Analisis Kesalahan dalam Penyelesaian Permasalahan Persamaan Diferensial Linier Orde Pertama: Studi Kasus Mahasiswa Teknik Telekomunikasi ITTP

  • Nurlaili Nurlaili Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Utti Marina Rifanti Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Abstract

Kemampuan menggunakan dasar keilmuan matematika dalam bidang telekomunikasi merupakan salah satu capaian pembelajaran lulusan (CPL) Program Studi Teknik Telekomunikasi Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Penguasaan terhadap materi persamaan diferensial linier orde satu merupakan salah satu komponen penting dalam pencapaian CPL tersebut namun hasil evaluasi terhadap jawaban mahasiswa pada topik ini menunjukan tingkat kesalahan yang tinggi. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis kesalahan dalam penyelesaian persamaan diferensial orde satu oleh mahasiswa dan menentukan faktor-faktor penyebab kesalahan tersebut sehingga dapat mengurangi permasalahan yang sama pada masa mendatang. Penelitian menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif terhadap subjek penelitian mahasiswa kelas S1TT-06-A yang dipilih melalui metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara sedangkan analisis jawaban menggunakan panduan kriteria Watson dan menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, persentase kesalahan kategori data tidak tepat sebesar 20%, ketidaktepatan prosedur sebesar 22,86 %, data hilang sebesar 2,85%, kategori simpulan yang hilang sebesar 11,43%, hirarki keterampilan sebesar 5,71%, kategori konflik level respon dan masalah manipulasi tidak langsung sebesar 0% dan kesalahan di luar kriteria yang tujuh sebesar 14,29%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiawan, Y. (2015). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal induksi matematika di IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(1), 147–163.

Dwinata, A., & Ramadhona, R. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam pemecahan problematika kaidah pencacahan titik sampel. Jurnal Gantang, 3(2), 117–126. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.479

Haswati, D., & Nopitasari, D. (2019). Implementasi bahan ajar persamaan diferensial dengan metode guided discovery berbantuan software mathematica untuk meningkatkan pemahaman konsep. Jurnal Gantang. 4(2), 97–102. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1358

Huljannah, M., Sugita, G., & Anggraini. (2015). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan dan identitas trigonometri berdasarkan kriteria watson di kelas X SMA Al-Azhar Palu. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 164–176.

Isran. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan berfikir kritis materi fungsi eksponen dengan panduan kriteria watson. Kontinu Jurnal Pendidikan Didaktik Matematika,1(1), 43-57. http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.1.1.43-57

Munawaroh, N., Rohaeti, E. E., & Aripin, U. (2018). Analisis kesalahan siswa berdasarkan kategori kesalahan menurut watson dalam menyelesaikan soal komunikasi matematis siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 993–1004.

Ningsih, N., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal lingkaran berdasarkan kategori watson. UNION : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 187–200.

Nur, F., Aisyah, K., Hariyani, S., Nur, R., & Dinullah, I. (2019). Analisis kesalahan penyelesaian soal cerita berdasarkan kriteria watson. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(1), 11–22. https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.1.11-22

Nurhikmah, S., & Febrian, F. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan integral tak tentu. Jurnal Tatsqif, 14(2). https://doi.org/10.20414/j-tatsqif.v14i2.1074

Purcell, E. ., & Varberg, D. (2016). Calculus with analytic geometry, 5th Edition (5th ed.; N. I. Susila, B. Kartasasmita, & Rawuh, Eds.). Jakarta: Erlangga.

Rejeki, S. (2015). Kontribusi kemampuan kalkulus i dan kalkulus ii terhadap hasil belajar mata kuliah analisis vektor. JPM IAIN Antasari, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Rosmaiyadi. (2018). Analisis kesalahan penyelesaian soal aljabar pada mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 59–70.

Salvia, J., Ysseldyke, J., & Bolt, S. (2011). Assessment: in special and inclusive education (11th ed.). Belmont: Wadsworth.

Saputri, R. R., Sugiarti, T., Pratama, R., Trapsilasiwi, D., & Yudianto, E. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi fungsi berdasarkan kriteria watson ditinjau dari perbedaan gender siswa SMP kelas VIII. Kadikma, 9(2), 59–68.

Simons, G. E. (2017). Differential equations with applications and historical notes (3rd ed.). Boca Raton: CRC Press.

Telekomunikasi, T. (2018). Kurikulum teknik telekomunikasi tahun 2018. Purwokerto.

Published
2020-03-31
How to Cite
Nurlaili, N., & Rifanti, U. M. (2020). Analisis Kesalahan dalam Penyelesaian Permasalahan Persamaan Diferensial Linier Orde Pertama: Studi Kasus Mahasiswa Teknik Telekomunikasi ITTP. Jurnal Gantang, 5(1), 29-37. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1742