Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Dasar Mahasiswa dalam Mengidentifikasi Karakteristik dan Menyelesaikan Soal Pemodelan Matematika

Keywords: pemodelan matematika, HLT, lintasan belajar, penelitian desain pembelajaran

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian desain pembelajaran yang menghasilkan lintasan belajar dalam mata kuliah pemodelan matematika di salah satu program studi pendidikan matematika FKIP di Sumatera Selatan. Lintasan belajar yang telah didesain bertujuan menghasilkan mahasiswa yang memiliki kompetensi dalam mengkonstruksi soal pemodelan matematika untuk pembelajaran matematika di kelas. Desain pembelajaran ini diujicobakan selama 1 semester pada mata kuliah pemodelan matematika. Sebelum mencapai kompetensi mengonstruksi soal pemodelan matematika, pemahaman konsep dasar mahasiswa tentang pemodelan matematika merupakan tujuan awal yang akan dicapai dari desain pembelajaran ini. Oleh sebab itu, artikel ini akan memberikan gambaran secara menyeluruh terhadap pemahaman konsep dasar mahasiswa dalam mata kuliah pemodelan matematika pada aktivitas pertama dan kedua yang merupakan bagian dari lintasan belajar mata kuliah pemodelan matematika. Subjek penelitian ini adalah 31 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah pemodelan matematika tahun akademik 2018/2019. Penelitian ini dimulai dari tahap perencanaan yaitu analisis kajian materi pemodelan matematika dan perancangan Hypothetical Learning Trajectory (HLT). Selanjutnya, tahap eksperimen yaitu pengambilan data observasi, wawancara dan catatan lapangan selama dilaksanakan perkuliahan. Tahap terakhir penelitian yaitu retrospective analysis dari data yang telah dikumpulkan. Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh deskripsi kemampuan pemahaman konsep dasar pemodelan matematika dalam mengidentifikasi karakteristik dan menyelesaikan pemodelan matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ang, K. C. (2006). Mathematical modelling, technology and H3 mathematics.

Bahmaei, F., & others. (2014). Mathematical modelling in primary school, advantages and challenges. Journal of Mathematical Modelling and Application, 1(9), 3–13.

Blum, W., & Ferri, R. B. (2009). Mathematical modelling: Can it be taught and learnt? Journal of Mathematical Modelling and Application, 1(1), 45–58.

Blum, W., & Niss, M. (1991). Applied mathematical problem solving, modelling, applications, and links to other subjects—State, trends and issues in mathematics instruction. Educational Studies in Mathematics, 22(1), 37–68.

Burkhardt, H. (2006). Modelling in mathematics classrooms: Reflections on past developments and the future. ZDM, 38(2), 178–195.

Chan, C., Ng, K., Widjaja, W., & Seto, C. (2015). A case study on developing a teacher’s capacity in mathematical modelling. The Mathematics Educator, 16(1), 1–31.

Ebby, C. B. (2000). Learning to teach mathematics differently: The interaction between coursework and fieldwork for preservice teachers. Journal of Mathematics Teacher Education, 3(1), 69–97.

Freudenthal, H. (2012). Mathematics as an educational task. Springer Science & Business Media.

Garfunkel, S & Monthomery, M. (2019). GAIMME : Guidlines For Assesment & Instruction In Mathematical Modelling Education, Second edition. Philadelphia: COMAP& SIAM.

Gravemeijer, K. (2004). Local instruction theories as means of support for teachers in reform mathematics education. Mathematical Thinking and Learning, 6(2), 105–128.

Kurniadi, E., Darmawijoyo, D., Scristia, S., & Astuti, P. (2019). Kompetensi mahasiswa dalam mata kuliah pemodelan matematika berbasis pengembangan soal. Jurnal Elemen, 5(1), 54–63.

Ng,K.E.D. (2013). Teacher readiness in mathematical modelling: Are there difference between pre-service and in-service teachers? In G. Stillman et al. (Eds.), Teaching mathematical modelling: to research and practice,2013: 339-352.

Niss, M. (2003). Mathematical competencies and learning of mathematics: The Danish KOM Project. In; Gagatsis, A./Papastavridis, S. (Eds), 3rd Mediterranean Conference on Mathematical Education. Athens: The Hellenic Mathematical Society, 115-124

Republik Indonesia. (2007). Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta : Sekretariat Negara.

Widjaya, W. (2013) Building awareness of mathematical modeling in teacher education: a case study in indonesia. In Stillman, A.G., et al. Teaching Mathematical modeling: Connecting Research and Practice. 2013:583-595.

Published
2020-03-31
How to Cite
Kurniadi, E., Darmowijoyo, D., & Pratiwi, W. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Dasar Mahasiswa dalam Mengidentifikasi Karakteristik dan Menyelesaikan Soal Pemodelan Matematika. Jurnal Gantang, 5(1), 9-18. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.299