Penerapan Lesson Study pada Perkuliahan Pengantar Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.1017Keywords:
aljabar, lesson study, kualitas pembelajaran, proses pembelajaranAbstract
The quality of learning is an important thing that must be the attention of lecturers. The quality of learning can be improved through collaboration between lecturers in the implementation of lesson study. This research aims to describe the implementation of lesson study in introductory algebra. This research is a descriptive qualitative study. The research subjects were first semester students of mathematic education consisting of 27 students. Data collected in form of students learning outcomes and learning process data in the implementation of lesson study. Data collection thechniques in the form written tests, observation, discussion, and video documentation. Test data analysis was carried out by giving a score to the test results, while the learning activities data were analyzed by describing the implementation of learning. The result of the study show that the implementation of lesson study which consists of the plan, do, and see stages has been well implementated. Student learning outcomes also show good results
Downloads
References
Almujab, S., Yogaswara, S. M., & Novendra, A. M. (2018). Penerapan lesson study melalui metode project based learning untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran di FKIP UNPAS. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(2), 139–148. https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2352
Anjani, K. D., Fatchan, A., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis turnamen dan games terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1787–1790. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i9.6812
Ario, M. (2018). Implementasi lesson study untuk menumbuhkan keaktifan belajar dan kerjasama mahasiswa. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(1), 1–11.
Fatra, M. (2016). Implementasi pendekatan matematika realistik menggunakan bahan ajar geometri berbentuk cerita terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah siswa. Tanzim Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan, 10(1), 110–121.
Febriyanti, M., Ana, A., & Sunarsih, S. (2017). Pelaksanaan lesson study dalam perkuliahan bimbingan perawatan anak. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 129–144. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4862
Hakim, A. R., Soetjipto, B. E., & Hanurawan, F. (2017). Kolaborasi model fun-n-pick dan team game tournament dalam meningkatkan self esteem. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 6(1), 14–25. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.551
Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Infinity Journal, 2(1), 85–99. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.27
Lailatussaadah. (2015). Upaya peningkatan kinerja guru. Intelektualita, 3(1), 15–25.
Martinawati, M., Kamid, K., & Asyar, R. (2013). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Tekno-Pedagogi, 3(2), 52–63.
Paliling, J. S. (2013). Pengaruh model diskusi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sangalla. Jurnal KIP, 2(3), 267–274.
Pratiwi, W. D., & Kurniadi, E. (2018). Transisi kemampuan berpikir aritmatika ke kemampuan berpikir aljabar pada pembelajaran matematika. Jurnal Gantang, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.31629/jg.v3i1.388
Prayekti, & Rasyimah. (2012). Lesson study untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(1), 54–64. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i1.69
Rosiyanti, H. (2015). Implementasi pendekatan pembelajaran konstruktivisme terhadap pemahaman konsep matematika mahasiswa materi transformasi linier. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(2), 25. https://doi.org/10.24853/fbc.1.2.25-36
Santia, I. (2016). Peningkatan soft skill mahasiswa calon guru matematika melalui critical lesson study. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 157–168. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.247
Syarifah, L. L. (2017). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah pembelajaran matematika SMA II. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 57–71. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031
Tuerah, P. E. A. (2014). Dampak lesson study terhadap mata pelajaran matematika SMP Sulawesi Utara. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18(2), 234–245. http://dx.doi.org/10.21831/pep.v18i2.2864
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (t.t.).
Widayanti, E. R., & Slameto, S. (2016). Pengaruh penerapan metode teams games tournament berbantuan permainan dadu terhadap hasil belajar IPA. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 182–195. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p182-195
Widyaningrum, D. A. (2016). Penerapan model problem based learning (PBL) dipadu student team achievement division (STAD) melalui lesson study (LS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa MAN 3 Malang. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(1), 27–34. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.86
Wijaya, A. (2016). Aljabar : tantangan beserta pembelajarannya. Jurnal Gantang, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.31629/jg.v1i1.1
Yanti, A. R., Musdi, E., & Putra, A. A. (2014). Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap hasil belajar matematika di kelas VIII SMPN 2 Bukittinggi tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–5.
Zubaidah, S. (2010). Lesson study sebagai salah satu model pengembangan profesionalisme guru. Makalah pada Pendidikan dan Pelatihan Nasional dengan tema “Profesionalisme Guru melalui Kegiatan Lesson Study", 15–28.