Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Trigonometri

Abstract

Hasil-hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa trigonometri menjadi salah satu mata kuliah yang konsepnya sulit dipahami mahasiswa. Penelitian ini bermaksud mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa pada mata kuliah trigonometri. Terdapat empat indikator pemahaman konsep matematis yang diukur yaitu (1) menyatakan ulang sebuah konsep; (2) konsep disajikan ke berbagai bentuk representasi matematis; (3) menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu; (4) mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah. Dengan metode deskriptif kualitatif penelitian ini melibatkan seluruh mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Riau Kepulauan tahun akademik 2019/2020. Metode tes dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Tes yang di gunakan berbentuk soal essay yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa secara keseluruhan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa masih tergolong rendah. Persentase pencapaian indikator pemahaman konsep matematis terendah pada indikator kedua yaitu 40,09%, disusul oleh indikator keempat yaitu 47,41%, serta indikator pertama dan ketiga dengan persentase pencapaian yang sama yaitu 53,02%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Mutawah, M. A., Thomas, R., Eid, A., Mahmoud, E. Y., & Fateel, M. J. (2019). Conceptual understanding, procedural knowledge and problem-solving skills in mathematics: High school graduates work analysis and standpoints. International Journal of Education and Practice, 7(3), 258–273. https://doi.org/10.18488/journal.61.2019.73.258.273

Ali, T. (2011). Exploring students’ learning difficulties in secondary mathematics classroom in Gilgit-Baltistan and teachers’ effort to help students overcome these difficulties. Bulletin of Education and Research, 33(1), 47-69.

Asfar, A. M. Irfan Taufan., Asmawaty, & Nursyam, A. (2019). Mathematical concept understanding: the impact of integrated learning model. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 211–222.

Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Developing the students’ ability in understanding mathematics and self-confidence with VBA for excel. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 4(1), 45–56. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v4i1.6349

Creswell, J. W. (2012). Educational research, planning, conducting and evaluating quantitative and qualitative research (Fourth Edition). Lincoln: Pearson.

Eggen Paul, D. K. (2012). Strategi dan model pembelajaran konten dan keterampilan berpikir. Jakarta: Indeks.

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematis melalui penggunaan media kantong bergambar pada materi perkalian bilangan di kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32–44. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Gitaari, E. M. E., Nyaga, G., Muthaa, G., & Reche, G. (2013). Factors contributing to students poor performance in mathematics in Public Secondary Schools in Tharaka South District, Kenya. Journal of Education and Practice, 4(7), 93–100.

Guilford, J. P. (1957). Fundamental statistics in psychology and education. Mc-Graw Hill Book Co. Inc. https://doi.org/10.1002/sce.3730410357

Gur, H. (2009). Trigonometry learning. New Horizons in Education, 57(1), 67–80.

Hadi, S., & Kasum, M. U. (2015). Pemahaman konsep matematika siswa SMP melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe memeriksa berpasangan (Pair Checks), EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 59–66. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.630

Haswati, D., & Nopitasari, D. (2019). Implementasi bahan ajar persamaan diferensial dengan metode guided discovery berbantuan software mathematica untuk meningkatkan pemahaman konsep. Jurnal Gantang, 4(2), 97–102. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1358

Isleyen, T. (2003). Conceptual and prosedural learning in mathematics. Journal of the Korea Society of Mathematical Education Series, 7(2), 91–99.

Kamalia, F. F., Basir, M. A., & Ubaidah, N. (2020). Analisis pemahaman matematis siswa pada materi trigonometri. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 3(1), 28. https://doi.org/10.30738/indomath.v3i1.6164

Karim, A., & Nurrahmah, A. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematis mahasiswa pada mata kuliah teori bilangan. Jurnal Analisa, 4(1), 24–32. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2101

Kartika, Y. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMP pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777–785.

Permendiknas Nomor 22, (2006).

Kesumawati, N. (2010). Peningkatan kemampuan pemahaman, pemecahan masalah, dan disposisi matematis siswa melalui pendekatan pendidikan matematika realistik (Disertasi, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia). Retreived from http://repository.upi.edu/7975/

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Mensah, F. S. (2017). Ghanaian senior high school students’ error in learning of trigonometry ghanaian senior high school students’ error in learning of trigonometry. International Journal of Environmental & Science Education, 12(8), 1709–1717.

Mustamir, A. (2019). Application of demonstration methods to improve learning achievement in cultural arts subject and skills of filter art graphic materials in class IX E students of SMP Negeri 3 Surabaya. Indonesian Journal of Contemporary Education, 1(1), 15–17.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston: NCTM, Inc.

Nurmeidina, R., & Djamilah, S. (2019). Pelatihan tips dan trik trigonometri mudah untuk siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 362–365.

Orhun, N. (2010). The Gap between real numbers and trigonometric relations. Quaderni di Ricerca in Didattica (Matematica), 20, 175-184.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 59, (2014).

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear dengan prosedur newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185.

Raj Acharya, B. (2017). Factors affecting difficulties in learning mathematics by mathematics learners. International Journal of Elementary Education, 6(2), 8-15. https://doi.org/10.11648/j.ijeedu.20170602.11

Rismawati, M. & Hutagaol, A. S. R. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(1), 91–105. https://doi.org/10.1063/1.4914609

Rohimah, S. M., & Prabawanto, S. (2019). Student’s difficulty identification in completing the problem of equation and trigonometry identities. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(1), 34. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i1.50

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaiful, S., Aprillya, S., & Anggraeni, E. (2020). Pengaruh strategi pembelajaran everyone is a teacher here (ETH) ditinjau dari gaya kognitif terhadap pemahaman konsep matematika. Jurnal Gantang, 5(1), 51–59. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1562

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL mata pelajaran matematika SMP/MTS untuk optimalisasi pencapaian tujuan. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Weber, K. (2005). Students’ understanding of trigonometric functions. Mathematics Education Research Journal, 17(3), 91–112. https://doi.org/10.1007/BF03217423

Wulandari, S., & Gusteti, M. U. (2020). Analisis kesalahan menyelesaikan soal trigonometri siswa kelas X SMA. Math Educa Journal, 4(1), 64–80.

Published
2020-09-30
How to Cite
Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Trigonometri . Jurnal Gantang, 5(2), 123-132. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2493