Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Dengan Nuansa Kemaritiman Berbantuan Macromedia Flash 8 pada Materi Relasi Kelas VIII SMP

  • Jayanti Natasya Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Nur Izzati Universitas Maritim Raja Ali Haji

Abstract

Uji coba implementasi kurikulum kemaritiman (pilot project) di sekolah-sekolah telah mulai dilakukan sehingga perlu adanya media pembelajaran yang berbasis kemaritiman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran animasi dengan nuansa kemaritiman berbantuan Macromedia Flash 8 pada materi relasi kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menerapkan model 4D melalui empat tahapan yaitu define, design, development, dan disseminate. Penelitian ini melibatkan 26 peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 3 Bintan. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik validasi yang dilakukan oleh validator ahli dan angket respon peserta didik untuk mengukur tingkat kelayakan media pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar validasi media, lembar validasi materi, dan lembar angket respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan Method of Summated Ratings, kemudian dihitung persentase kelayakan media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan persentase kelayakan ahli media sebesar 91,25%, ahli materi 97,38%, serta  dari angket respon peserta didik 88,74%, ketiga hasil penilaian tersebut termasuk dalam kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, S. (2009). Dasar-Dasar Psikometri (VIII). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daris, L. (2019). Kurikulum pendidikan berbasis maritim di era revolusi industri 4.0. Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0, 10.

Fatiris, N. (2017). Pengembangan media pembelajaran kartu uno pada kompetensi dasar menjelaskan sistem kearsipan untuk siswa kelas X Apk Di Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP), 5(2), 1–15.

Herawati, A. S. (2014). Kontruksi konsep relasi dan fungsi dalam sistem GUI MATLAB. Journal Matematika Universitas Jember, 2(November), 268–271.

Izzati, N. (2012). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa SMP melalui pendekatan matematika realistik. Universitas Pendidikan Indonesia.

Marsetio. (2018). Indonesia sebagai poros maritim dunia. Retrieved from http://dokumen.stimaimmi.ac.id/Orasi_Ilmiah_IMMIi_cetak_A5.pdf

Mulyatiningsih, E. (2013). Metode terapan bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Muntaha, S., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif macromedia flash 8 pada pembelajaran tematik tema pengalamanku. International Journal of Elementary Education 3(2), 178–185.

Permendikbud No.65 Tahun 2013

Putra, T. A. (2018). Pengembangan media pembelajaran animasi berbasis macromedia flash pada materi trigonometri (Doctoral Dissertation), UIN Raden Intan Lampung, Lampung

Rosidah, I. D., & Hasanah, U. (2019). Analisis problematika peserta didik pada mata pelajaran matematika materi relasi dan fungsi. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika (Snp2m) 2019 Umt, 56–62.

Published
2020-03-31
How to Cite
Natasya, J., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Dengan Nuansa Kemaritiman Berbantuan Macromedia Flash 8 pada Materi Relasi Kelas VIII SMP . Jurnal Gantang, 5(1), 87-93. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1948