Workshop Merancang Pembelajaran Daring Berbantuan Edmodo dan Cloud di Masa COVID-19 Untuk KKG Gugus 02 Kranggan Mojokerto
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i2.2739Keywords:
edmodo, pengabdian kepada masyarakatAbstract
Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan dalam merancang pembelajaran daring dengan memanfaatkan platform online Edmodo dan cloud kepada Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 02 Kranggan Mojokerto. Hal ini dilatarbelakangi oleh permasalahan guru-guru dalam menavigasikan digital platform pembelajaran, memindahkan pembelajaran luring ke pembelajaran daring, serta mengorganisir tugas-tugas peserta didik. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu ceramah/direct instruction dan demonstrasi yang dilaksanakan secara ÂÂÂsyncronous dan asyncronous. Peserta dalam kegiatan ini adalah guru-guru Sekolah Dasar (SD) KKG Gugus 02 Kranggan Mojokerto Jawa Timur. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data adalah angket/kuesioner. Angket ini digunakan untuk mengetahui wawasan dan persepsi awal peserta pelatihan terhadap pembelajaran daring yang telah mereka lakukan serta mengetahui wawasan dan persepsi mereka setelah mengikuti pelatihan. Berdasarkan hasil angket, workshop yang telah dilakukan memberikan dampak yang positif dan bermanfaat bagi guru-guru Sekolah Dasar di Krangga Mojokerto.
Downloads
References
Alhawiti, M M., & Abdelhamid, Y. (2017). A personalized e-learning framework. Journal of Education and e-Learning Research, 4(1), 15-21.
Astuti, P., & Febrian. (2019). Diseminasi online multimedia pembelajaran matematika yang dikembangkan menggunakan videoscribe. Jurnal Anugerah,, 1(1), 19-24.
Ariani, Y., Helsa, Y., Ahmad, S., & Prahmana, R. C. I. (2017, December). Edmodo social learning network for elementary school mathematics learning. Journal of Physics: Conference Series 943(1).
Balasubramanian, K., Jaykumar, V., & Fukey, L. N. (2014). A study on “Student preference towards the use of Edmodo as a learning platform to create responsible learning environmentâ€ÂÂ. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 144(1), 416-422.
Crawford, J., Butler-Henderson, K., Rudolph, J., Malkawi, B., Glowatz, M., Burton, R., & Lam, S. (2020). COVID-19: 20 countries' higher education intra-period digital pedagogy responses. Journal of Applied Learning & Teaching, 3(1), 1-20.
Evenddy, S. S. & Hamer,W. (2016). Edmodo as a media to teach vocabulary. The Journal of English Language Studies, 1(1), 26-34.
Joksimovic, S., etc.(2017). How do we model learning at scale? a systematic review of research on MOOCs. Review of Educational Research, 88(1), 43-86.
Kongchan, C. (2008). How a non-digital-native teacher makes use of Edmodo. Proceedings of the 5th Intenational Conference ICT for Language Learning. Florence.
Panyajamorn,T., Suanmali, S., Kohda, Y., Chongphaisal, P., & Supnithi, T. (2018). Effectiveness of e-learning design and affecting variables in Thai public schools. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 15(1), 1-34.
Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan COVID-19 pada Satuan
Pendidikan. (2020a, Maret 9). Retrieved from http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/read-news/surat-edaran-mendikbud-nomor-3-tahun-2020
Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan COVID-19 pada Satuan
Pendidikan. (2020b, Maret 24). Retrieved from http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/read-news/surat-edaran-mendikbud-nomor-4-tahun-2020
Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring
dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease
(COVID-19). (2020c, Maret 17). Retrieved from http://lldikti14.ristekdikti.go.id/assets/berkas/e4ac36b3906ce2044c95ed82cc0064e3.pdf
Thongmak, M. (2013). Social network system in classroom: Antecedents of Edmodo© adoption. Journal of E-learning and Higher Education, 2013(1), 1-15.
Trust, T. (2017). Motivation, empowerment, and innovation: Teachers' beliefs about how participating in the Edmodo math subject community shapes teaching and learning. Journal of Research on Technology in Education, 49(1-2), 16-30.
Widyanuratikah, I. (2020). Belajar dari rumah, konsep yang ternyata tak mudah. Retrieved from
https://republika.co.id/berita/q7ds30328/belajar-dari-rumah-konsep-yang-ternyata-tak-mudah
Widyo, D. (2020). Corona dan belajar atau sekolah daring. https://www.kompasiana.com/mazdik/5e732d3f097f364c524e8042/korona-dan-belajarsekolah-daring