PERAN GURU DALAM PENANGGULANGAN JUVENILE DELINQUENCY DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Kata Kunci:
Peran guru terhadap kenakalan remajaAbstrak
Guru adalah pendidik dan pengajar pada pendidikan anak usia dini
jalur sekolah atau pendidikan formal, pendidikan dasar dan
pendidikan menengah. Guru-guru seperti ini harus mempunyai
semacam kualifikasi formal. Kenakalan remaja merupakan gejala
patologis sosial pada remaja yang disebaban oleh suatu bentuk
pengabaian sosial yang pada akhirnya meyebabkan perilaku
menyimpang. Remaja merupakan aset masa depan bangsa. Hal
tersebut adalah merupakan suatu masalah yang dihadapi
masyarakat yang kini semakin marak sehingga Peran guru
terhadap tingkah laku peserta didik di sekolah ataupun di luar
sekolah sangat besar. Guru berperan aktif dalam perkembangan
karakter positif anak, dalam hal ini akan membahas tentang
kenakalan yang terjadi pada anak Sekolah Menengah Pertama
(SMP).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh
peran guru dalam mencegah kenakalan remaja khususnya di
Sekolah Menengah Pertama (SMP).Adapun metode penelitian ini
menggunakan metode yuridis normative dan yuridis empiris.
Pendekatan yuridis normative dimaksudkan untuk melakukan
pengkajian secara yuridis terhadap kenakalan remaja yang
merupakan suatu tindak kejahatan. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa guru memiliki peranan penting dalam mengatasi kenakalan
siwa dalam proses pembelajaran. Dalam mengatasi kenakalan
peserta didik guru dapat menggunakan strategi manajemen yang
terdiri dari intervensi minor dan moderat, strategi penanganan
disiplin kelas terdiri dari cara menangani gangguan ringan,
gangguan berat, dan perilaku agresif, menciptakan lingkungan
yang aman. Sehingga tercipta proses pembelajaran yang tenang
dan efektif sehingga dapat memanimalisir kenakalan remaja.
Referensi
Abror, A. (2015). Peran Guru Agama Islam Dalam Pencegahan Kenakalan Remaja (Studi Kasus Di SMPN 01 Margoyoso Pati) Tahun 2015. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.
Dafit, F. A. (2023). Peran Guru Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Sdn 83 Pekanbaru. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri.
Disperkimta, A. (2018, April 16). Kenakalan Remaja Jaman Sekarang. Retrieved November 10, 2023, from Dinas perumahan, kawasan permukiman dan pertanahan : https://disperkimta.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/kenakalan-remaja-jaman-sekarang-49
Gultom, J. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Katolik Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Di SMP Swasta RK Deli Murni Bandar Baru. Jurnal Kateketik dan Pastoral.
Handayani, H. L. (2020). Perilaku negatif siswa: bentuk, faktor penyebab, dan solusi guru dalam mengatasinya. Elementary School Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
Huda, S. (2012). Upaya guru pendidikan agama islam dalam menanggulangi kenakalan siswa di smp terpadu turen malang. Malang: universitas islam negeri maulana malik ibrahim .
Husnah, A. H. (2019). Peran Guru PPKn Dalam Menanggulangi Masalah Kenakalan Remaja Di SMP Negeri 5 Pallanga Kab. Gowa. Makassar: Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar.
Kusuma, P. T. (2022, Desember 27). Kenakalan Remaja: Pengertian dan Contoh, Yuk Sama-sama Mencegahnya. Retrieved Desember 10 November 2023, 2022, from detik.com: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6482270/kenakalan-remaja-pengertian-dan-contoh-yuk-sama-sama-mencegahnya
Lestari, Y. E. (2015). Upaya Mencegah Kenakalan Siswa Di SMAN 5 Yogyakarta (Analisis Sekolah Berbasis Afeksi). Yogyakarta: Skripsi, FTK UIN Sunan Kalijaga.
Maiiadewi. (2013, Juni 09). Peran Guru dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja. Retrieved November 11, 2023, from WordPress.com: https://maiiaeonniedu.wordpress.com/2013/06/09/peran-guru-dalam-menanggulangi-kenakalan-remaja/
Merdekawaty, A. (2018). Peran guru dalam menanggulangi kenakalan remaja. Jurnal kependidikan.
MUHARDI. (2016). Faktor penyebab perilaku menyimpang . 2016: universitas tanjungpura pontianak.
Mulyana, E. (2022). Peran Guru IPS Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. ejournal.unesa.
Novitasari. (2013). Kenakalan Remaja. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Nurul Hikmah, Y. B. (2022). Peranan guru dalam membina perilaku siswa bermasalah pada proses belajar mengajar sosiologi. jurnal.untan.
Putri, V. K. (2022, Oktober 20). Kenakalan Remaja: Pengertian dan Bentuknya. Retrieved November 10, 2023, from Kompas.com: https://www.kompas.com/skola/read/2022/10/20/070000969/kenakalan-remaja--pengertian-dan-bentuknya
Saputro, K. Z. (2018). Memahami Ciri Dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama17.
Sumara, D. S. (2017). Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 4.
Suryani, L. (2021). PENYESUAIAN DIRI PADA MASA PUBERTAS. Konselor 2.
Wati, N. &. (2022). Upaya guru ppkn dalam mengatasi kenakalan siswa di dalam kelas melalui metode pembelajaran kooperatif pada sekolah menengah pertama negeri 5 bandar baru kabupaten pidie jaya. Jurnal Sains Riset (JSR).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ferdi Hidayat, Pratiwi Reka Saputri , Nesa Tria Anendri, Ayu Effritadewi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.