PENGARUH INTENSITAS ASET TETAP, KARAKTER EKSEKUTIF, KONEKSI POLITIK DAN LEVERAGE TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 - 2018)

  • Vira Aprilia, Majidah, Ardan Gani Asalam Universitas Telkom
Keywords: Tax Avoidance, Intensitas Aset Tetap, Karakter Eksekutif, Koneksi Politik.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh intensitas aset tetap, karakter eksekutif, koneksi politik dan leverage terhadap tax avoidance pada perusahaan makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018 baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini terdiri dari 50 sampel sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Sampel diperoleh secara purposive sampling. Hasil penelitian in menunjukkan bahwa intensitas aset tetap, karakter eksekutif, koneksi politik dan leverage berpengaruh terhadap tax avoidance secara simultan. Secara parsial, hanya karakter eksekutif yang berpengaruh terhadap tax avoidance. Kebaharuan dari penelitian ini terletak pada variabel karakter eksekutif. Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti kembali penelitian ini dengan menambah tahun dan periode penelitian untuk pemerintah yang terindikasi melakukan tax avoidance termasuk dalam penggelapan pajak atau perencanaan pajak.

Published
2020-04-28
How to Cite
Vira Aprilia, Majidah, Ardan Gani Asalam (2020) “PENGARUH INTENSITAS ASET TETAP, KARAKTER EKSEKUTIF, KONEKSI POLITIK DAN LEVERAGE TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 - 2018)”, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia, 3(2), pp. Hal 15 - 26. Available at: https://ojs.umrah.ac.id/index.php/jiafi/article/view/2205 (Accessed: 5August2020).