EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI QUIZWHIZZER UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Rendahnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis gamifikasi menjadikan mahasiswa kurang termotivasi dalam perkuliahan, sehingga kemandirian belajar menjadi rendah. Penerapan aplikasi quizwhizzer merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas aplikasi quizwhizzer dalam peningkatan kemandirian belajar mahasiswa. Sampel penelitin ini adalah 26 mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Jambi pada matakuliah praaktikum kimia anorganik. Penelitian ini merupakan jenis quasi eksperimen dengan desain single-group pretest-posttest terhadap kemandirian belajar mahasiswa. Data kemandirian belajar diperoleh dengan menggunakan angket pada sebelum dan sesudah penerapan aplikasi quizwhizzer. Aplikasi quizwhizzer yang diterapkan pada perkuliahan meliputi materi unsur alkali tanah, aluminium dan senyawanya, kimia besi, pembuatan garam mohr. Uji hipotesis menggunakan uji paired samples t test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar setelah penerapan sebesar 14,08. Peningkatan tersebut merupakan peningkatan yang signifikan setelah dilakukan uji paired samples t test dengan nilai signifikansi sebesar 0,00. Oleh karena itu pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi quizwhizzer dapat meningkatkan kemandirian belajar khsususnya pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Jambi kelas R-002 pada mata kuliah praktikum kimia anorganik.
References
Alfianistiawati, R., Istifayza, N., Prakris, M. A., Fitri, K., & Apriyadi, D. W. (2022). Implementasi Quizwhizzer Sebagai Media Belajar Digital dalam Pembelajaran Sosiologi kelas X dan XI SMAN 8 Malang. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(7), 698–706. https://doi.org/10.17977/um063v2i72022p698-706
Astuti, Oktaviana, D., & Firdaus, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMP. Media Pendidikan Matematika, 10(1), 1–12. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jmpm
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Bakar, A., Sanova, A., Yusnaidar, Y., & Ekaputra, F. (2022). Meningkatkan Keterampilan Guru SMAN 2 Sungai Penuh Dalam Mempublikasikan Artikel Ilmiah Ke Jurnal Bereputasi. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 489–496. https://doi.org/10.36312/linov.v7i4.866
Daulay, N. (2021). Motivasi Dan Kemandirian Belajar Pada Mahasiswa Baru. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 21–35.
Effendi, Mursilah, & Mujiono. (2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tuadan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 17–23.
Ekaputra, F. (2020). Efektivitas Penerapan Poseidon Meeting Classroom berbasis Pendekatan Ilmiah Materi Stoikiometri Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Peserta Didik SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 59–65. http://vektor.iain-jember.ac.id
Ekaputra, F. (2022). Peningkatan aktivitas belajar melalui implementasi media virtual laboratorium kimia pada masa pandemi covid-19. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 12(1), 22–26. https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v12i1.334
Ekaputra, F. (2023). Application of Discovery Learning Model in Practical Learning to Improve Students’ Communication and Collaboration Skills. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(2), 307–311. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline1833
Ekaputra, F., & Hasanah, E. (2021). Peningkatan aktivitas belajar melalui implementasi media virtual laboratorium kimia pada masa pandemi covid-19. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 11(1), 11–16. https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v11i1.348
Elisa, Mardiyah, A., & Ariaji, R. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Dan Aktivitas Mahasiswa Melalui PhET Simulation. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 1(1), 15–20.
Eriska, D., Aprianti, F., & Rahayu, S. (2023). Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV SDN Majalengka Wetan VII. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 1876–1891.
Faijah, N., Nuryadi, & Marhaeni, N. H. (2022). Efektiivitas Penggunaan Game Edukasi Quizwhizzer Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Teorema Phytagoras. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 117–123.
Fuldiaratman, Rusdi, M., Harizon, Dewi, F., & Ekaputra, F. (2023). Pelatihan Pengembangan Media Laboratorium Virtual Berbasis Aplikasi Construct Bagi Guru SMA Negeri 5 Muaro Jambi. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1346–1353. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3145
Haryanto, Ernawati, M. D. W., Fuldiaratman, Afrida, & Ekaputra, F. (2023). Implementasi Aplikasi PhET Simulation dalam Pembelajaran MIPA Berbasis Eksperimen. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1372–1379. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3160
Hendra, Candra, A. A., & Ekaputra, F. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Kegiatan Pendampingan Penulisan Gagasan Pada Artikel: Indonesia. ESTUNGKARA, 2(1), 24–32.
Iskandar, S., Sholihah Rosmana, P., Fazriyah, A., Febriyano, A., Rosyada, A. A., & Febriana, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran QuizWhizzer dan Kinemaster untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(02), 3239–3245.
Robiana, A., & Handoko, H. (2020). Pengaruh Penerapan Media UnoMath untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika , 9(3), 521–532. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Sanova, A., Afrida, & Ekaputra, F. (2022). Pengembangan Aplikasi Platform Open Course Berorientasi PjBL Dan Case Study Berbasis Gamifikasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 9(2), 142–150.
Susanto, D. A., & Ismaya, E. A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizwhizzer Pada PTM Terbatas Muatan Pelajaran IPS Bagi Siswa Kelas VI SDN 2 Tuko. CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education, 5(1), 104–110. https://e-journal.my.id/cjpe
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185–201. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Zarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.