Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsif
DOI:
https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1579Keywords:
analisis, kemampuan pemecahan masalah, gaya kognitif impulsifAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa serta lambatnya siswa dalam menyelesaikan masalah yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian deskrptif kualitatif. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling.Instrumen penelitian berupa tes Matching Familiar Figure Tes (MIFFT) untuk menentukan gaya kognitif impulsif, tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara untuk triangulasi data. Teknik analisis data MIFFT menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sedangkan teknik analisis data kemapuan pemecahan masalah menggunakan rubrik penilaian berdasarkan indikator pemecahan masalah. Hasil penelitian diperoleh kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif lebih dominan berada pada kriteria rendah.
Downloads
References
Azhil, I. M., Ernawati, A., & Lutfianto, M. (2017). Profil pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif, 2(1), 60–68.
Desmita. (2010).Psikologi Perkembangan Peserta Dididk. Bandung: PT remaja Rosdakarya.
Hendriana. H, Rohaeti. E.E, &Sumarmo, U. (2015). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Ilmiyana, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dimensi MYER BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI). Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung.
Purnamasari, P. D. (2015). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMK Muhammadiyah I Patuk pada pokok bahasan peluang. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(1): 1-7.
Puspita, A. Y. A. (2016). Profil pemecahan masalah matematika siswa pada materi segiempat ditinjau dari gaya kognitif relektif dan implusif. Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(5).
Susanti, Nofrianto, A., & Mira A.(2016). Peningkatan kemampuan pemcahan masalah siswa melalui model pembelajaran laps heuristic di kelas X SMA N 2 Batang Anai. Jurnal Gantang. 1(2). 39-50 https://doi.org/10.31629/jg.v1i2.52
Vahrum, F. N., & Rahaju, E. B. (2016). Proses Berpikir siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika kontekstual pada materi himpunan berdasarkan gaya kognitif impulsive dan reflektif. Jurnal MATHEdunesa, 3(5).
Zulfitri, Hanifah, Aisyah, N., Indaryanti. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika setelah pembelajaran dengan pendekatan MEAS pada materi sistem persamaan linier tiga variabel. Jurnal Gantang, IV(1):7-14.