Kemampuan Literasi Matematika Dalam Penyelesaian Masalah Aturan Sinus Dan Kosinus Ditinjau Dari Pemahaman Konsep
DOI:
https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.3783Keywords:
literasi matematika, penyelesaian, pemahaman konsepAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal materi aturan sinus dan kosinus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang diambil yakni 6 siswa di kelas X-Mipa 2 MAN 1 Grobogan berdasarkan hasil tes pemahaman konsep yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Pengumpulan data yang digunakan yakni tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa siswa dengan kemampuan matematika rendah belum sepenuhnya memenuhi indikator, Siswa dengan kemampuan sedang memenuhi sebagian besar indikator literasi matematika Siswa berkemampuan tinggi memenuhi indikator yakni dapat melaksanakan prosedur dengan jelas, mampu memecahkan masalah dan menerapkan strategi yang sederhana.
Downloads
References
Faiqotul Ulya, S., & Wordono. (2019). Upaya Pengembangan untuk capaian literasi matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 589–596.
Hidayati, V. R., Wulandari, N. P., Maulyda, M. A., Erfan, M., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Literasi matematika calon guru sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah pisa konten shape & space. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 1–10. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.
Jumarniati, Pasandaran, R. F., & Riady, A. (2016). Kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan masalah turunan fungsi trigonometri. Jurnal Pedagogy, 1(2), 66–75.
Khoirudin, A., Dwi Styawati, R., & Nursyahida, F. (2017). Profil kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan matematis rendah dalam menyelesaikan soal berbentuk PISA. Aksioma, 8(2), 33. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1839
Kholidah, I. R. (Inna), & Sujadi, A. A. (A). (2018). Analisis Pemahaman konsep matematika siswa kelas V dalam menyelesaikan soal di SD Negeri Gunturan Pandak Bantul tahun ajaran 2016/2017. Trihayu, 4(3), 259074.
Kurniasi, E. R., & Juwita, I. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa ditinjau dari kemampuan tinggi, sedang, rendah. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan, 7(1), 21–34. https://doi.org/10.35438/e.v7i1.160
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar†perspektif aliran progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1 SE-Articles), 141–147. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/248
Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan persepsi calon guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(1), 72–79. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index
OECD. (2019). PISA 2018 Results. Combined executive summaries. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. www.oecd.org/about/publishing/corrigenda.htm.
Ojose, B. (2011). Mathematics literacy : are we able to put the mathematics we learn into everyday use? Journal of Mathematics Education, 4(1), 89–100.
Permatasari, A. (2015). Membangun kualitas bangsa dengan budaya literasi. Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, 146–156.
Rahmawati, N. I. (2018). Pemanfaatan ICT dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. Prisma, 1, 381–387. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19606/9529
Sari, E. K., Sugiyanti, S., & Pramasdyahsari, A. S. (2021). Profil kemampuan literasi matematis siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal cerita berbasis PISA. Jurnal Gantang, 6(1), 83–92. https://doi.org/10.31629/jg.v6i1.3286
Sholikhan, S. (2017). Understanding concepts through inquiry learning strategy. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 07(01), 97–102. https://doi.org/10.9790/7388-07010597102