Pengembangan Keterampilan Guru Matematika Kota Pagaralam dalam Mendesain Bahan Ajar Menggunakan Geogebra Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Penulis

  • Hapizah Hapizah Universitas Sriwijaya
  • Indaryanti Indaryanti Universitas Sriwijaya
  • Ely Susanti Universitas Sriwijaya
  • Jeri Araiku Universitas Sriwijaya
  • Scristia Scristia Universitas Sriwijaya
  • Novita Sari Universitas Sriwijaya
  • Zuli Nuraeni Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i2.5158

Kata Kunci:

pengabdian kepada masyarakat, android, geogebra, pembelajaran matematika

Abstrak

Pemanfaatan android dalam pembelajaran matematika sudah selayaknya dilakukan karena siswa telah terbiasa menggunakan smartphone namun pemanfaatannya untuk belajar masih kurang. Berdasarkan permintaan kelompok guru Matematika Kota Pagaralam untuk dilakukan pendampingan dalam membuat bahan ajar berbasis android, serta keunggulan dari aplikasi Geogebra, maka tujuan dari kegiatan Pendampingan Pada Masyarakat (PPM) ini adalah untuk mendampingi guru mengembangkan bahan ajar berbasis android menggunakan Geogebra, melihat respon guru peserta terhadap pendampingan, serta melihat peningkatan hasil belajar siswa dari salah satu guru peserta setelah belajar menggunakan Geogebra android. Metode yang digunakan dalam PPM ini adalah ceramah, pembagian bahan, dan demonstrasi. Analisis keberhasilan kegiatan dilakukan dengan melihat ketercapaian seluruh rencana kegiatan, nilai rerata respon peserta minimal baik, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan uji bertanda Wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh rencana kegiatan terlaksana dengan baik, di mana Tim PPM berhasil mendapatkan 12 bahan ajar berbasis android dari guru peserta. Respon peserta terhadap kegiatan pelatihan tergolong baik dan sangat baik pada semua indikator. Hasil uji Wilcoxon , yang berarti hasil belajar siswa tidak berbeda secara signifikan pada taraf 5% setelah pemanfaatan android dalam pembelajaran. Namun, berdasarkan analisis deskriptif berupa ukuran pemusatan, hasil belajar siswa meningkat dari sebelumnya. Oleh sebab itu, disarankan agar guru secara konsisten menggunakan memanfaatkan teknologi berupa android dalam pembelajaran matematika, dan terus memperbaiki cara penerapan pembelajaran berbantuan teknologi di kelas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aini, B. O., Ayu, K. C., & Siswati, S. (2019). Pengembangan game puzzle sebagai edugame berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematika siswa sd. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1), 74-79.

Ansah, S., Asiedu-Addo, S. K., & Kabutey, D. T. (2022). Investigating the Effect of Using geogebra as an Instructional Tool on van Hiele’s Geometric Thinking Levels of Senior High Technical School Students. International Journal of Mathematics and Statistics Studies, 10(1), 31-39.

Arbain, N., & Shukor, N. A. (2015). The effects of geogebra on students achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 172, 208-214.

Baldwin, S. J., & Ching, Y.-H. (2019). Online course design: a review of the canvas course evaluation checklist. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 20(3), 267-282.

Bali, M. M. (2019). Bingo games method upaya meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah belajar matematika. KEGURU J. Ilmu Pendidik. Dasar, 3(1), 48-59.

Budiman, H., & Ramdhani, S. (2017). Pengembangan bahan ajar matematika sma berbasis geogebra versi android. Jurnal Science Tech, 3(2), 75-80.

Erviana, R., & Susanti, N. (2021). Pembelajaran matematika berbasis inquiry pada siswa smp negeri 3 pagaralam. Journal of Mathematics Science and Education, 3(2), 75-83.

Fitriani, Maifa, T. S., & Bete, H. (2019). Pemanfaatan software geogebra dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 460-465.

