Kemampuan Literasi Matematika Dalam Penyelesaian Masalah Aturan Sinus Dan Kosinus Ditinjau Dari Pemahaman Konsep

Authors

  • Lutfiyana Lutfiyana Universitas PGRI Semarang
  • Ida Dwijayanti Universitas PGRI Semarang
  • Agnita Siska Pramasdyahsari Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.3783

Keywords:

literasi matematika, penyelesaian, pemahaman konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal materi aturan sinus dan kosinus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang diambil yakni 6 siswa di kelas X-Mipa 2 MAN 1 Grobogan berdasarkan hasil tes pemahaman konsep yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Pengumpulan data yang digunakan yakni tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa siswa dengan kemampuan matematika rendah belum sepenuhnya memenuhi indikator, Siswa dengan kemampuan sedang memenuhi sebagian besar indikator literasi matematika Siswa berkemampuan tinggi memenuhi indikator yakni dapat melaksanakan prosedur dengan jelas, mampu memecahkan masalah dan menerapkan strategi yang sederhana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Faiqotul Ulya, S., & Wordono. (2019). Upaya Pengembangan untuk capaian literasi matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 589–596.

Hidayati, V. R., Wulandari, N. P., Maulyda, M. A., Erfan, M., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Literasi matematika calon guru sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah pisa konten shape & space. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 1–10. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.

Jumarniati, Pasandaran, R. F., & Riady, A. (2016). Kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan masalah turunan fungsi trigonometri. Jurnal Pedagogy, 1(2), 66–75.

Khoirudin, A., Dwi Styawati, R., & Nursyahida, F. (2017). Profil kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan matematis rendah dalam menyelesaikan soal berbentuk PISA. Aksioma, 8(2), 33. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1839

Kholidah, I. R. (Inna), & Sujadi, A. A. (A). (2018). Analisis Pemahaman konsep matematika siswa kelas V dalam menyelesaikan soal di SD Negeri Gunturan Pandak Bantul tahun ajaran 2016/2017. Trihayu, 4(3), 259074.

Kurniasi, E. R., & Juwita, I. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa ditinjau dari kemampuan tinggi, sedang, rendah. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan, 7(1), 21–34. https://doi.org/10.35438/e.v7i1.160

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar†perspektif aliran progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1 SE-Articles), 141–147. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/248

Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan persepsi calon guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(1), 72–79. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index

OECD. (2019). PISA 2018 Results. Combined executive summaries. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. www.oecd.org/about/publishing/corrigenda.htm.

Ojose, B. (2011). Mathematics literacy : are we able to put the mathematics we learn into everyday use? Journal of Mathematics Education, 4(1), 89–100.

Permatasari, A. (2015). Membangun kualitas bangsa dengan budaya literasi. Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, 146–156.

Rahmawati, N. I. (2018). Pemanfaatan ICT dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. Prisma, 1, 381–387. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19606/9529

Sari, E. K., Sugiyanti, S., & Pramasdyahsari, A. S. (2021). Profil kemampuan literasi matematis siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal cerita berbasis PISA. Jurnal Gantang, 6(1), 83–92. https://doi.org/10.31629/jg.v6i1.3286

Sholikhan, S. (2017). Understanding concepts through inquiry learning strategy. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 07(01), 97–102. https://doi.org/10.9790/7388-07010597102

Published

2022-01-25

How to Cite

Lutfiyana, L., Dwijayanti, I. ., & Pramasdyahsari, A. S. . (2022). Kemampuan Literasi Matematika Dalam Penyelesaian Masalah Aturan Sinus Dan Kosinus Ditinjau Dari Pemahaman Konsep. Jurnal Gantang, 6(2), 151–162. https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.3783