RELEVANSI NILAI INFORMASI AKUNTANSI DENGAN MODEL VALUASI OHLSON
DOI:
https://doi.org/10.31629/jiafi.v1i1.1238Keywords:
Relevansi Nilai, Laba Per Saham, Nilai Buku Ekuitas Per Saham, Afiliasi Grup Bisnis, Struktur Kepemilikan Saham, Ukuran PerusahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh nilai buku ekuitas dan nilai laba per saham terhadap nilai perusahaan dengan model valuasi Ohlson (1995) dan informasi kondisi laba/rugi perusahaan terhadap relevansi nilai yang terjadi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2014.Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel nilai buku per lembar saham dan nilai laba per saham secara parsial dan simultan mempengaruhi nilai perusahaan. Hasil ini dapat menjadi bukti empiris terhadap model valuasi Ohlson (1995). Selain itu, kondisi laba/rugi perusahaan juga mempengaruhi hubungan relevansi nilai. Pada kondisi laba/rugi positif relevansi nilai buku per saham menjadi lebih rendah. Sedangkan pada kondisi laba/rugi positif, relevansi nilai laba per saham menjadi lebih tinggi. Penelitian ini menggunakan variabel afiliasi grup bisnis, struktur kepemilikan saham dan ukuran perusahaan sebagai varabel kontrol.