ANALISIS KINERJA UMKM MITRA BINAAN PT CHEVRON PACIFIC INDONESIA DENGAN MOTIVASI USAHA SEBAGAI VARIABEL MODERASI

  • Harry Universitas Riau
  • Machasin Universitas Riau
  • Sakdanur Universitas Riau
Keywords: pengalaman kerja, keterampilan, Networking, kinerja UMKM

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada UMKM Binaan PT Chevron Pacific Indonesia di Riau.

Tujuannya adalah untuk mengetahui efek langsung dari pengalaman kerja, keterampilan dan Networking terhadap kinerja UMKM dengan motivasi usaha sebagai variabel Moderasi. Penelitian mengambil Sampel sebanyak 70 UMKM. Variabel yang digunakan adalah pengalaman, keterampilan, Networking, Kinerja UMKM dan Motivasi Usaha sebagai Moderasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling).

Hasil penelitian menunjukan bahwa usia 40-49 tahun merupakan usia yang memiliki kinerja yang sangat baik dengan nilai 4,20. Dan jenis kelamin perempuan memiliki kinerja yang baik dengan nilai 4,10. Kemudian hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengalaman kerja, keterampilan dan Networking terhadap kinerja UMKM. sedangkan pengalaman kerja dan keterampilan yang dimoderasi dengan motivasi usaha tidak berpengaruh terhadap kinerja UMKM. Sedangkan networking yang dimoderasi oleh motivasi usaha berpengaruh terhadap kinerja UMKM.

Published
2020-11-18
How to Cite
Kurniawan, H., Machasin, M., & Nas, S. (2020). ANALISIS KINERJA UMKM MITRA BINAAN PT CHEVRON PACIFIC INDONESIA DENGAN MOTIVASI USAHA SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Bahtera Inovasi, 4(1), 54 - 63. Retrieved from https://ojs.umrah.ac.id/index.php/bahterainovasi/article/view/2758