PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAI BERBANTUAN E-LKPD INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI ASAM BASA

Authors

  • Rahmadansah Rahmadansah Universitas Jambi
  • Haryanto Haryanto Universitas Jambi
  • Aulia Sanova Universitas Jambi
  • Asrial Asrial Universitas Jambi
  • Yusnidar Yusnidar Universitas Jambi
  • M Raidil Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31629/zarah.v10i1.4252

Keywords:

Team Assisted Individualization, E-LKPD Interaktif, Berpikir Kritis, Asam Basa

Abstract

Kemampuan critical thingking penting diperhatikan, agar dapat menyelesaikan masalah dalam pembelajaran. Saat ini tingkat critical thinking siswa masih termasuk rendah. Salah satu penyebabnya masih kurangnya bahan ajar yang membantu kemampuan tersebut. Kemampuan berpikir kritis siswa dalam penelitian ini ditingkatkan dengan menerapkan model Team Assisted Individualization berbantuan  E-LKPD Interaktif serta materi yang digunakan asam basa. Tujuan penelitian ini melihat pengaruh bahan ajar E-LKPD interaktif dengan model TAI. Quasi eksperimen dipakai dalam penelitian ini dengan menggunakan dua kelas yang dibandingkan. Kelas kontrol ataupun kelas eskperimen akan diberi pretest sebelum dilakukan proses pembelajaran dan posttest selesai dilakukan pembelajaran. Data penelitian diperoleh melalui tes esai dan lembar observasi. Analisis data menggunakan pretest dan posttest dengan dilakukan uji-t.  Terbukti bahwa adanya pengaruh setelah diterapkan model Team assisted individualization berbantuan E-LKPD interaktif terhadap  kemampuan  berpikir kritis siswa, dari analisis data menunjukkan peningkatan hasil rata-rata pretest dan posttest yaitu 47,49% - 65,51% di kelas kontrol dengan selisih kenaikan 18,02%, sedangkan di kelas eksperimen mendapatkan hasil 50,61% - 77,10%. Jika ditinjau dari hasil per aspek indikator kemampuan berpikir kritis pada kelas kontrol - eksperimen berturut-turut yaitu  62,38% - 71,20%.

References

Asrori, A., & Suparman. (2019). Analisis Kebutuhan E-Lkpd Sesuai Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Prosiding Sendika, 5(1), 18.

Awe, E. Y., & Ende, M. I. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik Bermuatan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV SDI Rutosoro Di Kabupaten Ngada. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 48. https://doi.org/10.29408/didika.v5i2.1782

Basri, M. (2016). Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe TAI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.5 SMA Negeri 1 Bontonompo (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia dan Tatanama Senyawa). Application of Cooperative Learning Tai Type To Improve Student Learning Outcomes X.5 Class Sma Negeri 1 Bontonompo (Study on Subject Matter Chemical Bond and Nomenclature Compounds), 4(1), 47–54.

Fathurrohman. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.

Isa, M., Khaldun, I., & Halim, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperative Tipe TAI Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Hidrokarbon. 1(2), 213–223.

Lina, Ningrat, H. K., & Mizriaty, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan …. Ismart Edu: Jurnal …, 2(1), 40–51.

Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis dan PBL (1st ed.).

Martiana, D. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI).

Prastowo. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press.

Prayoga, Z. N. (2013). Kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran materi pengelolaan lingkungan dengan pendekatan keterampilan proses sains. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 216.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Oleh Guru. Rajawali Pers.

Sari, Y., Cawang, & Hadiarti, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Asissted Individualization) Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Konfigurasi Elektron Kelas X Sma Negeri 5 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 5(2), 298–306. https://doi.org/10.29406/arz.v5i2.642

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. CV. Alfabeta.

Susilawati, E., Agustinasari, Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 6(February). https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453

Suyanto, & Jihad. (2013). Menjadi guru profesional strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global (Esensi (ed.)).

Downloads

Published

2022-06-15