DUAL MODE ERROR ANALYSIS: PENYELESAIAN PERMASALAHAN LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME PRISMA DAN LIMAS SISWA KELAS VIII SMP

Authors

  • Endah Ayu Suryaningrum Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Febrian Febrian Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/jg.v1i2.49

Abstract

Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan permasalahan luas permukaan serta volume pada prisma dan limas. Kajian ini dilakukan di kelas VIII SMP Muhammadiyah Tanjungpinang dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara singkat guru mata pelajaran serta metode tes sebanyak lima soal berbentuk uraian yang disusun melalui diskusi antara guru mata pelajaran dan penulis. Jawaban siswa dianalisis menggunakan dua perspektif (dual mode) kesalahan, menurut Watson dan Sukirman. Kesalahan siswa dalam perspektif Watson terdiri atas delapan kategorisasi yaitu: data tidak tepat, prosedur tidak tepat, data hilang, kesimpulan hilang, konflik level respon, manipulasi tidak langsung, masalah hierarki keterampilan, dan selain ketujuh kategori di atas. Sedangkan kesalahan siswa dalam perspektif Sukirman terdiri atas dua kategorisasi yaitu: kesalahan yang bersifat sistematis dan konsisten, serta kesalahan yang bersifat insidental. Hasil analisis menunjukkan persentase dari setiap kesalahan pada kategori kesalahan Watson yaitu data tidak tepat sebesar 18,54%, prosedur tidak tepat sebesar 36,42%, data hilang sebesar 10,60%, kesimpulan hilang sebesar 5,30%, konflik level respon sebesar 5,30%, manipulasi tidak langsung sebesar 13,24%, masalah hirarki keterampilan sebesar 10,60% dan kesalahan selain ketujuh kategori di atas sebesar 0%. Sedangkan persentase dari kesalahan berdasarkan kategorisasi kesalahan Sukirman adalah kesalahan sistematis dan konsisten sebesar 41,72% serta kesalahan insidental sebesar 58,28%.

Kata Kunci : dual mode error analysis, kategori kesalahan Watson dan Sukirman

This study aims at recognizing the types of error emerged by the students while solving problems on the topic of area and volume of prism and pyramid. This study was conducted at class VIII SMP Muhammadiyah Tanjungpinang including 20 students. Data collection was undertaken by conducting interview with mathematics teacher and posing a test containing five essay problems constructed based on discussion among teacher and researcher. Students’ answers were analyzed by using dual mode error analysis: Watson and Sukirman. Error types based on Watson are: inappropriate data, inappropriate procedure, omitted data, omitted conclusion, response level conflict, undirected manipulation, skills hierarchy problem, error other than previous seven. Error type based on Sukirman are: systematic and consistent error, and incidental error. The result showcased the percentages of emerging error based on Watson are: inappropriate data 18.54%, inappropriate procedure 36.42%, omitted data 10.60%, omitted conclusion 5.30%, response level conflict 5.30%, undirected manipulation 13.24%, skills hierarchy problem 10.60%, and others 0%. On the other hand, the percentages of error based on Sukirman are: systematic and consistent error 41.72%, and incidental error 58.28%.

Keywords: dual mode error analysis, Watson error category, Sukirman error category

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-25

How to Cite

Suryaningrum, E. A., & Febrian, F. (2017). DUAL MODE ERROR ANALYSIS: PENYELESAIAN PERMASALAHAN LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME PRISMA DAN LIMAS SISWA KELAS VIII SMP. Jurnal Gantang, 1(2), 25–38. https://doi.org/10.31629/jg.v1i2.49

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>