Pendampingan Pengembangan Realistic Mathematics-Project Based Learning untuk Menyongsong Kurikulum Merdeka bagi Guru SMP Trenggalek

Authors

  • Shofan Fiangga Universitas Negeri Surabaya
  • Nina Rinda Prihartiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Ahmad Wachidul Kohar Universitas Negeri Surabaya
  • Evangelista Lus Windyana Palupi Universitas Negeri Surabaya
  • Susanah Susanah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i2.4967

Keywords:

matematika realistik, SMP, PjBL

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum berbasis kompetensi yang menerapkan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning - PjBL) untuk mendukung pengembangan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL) menjadi fokus utama pada Kurikulum Merdeka. Dalam Kurikulum Merdeka, sekolah diberikan keleluasaan dan kemerdekaan untuk memberikan proyek-proyek pembelajaran yang relevan dan dekat dengan lingkungan sekolah. Salah satu inovasi pembelajaran yang bisa dikembangkan adalah pendekatan Matematika Realistik (Realistic Mathematics - RM). RM sebagai suatu pendekatan mampu membuat PjBL menjadi pembelajaran yang efektif terutama dalam peningkatan kemampuan numerasi. Kenyataannya, masih banyak guru yang kesulitan dalam berinovasi dan mengembangkan PjBL. Pelatihan kali ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru yang terkait pengembangan pembelajaran RM-PjBL. Workshop ini dilakukan dalam luring dan daring asynchronous. Pada kegiatan luring dilaksanakan dalam bentuk workshop pendampingan penyusunan pembelajaran berbasis RM-PjBL. Kemudian, kegiatan dilanjutkan daring asynchronous melalui google classroom mengembangakn LKPD berbasis RM-PjBL didampingi oleh instruktur. LKPD yang sudah disusun oleh peserta, akan dievaluasi dan dianalisis berdasarkan instrumen analisis LKPD berbasis RM-PjBL. Selain itu, peserta mengisi angket respon untuk mengetahui efektifitas dan keberhasilan workshop ini. Di akhir pelatihan, guru-guru mampu mendesain pembelajaran berbasis RME-PjBL sesuai kriteria yang diberikan dan memberikan respon positif terkait pelaksanaan workshop.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiya, R., Sholihah, D. A., Richardo, R., Abdullah, A. A., Mubarrak, M. N., Azizah, F. N., Ananda, L., & Cahyo, D. N. (2022). Pengembangan inovasi belajar dan mengajar di era disrupsi melalui pembelajaran daring dan luring (Hybrid Learning System). Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 1440–1445.

Asmara, M., & Wardono, W. (2019). Mathematical literacy ability on project based learning model with RME approach assisted by schoology. Unnes Journal of Mathematics Education, 8(2), 81–88. https://doi.org/10.15294/UJME.V8I2.31410

Baidowi, B., Novitasari, D., Subarinah, S., Apsari, R. A., & Kertiyani, N. M. I. (2021). Pendampingan perencanaan, pengelolaan dan evaluasi pembelajaran berbasis proyek bagi guru matematika SMK Kota Mataram. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 156–168. https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i2.96

Gravemeijer, K. (2004). Creating opportunities for students to reinvent mathematics. Proceedings of the 10th Conference of the International Congress of Mathematics Education, 1–17.

Gravemeijer, K. (2013). Revisiting ‘Mathematics education revisited’. Freudental 100, 24, 106–113.

Irvin, M., Byun, S. Y., Smiley, W. S., & Hutchins, B. C. (2017). Relation of opportunity to learn advanced math to the educational attainment of rural youth. American Journal of Education, 123(3), 475-510. https://doi.org/10.1086/691231

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022). Kurikulum prototipe utamakan pembelajaran berbasis proyek. Diambil dari https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/kurikulum-prototipe-utamakan-pembelajaran-berbasis-proyek

Kiplagat, P., Role, E., & Makewa, L. N. (2012). Teacher commitment and mathematics performance in primary schools: A meeting point! International Society for Development and Sustainability, 1(2), 286–304.

Liang, G., & Akiba, M. (2015). Teacher evaluation, performance-related pay, and constructivist instruction. Educational Policy, 29(2), 375–401. https://doi.org/10.1177/0895904813492379

Mahfud, I., Gumantan, A., & Nugroho, R. A. (2020). Pelatihan pembinaan kebugaran jasmani peserta ekstrakurikuler olahraga. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Pendidikan, 3(1). doi:http://dx.doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5374

Milaturrahmah, N., Mardiyana, M., & Pramudya I. (2017). Mathematics learning process with Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) approach in Indonesia. J. Phys.: Conf. Ser. 895, 1-7. doi: 10.1088/1742-6596/895/1/012030

Rachmawati, A. (2022). Menguak paradigma baru kurikulum prototipe (2022). Retrieved from https://uns.ac.id/id/uns-opinion/menguak-paradigma-baru-kurikulum-prototipe-2022.html

Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1). https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Suyitno, A. (2013). Mengembangkan kemampuan guru matematika dalam menyusun soal bermuatan literasi matematika sebagai wujud implementasi kurikulum 2013. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.26877/aks.v4i2/Septembe.552

Tseng, K. H., Chang, C. C., Lou, S. J., & Chen, W. P. (2013). Attitudes towards science, technology, engineering and mathematics (STEM) in a project-based learning (PjBL) environment. International Journal of Technology and Design Education, 23(1), 87–102. https://doi.org/10.1007/s10798-011-9160-x

Ummah, S. K., Pratama, R. S., & Wijayanti, Y. (2020). Persiapan dan performa guru matematika profesional: Studi kasus penggunaan SPADA. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 109–120. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12512

Wardono, Istiqomah, N., & Mariani, S. (2020). Mathematics literacy ability reviewed from cognitive style on project based learning with rme approach assisted by schoology. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(3), 5338–5345. www.ijstr.org

Yee, F. P. (1990). A taxonomy of mathematical problem solving behaviours. Paper presented at the 13th Biennial Conference of the Australian Association of Mathematics Teachers “Mathematical turning points: Strategies for the 1990sâ€Â, Hobart, Australia.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Fiangga, S., Prihartiwi, N. R., Kohar, A. W. ., Palupi, E. L. W., & Susanah, S. (2022). Pendampingan Pengembangan Realistic Mathematics-Project Based Learning untuk Menyongsong Kurikulum Merdeka bagi Guru SMP Trenggalek . Jurnal Anugerah, 4(2), 145–156. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i2.4967