Analisis Efektivitas E-LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik) Berbasis Etnomatematika Batu Akik Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa

Authors

  • Dafid Slamet Setiana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Nuryadi Nuryadi Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.3566

Keywords:

efektivitas, e-LKPD, kemampuan awal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas e-LKPD berbasis etnomatematika terhadap hasil belajar matematika yang ditinjau dari kemampuan awal siswa, serta untuk mengetahui pengaruh interaksi antara jenis e-LKPD dan tingkat kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen semu. Subjek uji coba penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sukodono 1 dan SDN Sukodono 2 Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan dengan masing-masing kelas diambil sampel secara acak sebanyak 15 siswa. Adapun objek penelitian ini adalah kemampuan awal dan hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik dokumentasi. Data dianalisis dengan anava dua faktor, dimana faktor pertama adalah jenis e-LKPD dan faktor kedua adalah tingkat kemampuan awal siswa. Hasil analisis anava dua faktor pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: 1) e-LKPD berbasis etnomatematika lebih efektif daripada e-LKPD konvensional. (2) Hasil belajar siswa dengan tingkat kemampuan awal tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan awal sedang dan rendah, dan (3) tidak ada interaksi antara jenis e-LKPD dan tingkat kemampuan awal siswa berdasarkan hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abi, A. M. (2017). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1–6. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75

Andriyani, & E, K. (2017). Etnomatematika : model baru dalam pembelajaran. Jurnal Gantang, II(2), 133–144.

Arifah, U., & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuhkambangkan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3), 263–272. https://doi.org/10.30738/.v5i3.1251

Badrulaini, B. (2018). Hubungan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 847–855.

Barton, B. (1996). Ethnomathematics: exploring cultural diversity in Mathematics Semantic Scholar. https://www.semanticscholar.org/paper/Ethnomathematics%3A-Exploring-Cultural-Diversity-in-Barton/a9b9405846d71a9b5e12e1693e750ac722070622

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.

Danim, S. (2003). Sejarah dan Metodologi. EGC.

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119.

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Sobri, M., Radiusman, R., & Widodo, A. (2020). Etnomatematika: Eksplorasi budaya sasak sebagai sumber belajar matematika Sekolah Dasar. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.1.1-13

Firdaus, N., & Rustina, R. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari gaya belajar. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 432–437. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/download/1071/731

Firmansyah, M. A. (2017). Peran kemampuan awal matematika dan belief matematikaterhadap hasil belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 55–68. https://doi.org/10.31000/prima.v1i1.255

François, K. (2012). Ethnomathematics in a european context: Towards an enriched meaning of ethnomathematics. Journal of Mathematics and Culture, 6(1), 191–208.

Gunawan, A. (2018). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 59 kota Bengkulu. Jurnal PGSD, 9(2), 216–225. https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.216-225

Hamruni, H. (2015). Konsep dasar dan implementasi pembelajaran kontekstual. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2), 177–188. https://doi.org/10.14421/jpai.2015.122-04

Imswatama, A., & Lukman, H. S. (2018). Penerapan bahan ajar matematika berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Prosiding SENAMKU, 1, 92–100.

Kaprinaputri, A. P. (2013). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. JIV, 8(1), 10–15. https://doi.org/10.21009/jiv.0801.2

Kemdikbud. (2020). Pembelajaran dimasa Covid–19. https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/c4c7ec76db850c3

Khairida. (2019). Penerapan pendekatan pembelajaran berbasis etnomatematika dalam meningkatkan minat belajar dan aspek kognitif siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu, 1(2), 114–124. https://doi.org/https://doi.org/10.32696/pgsd.v1i2.365

Laili, N. H., & Tristiana, D. (2016). Pengembangan media pembelajaran soal cerita dengan cerpen pada materi operasi hitung campuran untuk siswa kelas IV SDN Sumberkerep tahun ajaran 2012/2013. In SAINTIS (Vol. 8, Issue 2).

Lestari, W. (2017). Pengaruh kemampuan awal matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76–84. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499

Miviani, H., Darmono, P. B., & purwaningsih, W. I. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa SMP. Prosiding , 6(2).

Mølstad, C. E., & Karseth, B. (2016). National curricula in Norway and Finland: The role of learning outcomes. European Educational Research Journal, 15(3), 329–344. https://doi.org/10.1177/1474904116639311

Nasryah, C. E., & Rahman, A. A. (2020). Pengaruh pendekatan etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi siswa SD di Aceh Barat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 126–140. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/512

Nurdin, E., Nayan, D. D., & Risnawati, R. (2020). Pengaruh pembelajaran model creative problem solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa sekolah menengah atas. Jurnal Gantang, 5(1). https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.2151

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1). https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Purwoko, R. Y., Astuti, E. P., Arti, M. S., & Widiyono, Y. (2019). Batik Nusantara pattern in design of mathematical learning model for elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1254(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012001

Russefendi, E. (2004). Pengajaran matematika modern. Tarsito.

Sari, E. K., Sugiyanti, S., & Pramasdyahsari, A. S. (2021). Profil kemampuan literasi matematis siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal cerita berbasis PISA. Jurnal Gantang, 6(1), 83–92. https://doi.org/10.31629/jg.v6i1.3286

Setyorini, I. (2020). Pandemi Covid-19 dan online learning: Apakah berpengaruh terhadap proses pembelajaran pada Kurukulum 13 ? Jiemar, 01(Juni), 95–102.

Sudjana, N. (2011). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.

Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan e-modul berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268–283. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458

Published

2022-01-25

How to Cite

Setiana, D. S. ., & Nuryadi, N. (2022). Analisis Efektivitas E-LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik) Berbasis Etnomatematika Batu Akik Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Gantang, 6(2), 113–123. https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.3566