STUDI PRESTASI AKADEMIK DAN KEMAMPUAN PEDAGOGIK MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA

Authors

  • Muhammad Syawahid IAIN Mataram
  • M Habib Husnial Pardi IAIN Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31629/jg.v1i2.50

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh prestasi akademik mata kuliah kependidikan terhadap kemampuan pedagogik mahasiswa PPL 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Tadris Matematika IAIN Mataram dengan sampel sebanyak 115 mahasiswa yang mengikuti PPL 2. Instrumen penelitian terdiri dari pedoman dokumentasi dan lembar observasi kemampuan pedagogik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat (1) pengaruh prestasi akademik mahasiswa pada mata kuliah Desain Pembelajaran Matematika terhadap kemampuan pedagogik mahasiswa PPL 2, hal ini ditunjukkan dengan diperoleh nilai t sebesar 0,032 dan taraf signifikansi kurang dari 0,05; (2) pengaruh prestasi akademik mahasiswa pada mata kuliah Workshop Matematika terhadap kemampuan pedagogik mahasiswa PPL 2, hal ini ditunjukkan dengan diperoleh nilai t sebesar 0,039 dan taraf signifikansi kurang dari 0,05; (3) pengaruh prestasi akademik mahasiswa pada mata kuliah Strategi Belajar Mengajar matematika terhadap kemampuan pedagogik mahasiswa PPL 2, hal ini ditunjukkan dengan diperoleh nilai t sebesar 0,025 dan taraf signifikansi kurang dari 0,05; (4) pengaruh prestasi akademik mahasiswa pada mata kuliah desain pembelajaran matematika, Workshop Matematika dan Strategi Belajar Mengajar Matematika secara bersamaan terhadap kemampuan pedagogik mahasiswa PPL 2, hal ini ditunjukkan dengan diperoleh nilai t sebesar 0,032 dan taraf signifikansi kurang dari 0,05.

Kata kunci: prestasi akademik, kemampuan pedagogik, PPL 2

The aim of this study is to describe the effect of academics achievement on education-content related course towards pedagogic skill of higher education students of PPL 2. The type of the study was correlational based experimental research. This study was conducted in mathematics study programme of IAIN Mataram examining 115 students as sample who followed PPL 2. Research instruments included documentation guide and observation sheet on pedagogic skill. The result shows that there are (1) effect of academic achievement of students who followed Mathematics Learning Design course towards PPL 2 students’ pedagogic skill, this was proved by the t value of 0.032 and significance rate less than 0.05; (2) effect of academic achievement of students who followed Mathematics Workshop course towards PPL 2 students’ pedagogic skill, this was proved by t value of 0.039 and significance rate less than 0.05; (3) effect of academic achievement of students who followed Mathematics Teaching and Learning Strategy course towards PPL 2 students’ pedagogic skill, this was proved by t value of 0.025 and significance rate less than 0.05; (4) effect of academic achievement of students who followed Mathematics Workshop course and Mathematics Teaching and Learning Strategy course simultaneously towards PPL 2 students’ pedagogic skill, this was proved by by t value of 0.032 and significance rate less than 0.05.

Keywords: academic achievement, pedagogic skill, PPL 2

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-25

How to Cite

Syawahid, M., & Pardi, M. H. H. (2017). STUDI PRESTASI AKADEMIK DAN KEMAMPUAN PEDAGOGIK MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA. Jurnal Gantang, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.31629/jg.v1i2.50