Wajah Media Sosial Bagi Generasi X: Studi Pada Generasi X Desa Rengas
DOI:
https://doi.org/10.31629/jmm.v8i1.6873Keywords:
Media sosial, Facebook, Generasi XAbstract
Penelitian ini menjelaskan tentang penggunaan media sosial, khususnya facebook, oleh generasi X di Desa Rengas Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir Sumatra Selatan. Peneliti mengeksplorasi bagaimana media sosial yang digunakan tersebut tidak hanya dijadikan sebagai alat untuk berkomunikasi dan berinteraksi tetapi juga dijadikan sebagai alat untuk berekspresi, pengoptimalan pendapatan, serta sebagai ruang publik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, secara spesifik dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif dan analisis konten dari profil facebook. Penelitian ini menunjukkan bahwa generasi X di Desa Rengas menggunakan facebook untuk berbagai macam tujuan yang melampaui komunikasi interpersonal. Facebook dimanfaatkan sebagai tempat untuk mempromosikan produk/jasa dagangannya, mendapatkan penghasilan tambahan melalui konten yang diunggah, berbagi pengalaman pribadi, mendapatkan dukungan sosial dan membangun jaringan usaha atau bisnis, serta menjadi tempat berkeluh kesah tentang masalah hidup dan keluarga yang dialami oleh generasi X tersebut. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan dan pemahaman mengenai dinamika penggunaan media sosial terutama facebook pada generasi X di wilayah pedesaan dan implikasinya terhadap perubahan sosial dan ekonomi.Additional Files
Published
2024-06-10
How to Cite
Istiqoma, Anggriawan, D., Syafe’i, A., & Wulindari, A. (2024). Wajah Media Sosial Bagi Generasi X: Studi Pada Generasi X Desa Rengas . Jurnal Masyarakat Maritim, 8(1), 28–36. https://doi.org/10.31629/jmm.v8i1.6873
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.