Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Matematika Berorientasi Mitigasi Bencana

  • Yerizon Yetizon Universitas Negeri Padang
  • Rima Tusa'diah Universitas Negeri Padang

Abstract

Sepanjang  2019 di Indonesia BNPB mencatat telah terjadi 3721 bencana, dan bencana alam yang paling sering terjadi adalah banjir bandang dan tanah longsor. Indonesia berada pada urutan ke-36 dengan indeks resiko 10,36 di bawah india dan Islandia. Oleh karena itu, Pemerintah menganjurkan pendidikan tentang mitigasi bencana alam agar di berikan di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengetahuan peserta didik tentang mitigasi bencana alam. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrument penelitian adalah angket tentang mitigasi bencana alam yang telah divalidasi oleh salah satu dosen pendidikan matematika. Dari penelitian ini terbukti bahwa sekitar 88,9% peserta didik MTsN 1 Padang menyatakan tidak adanya pembelajaran tentang pengenalan mitigasi bencana. Pengetahuan mitigasi bencana alam tidak harus diberikan dalam bentuk pembelajaran khusus, namun dapat di integrasikan dalam matapelajaran yang sudah ada, seperti matematika. Melalui penelitian ini peneliti ingin mengembangan perangkat pembelajaran berbasis model discovery learning yang berorientasikan mitigasi bencana alam, sebagai solusi untuk memperkenalkan kepada peserta didik SMP/ MTsN  tentang mitigasi bencana alam. Perangkat pembelajaran dirancang khusus dengan memberikan unsur- unsur mitigasi pada soal-soal kontekstual yang akan disajikan di perangkat pembelajaran. Dengan adanya perangkat pembelajaran ini peserta didik bisa mendapatkan pengetahuan mitigasi bencana alam melalui pembelajaran formal seperti mata pelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achera, L. J., Belecina, R. R., & Garvida, M. D. (2015). The effect of group guided discovery approach on the performance of students in geometry. International Journal of Multidisciplinary Research and Modern Education (IJMRME), 1(2), 331–342

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Geologi. (2015). Mengenal sesar aktif. majalah GEOMAGZ. Tersedia di: geomagz.geologi.esdm.go.id/me ngenal-sesar-aktif/ (Diakses: 24 Februari 2019).

[BPDAS] Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Wampu-Sei Ular. (2013). Base Line DAS Padang. Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Wampu Sei Ular. Medan.

Dahar, Ratna Wilis. (2011). teori-teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Suwaibah, D., Anggraini, L., & Mursyidah, H. (2019). LUDO 3D-MB media sebagai pengenalan mitigasi bencana alam berbasis pembelajaran matematika materi bangun ruang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 12-19.

Hasanah, I. Sri Wahyuni, S. Bachtiar, R W. (2016). Pengembangan modul mitigasi bencana berbasis potensi lokal yang terintegrasi dalam pelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3), 226 - 234

Haswati, D. & Nopitasari, D. (2019) Implementasi bahan ajar persamaan diferensial dengan metode guided discovery berbantu software mathematica untuk meningkatkan pemahaman konsep. Jurnal Gantang, 4(2), 97-102.

Heintze, H. J. dkk. (2018). World risk report 2018. Jermany: Bundnis Entwicklung Hilft.

Deswita, H. (2017). Profil tingkat penguasaan keterampilan dasar mengajar mahasiswa pendidikan matematika universitas pasir pengaraian. Jurnal Gantang, 2(1), 51 –62.

Hosnan. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran matematika. Bogor: Ghalia Indonesia.

http:// Kompas. Com diakses tanggal 7 januari (2019).

Khan, Z. R. (2014). Using innovative tools to teach computer application to business students - A Hawthorne effect or successful implementation here to stay. Journal of University Teaching & Learning Practice, 11(1), 1–10.

Lestari, R. S., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Profil kemampuan koneksi matematis siswa smp dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan dasar. Jurnal Ilmiah.

Mayer, R. E. (2002). The promise of educational psychology, Vol II Teaching for Meaningful Learning. New Jersey: Pearson Education.

Nugroho, D. U., dkk. (2012). Sekolah petra (penanganan trauma) bagi anak korban bencana alam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 97-101.

Nurbaedah, N. S. (2013). Internalisasi nilai-nilai berpikir kritis melalui model pembelajaran inkuiri sains. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rahayu, P., & Kholilullah. (2018). Validitas dan praktikalitas lembar kerja siswa berbasis pendekatan kontekstual materi bangun ruang sisi datar pada siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 126-133.

Suherman, Erman dkk. (2003). strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: UPI.

Tempo.co, Jakarta- BNPB, 17 desember 2019.

Winataputra, U. S. (2007). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yang, E. F. Y., Liao, C. C. Y., Ching, E., Chang, T., & Chan, T.-W. (2010). The effectiveness of inductive discovery learning in 1 : 1 mathematics classroom. In Proceedings of the 18th international conference on computers in education (ICCE) (pp. 743–747). Putrajaya, Malaysia: Asia-Pasific Society for Computers in Education.

Published
2020-03-31
How to Cite
Yetizon, Y., & Tusa’diah, R. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Matematika Berorientasi Mitigasi Bencana. Jurnal Gantang, 5(1), 69-76. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1898