Pengembangan Soal untuk Mengukur Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa

  • Wandy Suhady Universitas Riau
  • Yenita Roza Universitas Riau
  • Maimunah Maimunah Universitas Riau

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan instrument soal HOTS yang valid untuk dapat mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model tessmer dengan tahapan analisis, perancangan, pengembangan, formatively evaluate, Summatevely Evaluate. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan software anates. Hasil dari penelitian ini adalah instrumen soal yang valid dari aspek materi dengan nilai 3,1, konstruksi dengan nilai 3,3 dan bahasa dengan nilai 3,3.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, A. N., & Widayati, A. (2012). Analisis butir soal tes kendali mutu kelas XII SMA mata pelajaran ekonomi akuntansi di Kota Yogyakarta tahun 2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.919

Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan instrumen pengukur higher order thinking skills matematika siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14058

Bidasari, F. (2017). Pengembangan soal matematika model PISA pada konten quantity untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 63–77. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.59

Budiman, A., & Jailani, J. (2014). Pengembangan instrumen asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada mata pelajaran matematika SMP Kelas VIII semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 139. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2671

Cahyani, F. D., & Manoy, J. T.(2017). Pengembangan soal matematika open-ended untuk materi segiempat dan segitiga. MATHEdunesa, 1(10),1-9

Chandra, F. E., Siskawati, F. S., & Lutfiah, H. (2019). Pentingnya meningkatkan HOTS dan AQ siswa guna mempersiapkan siswa menghadapi era revolusi industri 4.0 bagi guru SMKS Al-Akhyar Wonokusumo Bondowoso. Jurnal Pengamas, 2(2), 95–103.

Dasar, D. I. S. (2017). Pengembangan soal tes berbasis hots pada model pembelajaran latihan penelitian di sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 74–83.

Fanani, M. Z. (2018). Strategi pengembangan soal HOTS pada kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic:Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190 doi: https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47

Hartini, T. I. (2020). Pengembangan instrumen soal HOTS (High Order Thinking Skill ) pada mata kuliah fisika dasar 1. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 18–21.

Hawa, A. M., & Putra, L. V. (2018). PISA untuk siswa Indonesia. Janacitra, 1(1), 1–8.

Lastuti, S. (2018). Pengembangan bahan ajar berbasis HOTS untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 191–197. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.16341

Lewy, L. (2013). Pengembangan soal untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi pokok bahasan barisan dan deret bilangan di kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.22342/jpm.5.1.821.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan Menggunakag) di SMPn model pembelajaran generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Order, H., & Skills, T. (2017). Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) pada soal objektif tes dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (Ips) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 187–195.

Rahaju, E. B., Fardah, D. K., & Wijayanti, P. (2020). Kemampuan guru-guru matematika SMP Kabupaten Ponorogo dalam mengembangkan soal Berpikir Tingkat Tinggi Pendahuluan. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(01), 75–81.

Rahayu, L. P., Nugroho, A. S., Santoso, M., & Widodo, S. (2018). Pengembangan Soal Matematika Hots ( Higher Order Thinking Skills ) Kelas X Berdasarkan Triple Theory. Efektor, 5(2), 117-125. https://doi.org/10.29407/e.v5i2.12234

Rif, A., Serevina, V., & Delina, M. (2018). The development of High Order Thinking Skills (HOTS) assessment instrument for temperature and heat learning. JPPPF, 4(1),19-26 https://doi.org/10.21009/1.04103.

Solving, P., Matematika, P., & Solving, P. (n.d.). 4C dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Prosising Sendika, 5(1), 2–6.

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis soal-soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk mendukung kemampuan literasi siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876–884. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20393

Yerizon, Y. (2019). Pengembangan lembaran kerja matematika SMP berbasis pendekatan metakognisi untuk meningkatkan higher order thinking skill peserta didik. Jurnal Gantang, 4(2), 143–153. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1418

Zaini, M., & Hidayati, N. (2019). Keefektivan perangkat rencana pelaksanaan pembelajaran melalui penelitian berbasis perancangan effectiveness of lesson plan device through design based research. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 74–82.

Published
2020-09-30
How to Cite
Suhady, W., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Soal untuk Mengukur Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa. Jurnal Gantang, 5(2), 143-150. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2518