EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI QUIZWHIZZER UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Rendahnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis gamifikasi menjadikan mahasiswa kurang termotivasi dalam perkuliahan, sehingga kemandirian belajar menjadi rendah. Penerapan aplikasi quizwhizzer merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas aplikasi quizwhizzer dalam peningkatan kemandirian belajar mahasiswa. Sampel penelitin ini adalah 26 mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Jambi pada matakuliah praaktikum kimia anorganik. Penelitian ini merupakan jenis quasi eksperimen dengan desain single-group pretest-posttest terhadap kemandirian belajar mahasiswa. Data kemandirian belajar diperoleh dengan menggunakan angket pada sebelum dan sesudah penerapan aplikasi quizwhizzer. Aplikasi quizwhizzer yang diterapkan pada perkuliahan meliputi materi unsur alkali tanah, aluminium dan senyawanya, kimia besi, pembuatan garam mohr. Uji hipotesis menggunakan uji paired samples t test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar setelah penerapan sebesar 14,08. Peningkatan tersebut merupakan peningkatan yang signifikan setelah dilakukan uji paired samples t test dengan nilai signifikansi sebesar 0,00. Oleh karena itu pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi quizwhizzer dapat meningkatkan kemandirian belajar khsususnya pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Jambi kelas R-002 pada mata kuliah praktikum kimia anorganik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Zarah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.