Pendampingan Musyarawah Guru Mata Pelajaran (MGMP) matematika dalam merancang LKPD berbasis pemecahan masalah

Penulis

  • Cecil Hiltrimartin Universitas Sriwijaya
  • Yusuf Hartono Universitas Sriwijaya
  • Weni Dwi Pratiwi Universitas Sriwijaya
  • Scristia Scristia Universitas Sriwijaya
  • Septy Sari Yukans Universitas Sriwijaya
  • Rahma Siska Utari Universitas Sriwijaya
  • Dea Alvionita Azka Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i1.6422

Kata Kunci:

LKPD, pemecahan masalah, pendampingan MGMP Matematika

Abstrak

Pemecahan masalah matematika merupakan satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik untuk menyelesaikan soal-soal level Higher Order Thinking Skill (HOTS). Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik di Indonesia disebabkan salah satunya karena peserta didik belum terbiasa menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah. Selain itu, dalam buku cetak, referensi, atau LKPD yang digunakan peserta didik belum berbasis pemecahan masalah. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berupa pendampingan yang bertujuan untuk mendukung Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika dalam merancang LKPD berbasis pemecahan masalah yang dapat digunakan peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan di SMKN 1 Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatra Selatan. Kegiatan ini diikuti oleh 23 Sekolah Menengah Atas dan sederajat dari Kabupaten Ogan Komering Ilir. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kegiatan pendampingan ini dilakukan dengan tiga tahapan yakni, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hasil kegiatan pendampingan MGMP Matematika dalam merancang LKPD berbasis pemecahan masalah menunjukkan ketercapaian kegiatan sebesar 86,67%. Di mana indikator ketercapaian pelatihan tertinggi terletak pada materi PkM yang diberikan dalam bentuk kegiatan pendampingan MGMP Matematika dalam merancang LKPD berbasis pemecahan masalah telah sesuai dengan kebutuhan peserta. Kegiatan PkM ini menghasilkan LKPD berbasis pemecahan masalah yang dapat digunakan untuk pembelajaran bagi peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Hiltrimartin, C., Hartono, Y., Pratiwi, W. D., Scristia, S., Yukans, S. S., Utari, R. S., & Azka, D. A. (2024). Pendampingan Musyarawah Guru Mata Pelajaran (MGMP) matematika dalam merancang LKPD berbasis pemecahan masalah . Jurnal Anugerah, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i1.6422

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama