PERSEPSI DALAM PEMBELAJARAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA (STUDI PENELITIAN DI SMP NEGERI 1 WANRAJA)
DOI:
https://doi.org/10.31629/jg.v1i2.51Abstract
Kemampuan koneksi matematis merupakan hal yang penting namun siswa yang menguasai konsep matematika tidak dengan sendirinya pintar dalam mengoneksikan matematika. Koneksi matematis merupakan suatu keterampilan yang harus dibangun dan dipelajari. Kegiatan penyelesaian masalah kontekstual merupakan aktivitas yang membantu siswa untuk dapat mengetahui hubungan berbagai konsep dalam matematika dan mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan keterampilan proses pada hakikatnya adalah suatu pengelolaan kegiatan belajar-mengajar yang berfokus pada pelibatan siswa secara aktif dan kreatif dalam proses pemerolehan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang pembelajaran pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan koneksi matematis siswa dalam pengajaran matematika pada pokok bahasan Lingkaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wanaraja dan untuk sampel dipilih satu kelas yang diambil secara acak, yaitu kelas VIII-A. Dalam penelitian ini penulis menggunakan instrumen yang terdiri dari tes kemampuan koneksi berupa tes uraian (tes akhir) yang sebelumnya di uji cobakan kepada siswa kelas 1X-A di SMP Negeri 1 Wanaraja dan angket. Analisis data dilakukan dengan korelasi Rank Sperman dan dilanjutkan dengan uji t,dari perhitungan diperoleh Ho ditolak, artinya Ha diterima sehingga terdapat pengaruh yang positif persepsi siswa tentang pembelajaran pendekatan keterampilan proses (PKP) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Sedangkan untuk analisis kemampuan koneksi matematis siswa secara keseluruhan berinterpretasi baik dan persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika dengan Pendekatan Keterampilan Proses menunjukan interpretasi yang baik pula.
Kata kunci: kemampuan koneksi matematis, pendekatan keterampilan proses, persepsi siswa, penelitian eksperimen
Mathematical connection ability is an important aspect. However, it is not all students who master mathematical concepts, master to create such mathematical connection. Mathematical connection is an ability that should be emerged and learned. A contextual problem solving activity is an activity that can help students to recognize the connection between concepts in mathematics and to utilize mathematics in everyday life. A process skill based approach is an organizing activity around teaching leraning which focuses on student engagement both actively and creatively in a learning outcome acquisition. This study was conducted in order to get information about the effect of students’ perception on learning activity by using a process skill approach towards students’ ability of mathematical connection on the topic of circle. The frame of study was an experiment. The population of the study were 8th graders of SMP Negeri 1 Wnaraja. The sample was determined randomly, and it was students of VIII-A. The instrument of the study was test of connection ability in form of essay (posttest) which was tested prior to study to students of IX-A of the same school. The questionnaire was another instrument which was used throughout the study. Data analysis was conducted by using Rank Sperman correlation followed by t-test. From the calculation, it was obtained that Ho was rejected, which meant that Ha was accepted simultaneously implying that there was a positive effect on students’ perception about learning activity which used a process skill approach towards students’ mathematical connection ability. On the other hand, based on the analysis, it was shown that students’ mathematical connection ability was generally interpreted ‘good’ as well as the students’ perception on this process skill approeached-learning.
Keywords: mathematical connection ability, process skill approach, students’ perception, experimental research