Analisis Kesulitan Siswa dalam Kegiatan Transformasional Berpikir Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.31629/jg.v6i1.2523Keywords:
berpikir aljabar, kegiatan transformasional, siswa SMPAbstract
Kemampuan berpikir aljabar meliputi kegiatan generasional, transformasional, dan global meta-level. Dari ketiga kegiatan, rata-rata kemampuan siswa SMP kelas VII pada kegiatan transformasional lebih rendah dibandingkan kegiatan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) kemampuan berpikir aljabar khususnya dalam kegiatan transformasional dan 2) kesulitan dialami siswa dalam menyelesaikan soal kegiatan transformasional siswa SMP kelas VII. Subjek penelitian ini adalah 95 siswa dari 3 SMP di Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah 2 butir soal uraian yang memuat kegiatan transformasional dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pada aspek menggunakan representasi untuk memanipulasi pernyataan, sebanyak 21% siswa dapat memanipulasi pernyataan dengan benar. Hal tersebut disebabkan karena siswa kesulitan dalam membalik urutan operasi atau membagi atau mengalikan dengan ekspresi yang mungkin sama dengan nol atau dapat dikatakan siswa sering mengabaikan variabel saat melakukan operasi bentuk aljabar; (2) Pada aspek menentukan nilai variabel yang belum diketahui, hanya 9% siswa yang menjawab benar. Hal tersebut disebabkan siswa SMP kesulitan dalam menerapkan operasi terhadap variabel dan memahami makna dari tanda sama “=â€ÂÂ.
Downloads
References
Booker, G. (2009). Algebraic thinking: Generalising number and geometry to express patterns and properties succinctly. Griffith University. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.1002.2796&rep=rep1&type=pdf
Drijvers, P., Goddijn, A., & Kindt, M. (2011). Algebra education: Exploring topics and themes. In P. Drijvers (Ed.), Secondary Algebra Education: Revisiting Topics and Themes and Exploring the Unknown. Sense Publishers. https://link.springer.com/content/pdf/10.1007/978-94-6091-334-1.pdf
Ferrucci, B. J. (2004). Gateways to algebra at the primary level. The Mathematics Educator, 8(1),131–138. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.582.6198&rep=rep1&type=pdf
Groth, R. E. (2013). Teaching mathematics in grades 6-12: Developing research-based instructional practices. SAGE Publications, Inc. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=MrR1AwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Teaching+mathematics+in+grades+6-12:+Developing+research-based+instructional+practices.+&ots=PKGEYleRn-&sig=79gRJ15OCzp0e0jgiuwXlpfs42I
Kieran, C. (2004). Algebraic thinking in the early grades : What is it? Mathematics Educator, 8(1),139–151. https://www.researchgate.net/profile/Carolyn_Kieran/publication/228526202_Algebraic_thinking_in_the_early_grades_What_is_it/links/53d6e3110cf220632f3df08a.pdf
Kieran, C. (2007). Learning and teaching algebra at the middle school through college levels. In Second Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning (pp. 707–762).
Kieran, C. (1998). The changing face of school algebra. 8th International Congress on Mathematics Education, 271–290.
Kriegler, S. (2007). Just what is algebraic thinking? In Teacher handbook (pp. 7–18).
Lew, H. (2004). Developing algebraic thinking in early frades: Case study of korean elementary school mathematics. The Mathematics Educator, 8(1), 88–106. https://pdfs.semanticscholar.org/91b6/432abf8d00c3d6adee02573a1913c5b9173c.pdf
McNeil, N., Grandau, L., Knuth, E. J., Alibali, M., W., Stephens, A. C., Hattikudur, S., Krill, & E., D. (2006). Middle-school students’ misunderstanding of the equal sign: The books they read can’t help. Cognition and Instruction, 24(3), 367–385. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1207/s1532690xci2403_3
Panasuk, R. M., & Beyranevand, M. L. (2010). Algebra students’ ability to recognize multiple representations and achievement. International Journal for Mathematics Teaching and Learning. http://www.cimt.org.uk/journal/panasuk.pdf
Permatasari, D., & Harta, I. (2018a). Kemampuan berpikir aljabar siswa sekolah pendidikan dasar kelas V dan kelas VII: Cross-sectional study. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 99–115. https://www.neliti.com/publications/260931/kemampuan-berpikir-aljabar-siswa-sekolah-pendidikan-dasar-kelas-v-dan-kelas-vii
Permatasari, D., & Harta, I. (2018b). The Gap between the beginning and the end of algebraic thinking transition period. International Journal on Emerging Mathematics Education, 2(1), 79. https://doi.org/10.12928/ijeme.v2i1.8655
Pratiwi, W. D., Kurniadi, E., & Sriwijaya, U. (2018). Transisi kemampuan berpikir aritmatika ke kemampuan berpikir aljabar pada pembelajaran matematika. Jurnal Gantang, III(1), 1–8. http://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/article/view/388
Van de Walle, J. A. (2008). Matematika sekolah dasar dan menengah: Pengembangan pengajaran (2nd ed.). Erlangga.
Wijaya, A. (2016). Aljabar: Tantangan beserta pembelajarannya. Jurnal Gantang, 1(1), 1–14. http://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/article/download/1/1
Wilson, K., Ainley, J., & Bills, L. (2003). Comparing competence in transformational and generational algebraic activities. Proceedings of the 27th Conference of the International Group for the Psychology of nMathematics Education Held Jointly with the 25th Conference of PME-NA, 4, 427–434. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED501158.pdf
Windsor, W. (2008). Algebraic thinking : A problem solving approach. Proceedings of the 33rd Annual Conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia, 665–672. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED521033.pdf
Windsor, W. J. J., & Ed, M. (2008). algebraic thinking- more to do with why , than X and Y. HTW Dresden., 592–595. https://slub.qucosa.de/api/qucosa%3A1828/attachment/ATT-0/?L=1