Analisis Kualitas Modul Matematika Kontekstual pada Topik Penyajian Data

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2159

Keywords:

kualitas, kontekstual, penyajian data

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk melihat kelayakan modul matematika kontekstual pada materi  penyajian data pada siswa kelas VII paket B di PKBM Harapan Bangsa ditinjau  dari  aspek efektifitas, dan kepraktisannya. Penelitian  ini  merupakan  jenis  kualitatif dengan metode diskriptif.  Pengumpulan data menggunakan soal post test untuk mendapatkan data kuantitatif dan angket respon siswa untuk mendapatkan data kualitatif. Berdasarkan  hasil dari  post test, diketahui  bahwa ketuntasan hasil belajar peserta didik adalah 80% atau sebanyak 8 orang peserta didik  yang tuntas tuntas dari 10 siswa yang mengikuti post test. Dapat dinyatakan bahwa modul  Matematika kontekstual pada materi penyajian data efektif. Hasil output person item map dari hasil angket respon siswa yang diolah dengan aplikasi winstep dengan pemodelan rasch diketahui bahwa 9 responden masuk kedalam kelompok praktis dan 1 responden masuk dalam kelompok tidak praktis , sehingga modul  Matematika kontekstual pada materi penyajian data bisa dinyatakan praktis. Dapat disimpulkan bahwa modul matematika kontekstual pada topik penyajian data untuk peserta didik kelas VII paket B layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anzora. (2017). Analisis kemampuan siswa pada pembelajaran matematika dengan menerapkan teori belajar humanistik. Jurnal Gantang, 2(2), 99-103. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.200

Budiono, Eko., & Hadi, Susanto. (2006). Penyusunan dan penggunaan modul pembelajaran berdasar kurikulum berbasis kompetensi sub pokok bahasan analisa kuantitatif untuk soal-soal dinamika sederhana pada kelas X semester I SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4 (2), 79-88 . https://doi.org/10.15294/jpfi.v4i2.166

Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan materi pembelajaran dan standar sarana dan prasarana sekolah menengah kejuruan madrasah aliyah SMA/ MA/ SMK/ MAK. Jakarta: Depdiknas.

Dhoruri, A. (2010). Pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik (PMR). Makalah. Retrieved from http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/Makalah%20PMRI%202010.pdf (24 Juli 2018).

Astika, Finka Fitri (2014) Pengembangan modul pada materi matriks dengan pendekatan PMRI untuk siswa kelas X SMK. S1 Skripsi, UNY, Yogyakarta.

Muntiari, Ni Wayan, I. Made Candiasa, M. I. Kom, dan Nyoman Dantes. (2013). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan numerik siswa kelas VIII SMP negeri 2 Amlapura. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(1), 1-11. https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.1018.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Sugiono. (2016). Metodologi penelitian kualitatif kuantitatif dan kombinasi. Bandung: Alfabeta

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi pemodelan rasch pada assesment pendidikan. Bandung: Trim komunikata

Published

2020-09-30

How to Cite

Wengki Nopriadi, Fera, M., & Febrian, F. (2020). Analisis Kualitas Modul Matematika Kontekstual pada Topik Penyajian Data . Jurnal Gantang, 5(2), 171–177. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2159

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>