2015). Pengaruh Pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kendari pada materi operasi aljabar. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(3), 153–166.

Qusthalani. (2018). Portal rumah belajar, cara pintar belajar tanpa kertas. retrieved from pena rumah belajar. Retrieved from: http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2018/12/portal-rumah-belajar-cara-pintar-belajar-tanpa-kertas/

Rahayu, I. D. (2018). Opini: Revolusi Industri 4.0 dan pengaruhnya pada sistem pendidikan. Retrieved from KAMIL ITB website: http://kamilpasca.itb.ac.id/opini-revolusi-industri-4-0-dan-pengaruhnya-pada-sistem-pendidikan/

Retnoningrum, A., Dasna, I. W., & Santoso, A. (2016). Penggunaan Pendekatan saintifik dalam bahan ajar berbantuan multimedia materi konsep larutan untuk SMK agribisnis produksi tanaman. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 1, 542–548. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sari, M. S., Hapizah, Susanti, E., & Scristia. (2020). Development of teaching materials arithmetic sequence and series based on android for problem based learning. National Conference on Mathematics Education (NaCoMe), 1–9. doi: 10.1088/1742-6596/1480/1/012024

Sulastra, K., Wiarta, I. W., & Manuaba, I. B. S. (2015). Penerapan pendekatan saintifik dengan penilaian proyek untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan hasil belajar keterampilan matematika siswa kelas IV SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 3(1).

Susanah. (2007). Strategi pembelajaran matematika (Modul 1). Jakarta: Universitas Terbuka.

Tessmer, M. (1993). Planning and conducting formative evaluations: Improving the quality of education and training. In Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Kogan Page.

Zulkardi. (2002). Developing a learning environment on realistic mathematics education for Indonesian student teachers. (Doctoral dissertation, University of Twente, Enschede). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/254858875_Developing_a_learning_environment_on_realistic_mathematics_education_for_Indonesian_student_teachers/link/5f03a68545851550508e72bf/download.

Published
2020-09-30
How to Cite
Safitri, D. W., Zulkardi, & Hapizah. (2020). Bahan Ajar Determinan dan Invers Matriks Berbasis Android untuk SMA Kelas XI. Jurnal Gantang, 5(2), 151-162. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2306