Gagese, N., Wahyono, U., & Kendek, Y. (2018). Pengembangan mobile learning berbasis android pada materi listrik dinamis. J. Pendidik. Fis. Tadulako Online, 6(1), 44-49.

Godfred, A., & Bayaga, A. (2022). Efficacy of instructional-based learning (ibl) on learners’ geometric spatial cognition in south africa: parallel approach to enhancing use of dynamic geometric environments (dges). Heliyon, 1-29.

Hartono, Y., Somakim, S., Dwi Pratiwi, W., Araiku, J., & Nuraeni, Z. (2019). Pendampingan penggunaan latex untuk penulisan artikel ilmiah bagi dosen universitas pgri palembang. Jurnal Anugerah, 1(1), 51-57.

Hastomo, F., & Yuhana, U. L. (2013). Perancangan dan pembuatan perangkat lunak aplikasi android untuk pengolahan data transaksi pada perusahaan telekomunikasi ‘x’ dengan menggunakan pentaho. J. Tek. Pomits, 2(1), 77-82.

Hendriawan, M. A., & Septian, A. (2019). Pengembangan jimath sebagai multimedia pembelajaran matematika berbasis android untuk siswa sekolah menengah atas. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 45-52.

Jelatu, S., Sariyasa, & Ardana, I. M. (2018). Effect of geogebra - aided react strategy on understanding of geometry concepts. International Journal of Instruction, 1(4), 325-336.

Khomarudin, A. N., Efriyanti, L., & Tafsir, M. (2018). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android pada mata kuliah kecerdasan buatan. J. Educ. J. Educ. Stud., 3(1), 72-87.

Khusela, R. O., Hapizah, & Hiltrimartin, C. (2021). Penggunaan bahan ajar berbasis android materi bola smp pada probelm based learning. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Kim, R. (2015). Mathematics teaching and learning. New York City: Springer International Publishing.

Kosidin, & Farizah, R. N. (2016). Pemodelan aplikasi mobile reminder berbasis android. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2016 (SENTIKA 2016), 271-280.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran sistem operasi jaringan kelas xi. J. Media Infotama, 14(1), 15-20.

Lazwardi, A., Nurmeidina, R., Ilmi, A., & Monica, S. (2022). Pelatihan aplikasi geogebra android bagi guru mgmp matematika sma kabupaten barito kuala. Madaniya, 3(1), 77-83.

Marachi, R., & Quill, L. (2020). The case of canvas: longitudinal dataï¬Âcation through learning management systems. Teaching in Higher Education, 25(4), 418-434.

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375-383.

Muali, C., Islam, S., & Bali, M. M. (2018). Free online learning based on rich internet applications; the experimentation of critical thinking about student learning style. J. Phys. Conf. Ser., 1114, 1-6.

Mushfi, M., & Iq, E. (2019). Implementasi media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam distance learning. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 28-38.

Musser, G. L., Burger, W. F., & Peterson, B. E. (2011). Mathematics for elementary teachers; a contemporary teachers, 9th ed. USA: John Wiley & Sons, Inc.

Narh-Kert, M., & Sabtiwu, R. (2022). Use of geogebra to improve performance in geometry. African Journal of Educational Studies in Mathematics and Sciences, 18(1), 29-36.

Nathan, E. H. (2019). Canvas: an evaluation. Las Vegas: Red Verve Media.

Pant, P. (2021). An empirical study on impact of using geogebra on achievement in mathematics. International Journal of Multidisciplinary Research (IJMR), 7(3), 273-275.

Pujasari, R. S. (2021). Video conferencing on canvas for distance learning during covid-19 in indonesian context. UNNES-TEFLIN National Seminar (pp. 9-16). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Putra, D. W., Nugroho, A. P., & Puspitarini, E. W. (2016). Game edukasi berbasis android sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1(1), 46-58.

