PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI BERBANTUAN POWERPOINT PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Authors

  • Heri Herman Universitas Mulawarman
  • Mukhamad Nurhadi Universitas Mulawarman
  • Rahmat Gunawan Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31629/zarah.v9i1.2323

Keywords:

powerpoint, modul, multipel representasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran kimia berbasis multipel representasi berbantuan powerpoint pada pokok bahasan larutan elektrolit dan non elektrolit yang valid, efektif, dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch yang terdiri atas analysis, design, development, implementation, evaluation. Sampel penelitian ini adalah 30 siswa kelas X IPA SMAN 12 Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes dengan instrumen penelitian berupa lembar validasi, soal pretest dan posttest, dan angket respon siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul dan animasi sangat valid dengan nilai validasi dari ahli materi sebesar 94,60%, ahli media sebesar 90,91%, dan ahli IT sebesar 86,84%. Kepraktisan berdasarkan hasil analisis angket respon siswa sebesar 88,01% dengan kriteria sangat praktis. Keefektifan berdasarkan hasil analisis pretest dan posttest siswa dengan nilai N-gain sebesar 0,78 dengan kriteria sangat efektif. Dengan demikian, modul dan powerpoint pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar siswa kelas X IPA dan guru mata pelajaran kimia.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arpiana, D., & Nurhadi, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Pogil Untuk Menurunkan Miskonsepsi Siswa Kelas XI MIPA 5 Di SMA Negeri 4 Samarinda Pada Pokok Bahasan Hidrolisis Garam. Jurnal Zarah, 8(1), 38–43. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/zarah.v8i1.2055

Asmaningrum, H. P., Bunga, J., & Marlissa, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran CTL Berbantuan TTS Terhadap Hasil Belajar Kimia. Jurnal Zarah, 7(2), 40–45.https://doi.org/https://doi.org/10.31629/zarah.v7i2.1339

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Hadi, L. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Zarah, 8(2), 56–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/zarah.v8i2.2464

Haviz, M. (2013). Research and Development; Penelitian Di Bidang Kependidikan Yang Inovatif, Produktif Dan Bermakna. Ta’dib, 16(1).https://doi.org/10.31958/jt.v16i1.235

Helsy, I., & Andriyani, L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Kesetimbangan Kimia Berorientasi Multipel Representasi Kimia. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 2(1), 104–108. https://doi.org/10.15575/jta.v2i1.1365

Indiatiningsih. (2017). Penggunaan Media Plastisin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Materi Bentuk Molekul Kelas X Lintas Minat Di SMAN 8 Samarinda. Jurnal Zarah, 5(1), 5–13. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/zarah.v5i1.142

Irsanti, R., Khaldun, I., & Hanum, L. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test pada Materi Larutan Elektrolit dan Larutan Non Elektrolit di Kelas X SMA Islam Al-falah Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 2(3), 230–237.

Kozma, R., & Russell, J. (2005). Students Becoming Chemists: Developing Representational Competence. Visualization in Science Education, January 2005. https://doi.org/DOI: 10.1007/1-4020-3613-2_8

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable†in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Purba, M. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Melalui Model Cooperative Learning Dengan Tipe Jigsaw Di Kelas XI IPA SMA 1 Batam.Jurnal Zarah, 7(2), 74-78.https://doi.org/https://doi.org/10.31629/zarah.v7i2.1537

Puspitasari, A., & Rakhmawati, L. (2013). Pengembangan E-book Interaktif Pada Mata Kuliah Elektronika Digital. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 537–543.

Putri, R. A., Munzil, M., & Sumari, S. (2021). Developing Multiple Representation’s Teaching Materials Assisted by Blended Learning to Enhance Students’ Scientific Argumentation Skills. AIP Conference Proceedings 2330, 020053(March). https://doi.org/10.1063/5.0043261

Rosdiana, L., & Sari, D. A. P. (2016). Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Model Inkuiri Dengan Menggunakan Animasi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 33.https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n1.p33-36

Sunyono, Yuanita, L., & Ibrahim, M. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi Dalam Membangun Model Mental Mahasiswa Topik Stoikiometri Reaksi. Journal Pendidikan Progresif, 3(1), 65–79.

Sutirman. (2013). Media & Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wicaksono, D. P., Kusmayadi, T. A., & Usodo, B. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Pada Materi Balok Dan Kubus Untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(5).

Wilandari, D. N., Ridwan, A., & Rahmawati, Y. (2018). Analisis Model Mental Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit: Studi Kasus di Pandeglang. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(2), 25–35. https://doi.org/10.21009/jrpk.082.03

Downloads

Published

2021-05-23