PENGARUH KARAKTER EKSEKUTIF, CAPITAL INTENSITY, DAN KEPEMILIKAN KELUARGA TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Empiris Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)

  • Rd. Mohd. Raditya Ekaputra Tj. Mohamad Rafki Nazar, Ardan Gani Asalam, dan Asmaul Husna Telkom University, Universitas Maritim Raja Ali Haji
Keywords: Karakter Eksekutif, Capital Intensity, Kepemilikan Keluarga dan Tax Avoidance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji bukti empiris baik secara simultan maupun secara parsial mengenai pengaruh karakter eksekutif, capital intensity, dan kepemilikan keluarga terhadap tax avoidance pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Penelitian ini terdiri dari 50 sampel perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Sampel diperoleh secara purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi data panel dengan menggunakan Eviews 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakter eksekutif, capital intensity, dan kepemilikan keluarga berpengaruh secara simultan terhadap tax avoidance. Secara parsial, capital intensity dan kepemilikan keluarga berpengaruh terhadap tax avoidance. Sedangkan karakter eksekutif tidak berpengaruh terhadap tax avoidance.

Published
2020-04-28
How to Cite
Rd. Mohd. Raditya Ekaputra Tj. Mohamad Rafki Nazar, Ardan Gani Asalam, dan Asmaul Husna (2020) “PENGARUH KARAKTER EKSEKUTIF, CAPITAL INTENSITY, DAN KEPEMILIKAN KELUARGA TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Empiris Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)”, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia, 3(2), pp. Hal 27 - 36. Available at: https://ojs.umrah.ac.id/index.php/jiafi/article/view/2206 (Accessed: 5August2020).