Kualitas Perangkat dan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Micro Teaching Menggunakan Analisis Model Rasch

  • Febrian Febrian Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Mirta Fera Universitas Maritim Raja Ali Haji

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kualitas perangkat dan keterampilan mengajar dengan menggunakan analisis Model Rasch. Penelitian dengan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif ini dilakukan pada subjek penelitian mahasiswa semester V tahun akademik 2017/2018 Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Maritim Raja Ali Haji pada mata kuliah Micro Teaching. Data yang digunakan berjenis primer/langsung yang diperoleh melalui teknik penugasan berupa perangkat pembelajaran yang terdiri atas silabus mini, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mini, dan media pembelajaran. Data berikutnya diperoleh melalui observasi pada aspek keterampilan mengajar yang merupakan tolok ukur dalam proses pembelajaran. Kemudian dilakukan penilaian terhadap kedua sumber data tersebut dengan menggunakan instrumen lembar penilaian perangkat dan keterampilan mengajar yang memuat indikator-indikator terkait dengan teknik rating scale sehingga menghasilkan data ordinal. Data mentah dari kedua sumber diolah dan dianalisis menggunakan Model Rasch dengan software Ministep. Analisis yang dilakukan adalah person measure, item measure, dan person map item. Hasil analisis dipaparkan dengan teknik deskriptif kualitatif guna menggambarkan kualitas perangkat dan keterampilan mengajar. Hasil analisis perangkat diperoleh bahwa kualitas rata-rata perangkat pembelajaran disusun oleh mahasiswa berada di atas rata-rata taraf kualitas standar perangkat. Terdapat 71% dari total mahasiswa yang memiliki kualitas setiap item pada perangkat di atas rata-rata standar. Hasil analisis pada aspek mengajar diperoleh kualitas rata-rata mengajar mahasiswa lebih tinggi dari rata-rata taraf kualitas mengajar standar. Terdapat sekitar 46,4% dari total mahasiswa yang memiliki kualitas mengajar setiap itemnya berada di atas kualitas rata-rata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. ’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Ambarawati, M. (2016). Analisis keterampilan mengajar calon guru pendidikan matematika pada matakuliah micro teaching. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(1), 81–90.

Ariani, D. W. (2014). Manajemen Kualitas.

Astuti, P., Purwoko, P., & Indaryanti, I. (2017). Pengembangan LKS untuk melatih kemampuan berpikir kritis dalam mata pelajaran matematika di kelas VII SMP. Jurnal Gantang, 2(2), 145–155.

Budihardjo, A. H. (2012). Peran LPTK dalam pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia. Prosiding Aptekindo, 6(1).

Dewanti, S. S. (2012). Analisis kesiapan mahasiswa program studi pendidikan matematika sebagai calon pendidik profesional. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika Surakarta.

Indonesia, P. R. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Nasution, M. (2015). Dasar-dasar keterampilan mengajar matematika. Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman, 1(1), 89–104.

Nomor, U.-U. R. I. (14). tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Saragih, A. H. (2008). Kompetensi minimal seorang guru dalam mengajar. Jurnal Tabularasa, 5(1), 23–34.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan RASCH pada Assessment Pendidikan (I). Trim Komunikata.

Vagias, W. M. (2006). Likert-type Scale Response Anchors. Clemson International Institute for Tourism. & Research Development, Department of Parks, Recreation and Tourism Management, Clemson University.

Published
2019-04-30
How to Cite
Febrian, F., & Fera, M. (2019). Kualitas Perangkat dan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Micro Teaching Menggunakan Analisis Model Rasch. Jurnal Gantang, 4(1), 87-95. https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.1065
Section
Articles