EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN POGIL UNTUK MENURUNKAN MISKONSEPSI SISWA KELAS XI MIPA 5 DI SMA NEGERI 4 SAMARINDA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM

Authors

  • Devi Arpiana Universitas Mulawarman
  • Mukhamad Nurhadi Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31629/zarah.v8i1.2055

Keywords:

miskonsepsi, POGIL, Three Tier Diagnostic Test

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran POGIL untuk menurunkan miskonsepsi siswa kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 4 Samarinda pada pokok bahasan hidrolisis garam. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 5 yang berjumlah 36 siswa. Penggunaan model pembelajaran langsung menjadi kegiatan belajar pertama untuk mengetahui miskonsepsi awal yang terjadi pada siswa. Selanjutnya dilakukan dengan pengulangan kegiatan belajar dengan menggunakan model pembelajaran POGIL. Instrumen yang digunakan untuk mengukur miskonsepsi yang terjadi pada siswa adalah Three Tier Diagnostic Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi yang terjadi pada pembelajaran langsung sebesar 63,89% dan menurun sebesar 26,94% pada pembelajaran POGIL. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran POGIL berhasil dan efektif digunakan dalam pengurangan miskonsepsi siswa sebesar 57,83%.

References

Anis, S and Suyono. 2014. "Implementasi Strategi POGIL Untuk Mereduksi Miskonsepsi Pada Materi Stoikiometri Kelas X di SMAN 1 Kandangan". Vol. 3, No. 3, pp 187-192

Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Fitra, dkk. 2018. "Remediasi Miskonsepsi Fluida Statis Siswa SMAN 5 Pontianak Menggunakan Process Oriented Guided Inquiry Learning"

Hammer, D., (1996). More Than Misconceptions:Multiple Perspectives on Student Knowledge and Reasoning, and an Appropriate Role for Education Research, Am. J. Phys., 64(10), pp. 1316 -1325

Hanson M.D., 2006. Instructor’s Guide to Process-Oriented Guide Inquiry Learning. Pacific Crest

Kaltakci, D. Dan Didis, N. 2007. Identification of Pre-Service Physics Teachers’ Misconceptions on Gravity Concept: A Study with a 3-Tier Misconception Test. Sixth International Conference of the Balkan Physical Union: American Institute of Physics

Khoiriyah. 2011. Identifikasi Kesulitan Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Purwosari dalam Memahami Materi Hidrolisis Garam. Skripsi, Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Malang, Jawa Timur.

Suparno, P. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta; Grasindo

Wilianus, dkk. 2015. "Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Hidrolisis Garam di Kelas XI IPA SMA Katolik Talino"

Downloads

Published

2020-05-25