PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ROLLING BALL DALAM MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI LAJU REAKSI
DOI:
https://doi.org/10.31629/zarah.v8i1.2130Keywords:
Hasil Belajar, Laju Reaksi, Predict-Observe-Explain, Rolling BallAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Rolling Ball dalam model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap hasil belajar kimia kelas XI IPA pada materi laju reaksi di SMA Negeri 4 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Penggunaan media Rolling Ball dapat meningkatkan kreatifitas dan keaktifan siswa melalui model pembelajaran POEdalam 3 tahapan utama, yaitu memprediksi apa yang terjadi (predict), melakukan pengamatan dan diskusi untuk membuktikan prediksi (observe), dan menjelaskan hasil pengamatan dan diskusi (explain). Jenis penelitian yang digunakan adalah Static Group Comparison dengan metode pre-experimental. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 (eksperimen) dan kelas XI MIPA 2 (kontrol), dengan jumlah siswa masing-masing sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 89,11 dan kelas kontrol adalah 86,11. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t, dan didapatkan thitung > ttabel yaitu sebesar 3,89 > 1,67, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan media Rolling Ball dalammodel pembelajaran POE terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA pada materi laju reaksi di SMA Negeri 4 Samarinda tahun ajaran 2019/2020 pada taraf signifikan 5%.
References
Enha, Hikmatun Nisa. 2015. Pengembangan Media Puzzle pada Konsep Pengukuran Bangunan Datar terhadap Pemahaman Siswa Kelas IV MI Al Mufidah Wongsorejo Banyuwangi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Erni M., Mery N dan Jamaluddin S. 2013. Pengaruh Model POE(Predict Observe-Explain) Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Kelas XI Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di SMA Negeri 4 Pasangkayu. Jurnal Akademika Kimia. Vol. 2, No. 2 : 62 – 67
Muliawati, N.P.C., I.K. Ardana, dan I.G.K. Negara. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus Ubud. Jurnal Pendidikan. Vol. 1, No. 1 : 1-12
Sanjaya, Wina. 2015. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Bandung:Kencana
Sari, Mustika. 2013. Skripsi Penerapan Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Materi Energi Panas dan Bunyi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Randugunting 4 Kota Tegal. Semarang: Universitas Negeri Semarang