ANALISIS PENGARUH BOOK-TAX DIFFERENCES DAN LIKUIDITAS TERHADAP PERTUMBUHAN LABA (Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015)

  • Asmaul Husna, Fatahurrazak, Ratna Sari Universitas Maritim Raja Ai Haji
Keywords: Book-tax differences, Likuiditas, Pertumbuhan Laba

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh book-tax differences dan likuiditas terhadap pertumbuhan laba. Book-tax differences dalam penelitian ini diwakili oleh perbedaan permanen dan perbedaan temporer. Kemudian likuiditas dalam penelitian ini diwakili oleh working capital to total asset (WCTA). Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015. Populasi berjumlah 64 perusahaan, dengan metode pemilihan sampel yaitu purposive sampling dan diperoleh total sampel sebanyak 16 Perusahaan. Metode penelitian adalah metode analisis dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan permanen dan working capital to total asset berpengaruh terhadap pertumbuhan laba, sedangkan perbedaan temporer tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015.

Published
2017-10-31
How to Cite
Asmaul Husna, Fatahurrazak, Ratna Sari (2017) “ANALISIS PENGARUH BOOK-TAX DIFFERENCES DAN LIKUIDITAS TERHADAP PERTUMBUHAN LABA (Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015)”, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia, 1(1), pp. 79 - 93. doi: 10.31629/jiafi.v1i1.1241.