PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENURUNKAN MISKONSEPSI SISWA TENTANG KONSEP REAKSI REDOKS

Penulis

  • Maulidina rizki Universitas mulawarman
  • Mukhamad Nurhadi Universitas Mulawarman
  • Iis Intan Widiyowati Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31629/zarah.v8i1.1974

Kata Kunci:

Miskonsepsi, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Three Tier Diagnostic Test

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk mengurangi miskonsepsi tentang pokok bahasan reaksi redoks. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMAN 8 Samarinda yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan yaitu purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal ulangan harian yang dilengkapi pendeteksi miskonsepsi tipe Three Tier Diagnostic Test dan teknik non tes sebagai data penunjang penelitian. Hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi rata-rata siswa pada pembelajaran langsung adalah 50,71% dan setelah diterapkan pembelajaran ulang menggunakan model PBM rata-rata miskonsepsi siswa turun menjadi 12,14%. Berdasarkan hasil analisis data miskonsepsi tersebut diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran PBM dapat mengurangi miskonsepsi siswa tentang konsep reaksi redoks sebesar 76,05%.

Referensi

Abdul, Majid. 2017. Penggunaan Mdel Pembelajaran Conceptual Change untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Ikatan Kimia. Prosiding seminar Nasional KPK 2017

Apriadi, Ni Ngh. Sangging Redhana, I Wayan, 2019. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X Pada Topik Reaksi Redoks. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia: Universitas Pendidikan Ganesha.

Ismail. 2002. Pembelajaran Berbasis Masalah Apa, Bagaimana Dan Contoh Pada Sub Pokok Bahasan Statistika. Proseding Seminar Nasional Paradigma Baru Pembelajaran MIPA. Kerjasama Dirjen Dikti Depdiknas dengan (JICA-IMSTEP)

Juli, Wahyu. 2014. Reduksi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Reaksi Redoks Melalui Model Pembelajaran ECIRR. Universitas Negeri Surabaya: Surabaya

Juliawan, Didik. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains.Universitas Udayana- Bali

Jundu, Richardus, Anti Pradjosantoso. 2018. Efektivitas Problem Based Learning Dan Pembelajaran 5 M Terhadap Pemahaman Konsep Kimia. Yogyakarta: Jurnal pendidikan dan kebudayaan missio vol.10

Mutiara, dkk., 2015, Penerapa Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Pelajaran Kimia Di Kelas X MIA 3 SMAN 1 Indralaya. Jurnal Penelitian pendidikan Kimiavolume 3 nomor 2, Universitas Sriwijaya

Nafiah, Yunin Nurun Suyanto, Wardan, 2014. Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi: UNY

Pesman, H., dan Eryilmaz, A. 2010. Development of Three-Tier Test to Asses Misconception About Simple Electric Circuit. The Jurnal of Education Research

Rosidah, Ratna, dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajran Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Hukum-Hukum Dasar Kimia Ditinjau Dari Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. UNS: Surakarta

Sumartini, Tina Sri, 2018. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika: Garut

Suparno, P. 2005. Miskonsepsi Dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Jarakta: Grassindo

Suparno, Paul. 2013. Miskonsepsi Dan Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana

Wilantara. 2005. Implementasi Model Belajar Konstruktivis dalam Pembelajaran Fisika untuk Mengubah Miskonsepsi Ditinjau dari Penalaran Formal Siswa. Bali: Tesis IKIP Singaraja

Wulandari, Puput Istika Mulyani, Bakti Utami, Budi, 2019. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Three-Tier Multiple Choice pada Materi Konsep Redoks Kelas X MIPA SMA Batik 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia. Surakarta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-05-25

Terbitan

Bagian

Articles