PENGEMBANGAN PLATFORM BERORIENTASI CASE STUDY DAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN TOOLS GAMIFIKASI UNTUK MENGHINDARI LEARNING LOSS
DOI:
https://doi.org/10.31629/zarah.v11i1.5120Kata Kunci:
case study, gamafikasi, learning loss, LMS, project based learningAbstrak
Pembelajaran daring dilaksanakan sebagai dampak dari menyebarnya virus Covid-19. Selama pembelajaran daring tidak menutup kemungkinan adanya learning loss yang mengakibatkan hilangnya pengetahuan dan keterampilan khusus atau umum dan penurunan kemajuan akademik. Model pembelajaran case study dan project based learning menjadi model pembelajaran aktif dalam pembelajaran daring. Model pembelajaran ini dikombinasikan dengan platform open course berupa LMS Moodle dengan tambahan tools gamifikasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan platform LMS Moodle dengan tambahan tools gamifikasi yang dikombinasikan dengan model pembelajaran case study dan project based learning dapat mencegah terjadinya learning loss di kalangan mahasiswa. Penelitian yang dilaksanakan adalah jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D dan didukung dengan penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui faktor learning loss. Subjek dan sampel penelitian yaitu mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia pada perkuliahan Evaluasi Proses dan Hasil Belajar. Hasil penelitian dapat disimpulkan produk hasil pengembangan dapat mengurangi learning loss dengan kategori sangat baik pada mahasiswa selama pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan angka motivasi sebesar 80,02%, konsentrasi dalam belajar sebesar 81,02%, dan penyerapan materi sebesar 83,24%.
Referensi
Asrial, Syahrial, Kurniawan, D. A., Chan, F., Septianingsih, R., & Perdana, R. (2019). Multimedia innovation 4.0 in education: E-modul ethnoconstructivism. Universal Journal of Educational Research, 7(10), 2098–2107. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071007
Donnelly, R., & Patrinos, H. A. (2021). Learning loss during Covid-19: An early systematic review. Prospects, 51(4), 601–609. https://doi.org/10.1007/s11125-021-09582-6
Ekaputra, F. (2020). Implementasi Pembelajaran daring Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Kimia SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. LENTERNAL: Learning and Teaching Journal.
Heni, J. (2016). Penggunaan Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal TICOM, 5(1), 1–6. https://media.neliti.com/media/publications/92772-ID-penggunaan-gamifikasi-dalam-proses-pembe.pdf
Jasni, S. R., Zailani, S., & Zainal, H. (2019). Pendekatan Gamifikasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Journal of Fatwa Management and Research, 358–367. https://doi.org/10.33102/jfatwa.vol13no1.165
Kaharudin, M. (2021). Paparan Best Practice Implementasi Pemanfaatan TIK dan Teknologi Terkini untuk Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(8), 1282–1297. https://doi.org/10.47387/jira.v2i8.210
Kasani, H. A., Morkani, G. S., Seraji, F., & Abedi, moerteza R. et H. (2020). E-Learning Challenges in Iran: A Research Synthesis. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 21(4), 97–116. https://id.erudit.org/iderudit/1067616ar
Kasim, N. N. M., & Khalid, F. (2016). Choosing the right learning management system (LMS) for the higher education institution context: A systematic review. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 11(6), 55–61. https://doi.org/10.3991/ijet.v11i06.5644
Khlifi, Y., & El-Sabagh, H. A. (2017). A novel authentication scheme for E-assessments based on student behavior over E-learning platform. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 12(4), 62–89. https://doi.org/10.3991/ijet.v12i04.6478
Kisworo, B., Cahyani, M. D., & Azizah, D. (2021). Studi Kualitatif Perkuliahan Daring Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Pjbl Berbasis Moodle Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Zarah, 9(1), 22–28.
Kurniawan, H., Education, M., Education, M., Planning, H. E., & Board, C. (2021). Cypriot Journal of Educational Heroe ’ s model?: Case study to reduce students ’ learning loss and anxiety. 16(3), 1122–1140.
Majid, N. W. A., & Fuada, S. (2020). E-Learning for society: A great potential to implement education for all (EFA) movement in Indonesia. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(2), 250–258. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i02.11363
Munir, M. (2010). Penggunaan Learning Management System (Lms) Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 109–119. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.222
Nur Latifah, R., Kimia, J., UIN Walisongo Semarang Jalan Walisongo No, F., Ngaliyan, K., Semarang, K., & Tengah, J. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Materi Kimia Bahan Makanan Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Mahasiswa Di Era Covid-19 Di Jurusan Kimia Uin Walisongo Semarang Project Based Learning Model For Chemical Courses Of Food Materials As An Effort To Improve Student Achievement In The Era Of Covid-19 In The Chemical Department Of Uin Walisongo Semarang. Jurnal Zarah, 9(1), 60–65.
Raza, S. A., Qazi, W., Khan, K. A., & Salam, J. (2021). Social Isolation and Acceptance of the Learning Management System (LMS) in the time of COVID-19 Pandemic: An Expansion of the UTAUT Model. Journal of Educational Computing Research, 59(2), 183–208. https://doi.org/10.1177/0735633120960421
Sanova, A. (2018). Learning Management System (LMS) Sebagai Aplikasi Pengembangan Materi Interaktif Pokok Bahasan Daur Biogeokimia Berbasis Computer Assisted Instruction. Chempublish Journal, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.22437/chp.v3i1.5078
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548
Syam, S., & Mahmudin, M. (2019). Prototipe Model Pembelajaran on-Line Dengan Metode Object Oriented Berbasis Web (Studi Kasus Mata Pelajaran Logika Matematika). Unistek, 6(2), 28–33. https://doi.org/10.33592/unistek.v6i2.260
Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. A Sourcebook.
Wafi, M. N., Wuryadi, W., & Haryanti, E. H. W. (2020). Metode Pembelajaran Student-Created Case Studies Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Bioma?: Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2), 215–228. https://doi.org/10.26877/bioma.v9i2.7060
Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kencana.
Kisworo, B., Cahyani, M. D., & Azizah, D. (2021). Studi Kualitatif Perkuliahan Daring Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Pjbl Berbasis Moodle Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Zarah, 9(1), 22–28.
Nur Latifah, R., Kimia, J., UIN Walisongo Semarang Jalan Walisongo No, F., Ngaliyan, K., Semarang, K., & Tengah, J. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Materi Kimia Bahan Makanan Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Mahasiswa Di Era Covid-19 Di Jurusan Kimia Uin Walisongo Semarang Project Based Learning Model For Chemical Courses Of Food Materials As An Effort To Improve Student Achievement In The Era Of Covid-19 In The Chemical Department Of Uin Walisongo Semarang. Jurnal Zarah, 9(1), 60–65.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Zarah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.