Putri, R. I., & Araiku, J. (2022). Statistika nonparametrik. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Quaresma, P., & Santos, V. (2022). Four geometry problems to introduce automated deduction in secondary schools. ThEdu'21, arXiv:2202.02144, 27-42.

Rahman, T. Q., Hapizah, & Yusup, M. (2021). Penerapan problem based learning menggunakan bahan ajar berbasis android pada materi barisan dan deret aritmetika. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 1-16.

Reddivari, A., & Gattupalli, M. (2021). Comparative study of canvas and google classroom learning management systems using usability heuristics. Karlskrona: aculty of Computing, Blekinge Institute of Technology.

Sanusi, A. M., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Kemampuan berpikir kreatif matematis dengan menggunakan education game berbantuan android pada barisan dan deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 511-520.

Sari, P. (2017). Pemahaman konsep matematika siswa kota pagaralam pada materi besar sudut melalui pendekatan pmri. Jurnal Gantang, 2(1), 41-50.

Sari, R. M., & Hapizah. (2020). Pengembangan bahan ajar program linear berbasis android untuk pembelajaran berbasis masalah. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 61-72.

Septian, A. (2017). Penerapan geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Suryakancana. PRISMA, 6(2), 180-191.

Setyadi, D. (2017). Pengembangan mobile learning berbasis android sebagai sarana berlatih mengerjakan soal matematika. Satya Widya, 33(2), 87-92.

Setyorini. (2014). Desain media pembelajaran berbasis android studi. J. Ilm. Teknol. Inf. ASIA, 8(1), 10-13.

Sianturi, M. (2019). The effects of smartphone on students' learning at national dong hwa university. Journal of Education and Vocational Research, 9(2), 9-14.

Solikin, I. (2018). Implementasi penggunaan smartphone android untuk control pc (personal computer). J. Inform. J. Pengemb. IT, 3(2), 249–252.

Sudihartinih, E., & Purniati, T. (2019). Using geogebra to develop students understanding on circle concept. Journal of Physics: Conference Series, 1157, 1-7.

Sumarni, Darhim, Fatimah, S., Widodo, S. A., & Riyadi, M. (2018). Mathematics content knowledge prospective teachers through project-based learning assisted by geogebra 5.0. ICSTI 2018, 1-11.

Supriadi, N. (2015). Pembelajaran geometri berbasis geogebra sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1-14.

Susanti, E., Pratiwi, W. D., Scristia, & Araiku, J. (2022). Pelatihan pengoperasian canvas instructure sebagai learning management system beserta potensinya. Jurnal Anugerah, 4(1), 23-34.

Susanti, E., Yusuf, M., Araiku, J., Scristia, S., Kurniadi, E., & Simarmata, R. H. (2020). Pendampingan penyusunan bahan ajar berbasis multimedia bagi kelompok guru sekolah dasar di desa petunang kabupaten musi rawas. Jurnal Anugerah, 2(1), 1-11.

Syakroni, A., Muali, C., & Baharun, H. (2019). Motivation and learning outcomes through the internet of things ; learning in pesantren. J. Phys. Conf. Ser., 1363, 1-5.

Vinsensia, D., Utami, Y., Ramadhan, A., & Febriana, A. (2022). Peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika melalui aplikasi geogebra. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 165-169.

Wong, L. (2013). Instructure canvas pilot project spring 2013 final report. Wisconsin: University of Wisconsin System.

Zulnaidi, H., & Zamri, S. N. (2017). The effectiveness of the geogebra software : the intermediary role of procedural knowledge on students conceptual knowledge and their achievement in mathematics. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 8223, 2155-2180.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Hapizah, H., Indaryanti, I., Susanti, E., Araiku, J., Scristia, S., Sari, N., & Nuraeni, Z. (2022). Pengembangan Keterampilan Guru Matematika Kota Pagaralam dalam Mendesain Bahan Ajar Menggunakan Geogebra Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Anugerah, 4(2), 121–134. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i2.5158

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama