Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacles) Dalam Pembelajaran Geometri: Literatur Review

Authors

  • Diski Novianda Universitas Pendidikan Indonesia
  • Turmudi Turmudi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.2866

Keywords:

hambatan belajar, geometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan mengidentifikasi hambatan belajar yang sering terjadi di SMP pada beberapa materi  geometri selama lima tahun terakhir. Penelitian ini merupakan studi literatur dengan menganalisis hasil penelitian sebelumnya  yang identik. Dengan tahapan yaitu (1) mengidentifikasi artikel-artikel yang mengkaji hambatan belajar pada materi geometri, (2) menganalisis hambatan belajar yang ditemukan dalam mempelajari geometri, (3) mengidentifikasi kesamaan hambatan belajar dari beberapa materi geometri. Berdasarkan enam artikel utama yang di analisis dalam penelitian ini ditemukan beberapa hambatan belajar yang sering muncul pada materi di geometri yaitu: (1) hambatan ontogenik, yaitu kurangnya kemampuan dasar geometri yang dimiliki siswa dan materi yang yang diajarkan tidak disesuaikan dengan kemampuan yang telah dimiliki oleh siswa, (2) hambatan didaktik  meliputi (a) materi pada bahan ajar yang tidak di susun dengan benar dan terdapat kesalahan konsep pada bahan ajar yang di gunakan, (b) guru mengajarkan konsep yang tidak sesuai dengan konsep yang seharusnya, (3) hambatan epistemologis yaitu (a) kurangnya materi prasyarat yang telah dimiliki siswa untuk mempelajari materi yang sedang berlangsung, (b) materi yang di ajarkan hanya dari satu konteks, dan tidak dikaitkan dengan beberapa konteks yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussakir, A. (2012). Pembelajaran geometri sesuai teori Van Hiele. Madrasah, 2(1). https://doi.org/10.18860/jt.v2i1.1832

Alawiyah, A., Waluya, S. B., Priyono, A., & Prasetyo, B. (2018). Didactical situations of students ’ mathematical reasoning based on the learning obstacle on quadrilateral areas. Ujmer, 7(1), 196–203.

Asfyra, I. B. (2017). Konteks busana pada pembelajaran operasi bilangan rasional dengan pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.61

Brousseau, G. (2002). Theory of didactical situations in mathematics (N. Balacheff, M. Cooper, R. Sutherland, & V. Warfield, eds.). United States of America: Kluwer Academic Publishers.

Cesaria, A., & Herman, T. (2019). Learning obstacle in geometry. Journal of engineering science and technology, 14(3), 1271–1280.

Fuadiah, N. F., & Sawitri, Z. A. (2020). A new learning trajectory on the pyramid volume for secondary school. Journal of Physics: Conference Series, 1480(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1480/1/012028

Hidayat, C. R., Rosjanuardi, R., & Juandi, D. (2019). Epistemological obstacle on the topic of triangle and quadrilateral. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042110

Kemendikbud. (2018a). Permendikbud nomor 35 tahun 2018.

Kemendikbud. (2018b). Permendikbud nomor 36 tahun 2018.

Kusumaningsih, W., Supandi, S., & Ariyanto, L. (2020). Ethnomathematics for congruence concept: A didactical design in a mathematics classroom. Journal of Physics: Conference Series, 1663(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012036

Ma’rifah, N., Junaedi, I., & Mulyono. (2019). Tingkat kemampuan berpikir geometri siswa kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 4–7.

Mutia, M. (2017). Analisis kesulitan siswa SMP dalam memahami konsep kubus balok dan alternatif pemecahannya. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 83. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.107

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. United States of America.

Prayito, M. (2017). Learning obstacle on the material circumference and area of triangle in Limpung junior high school number 2. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(1), 64. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i1.5116

Setiadi, D. R., Mulyana, E., & Asih, E. C. M. (2019). Learning trajectory of three dimensions’ topic through analytical geometry approach. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032109

Setiadi, D. R., Suryadi, D., & Mulyana, E. (2017). Didactical design enrichment of angle in geometry. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012060

Sulistyowati, F., Budiyono, & Slamet, I. (2017). The didactic situation in geometry learning based on analysis of learning obstacles and learning trajectory. AIP Conference Proceedings, 1913. https://doi.org/10.1063/1.5016657

Sunariah, L., & Mulyana, E. (2020). The didactical and epistemological obstacles on the topic of geometry transformation. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032089

Suryadi, D. (2019a). Landasan filosofis penelitian Desain Didaktis (DDR). In Landasan Filosofis Penelitian Desain Didaktis (DDR). Bandung: Gapura Press.

Suryadi, D. (2019b). Penelitian Desain Didaktis (DDR) dan implementasinya (1st ed.; A. S. Maulida, ed.). Bandung: Gapura Press.

TIMSS. (2012). Timss 2011 international results in mathematics. In TIMSS & PIRLS International Study Center (Vol. 2012).

Usiskin, Z. (1982). Van Hiele levels and achievement in secondary school geometry. Chicago: University of Chicago.

Published

2022-01-25

How to Cite

Novianda, D., & Turmudi, T. (2022). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacles) Dalam Pembelajaran Geometri: Literatur Review. Jurnal Gantang, 6(2), 133–139. https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.2866