Pembimbingan persiapan menghadapi Kompetisi Sains Madrasah bidang matematika terintegrasi

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i1.6526

Kata Kunci:

matematika terintegrasi, Kompetensi Sains Madrasah, pembimbingan

Abstrak

Kementerian Agama Republik Indonesia setiap tahun menyelenggarakan acara Kompetisi Sains Madrasah (KSM) sebagai sarana berkompetisi siswa madrasah. MTs Negeri 3 Sleman selama ini masih berada pada peringkat yang belum memuaskan sehingga ingin meningkatkan peringkat dalam ajang tersebut. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan memfasilitasi peningkatan kemampuan siswa pada pemecahan masalah soal KSM Matematika dengan mengadakan pembimbingan menghadapi KSM khususnya bidang matematika terintegrasi.  Kegiatan pembimbingan ini menggunakan metode dengan tahapan yaitu: 1) Persiapan, berupa koordinasi dengan pihak terkait; 2) Pelaksanaan, berupa pretes, pendalaman materi matematika dan keagamaan, serta membahas soal KSM bidang matematika terintegrasi, dan posttes; 3) Monitoring dan Evaluasi, berupa analisis keterlaksanaan kegiatan. Data diperoleh dari tes dan dianalisis dengan rata-rata. Berdasarkan hasil tes dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan penguasaan peserta pembimbingan dalam mengerjakan latihan soal-soal KSM bidang matematika terintegrasi. Kesimpulan dari hasil wawancara adalah bahwa kegiatan pembimbingan ini sangat bermanfaat dan dapat menambah minat peserta dan kesiapan peserta pembimbingan untuk mewakili madrasah mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) pada bidang matematika terintegrasi. Kepala madrasah, guru matematika, dan wakil kepala madrasah juga sangat mengapresiasi dan berharap kegiatan ini berlanjut pada semester berikutnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ariningsih, I., & Amalia, R. (2020). Membangun karakter siswa melalui pembelajaran matematika yang berintegrasi keislaman. Journal On Teacher Education Research & Learning in Faculty of Education J, 1(2), 1–8.

Carolina, D., Safitri, N., & Sukmanasa, E. (2020). Analisis motivasi belajar peserta didik kesulitan berhitung permulaan. PEDAGOGIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 12(2).

Farhurohman, O. (2017). Faktor kunci keberhasilan komponen penyusunan manajemen perencanaan stategis sekolah. TARBAWI, 3(01), 77–89.

Fauziyah, E. (2022). Relationship between learning motivation and learning difficulties for class XI students at SMA BU NU Bumiayu. GUIDING WORLD JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING, 5(2).

Fitrah, M., & Kusnadi, D. (2022). Integrasi nilai-nilai Islam dalam membelajarkan matematika sebagai bentuk penguatan karakter peserta didik. Jurnal Eduscience (JES), 9(1), 152–167.

Hakim, W. (2021). Analisis kebutuhan bahan ajar matematika terintegrasi agama berbasis AKM. JURNAL PUSAKA, 10(1), 29–39. https://doi.org/10.35897/ps.v10i1.596

Hikmah, N., & Haqiqi, A. K. (2021). Pengembangan e-modul matematika terintegrasi nilai-nilai Islam berbasis pendekatan saintifik pada materi bentuk aljabar. Focus Action of Research Mathematic, 4(1), 125–140. https://doi.org/10.30762/factor-m.v4i1.3438

Ijtahidah, F. F., & Nisa’, R. (2023). Pengembangan soal literasi numerasi SMP yang terintegrasi Islam. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1–8. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1596

Imamuddin & Isnaniah. (2023). Peranan integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran matematika. Kaunia: Integration and Interconnection of Islam and Science Journal, 19(1), 15–21.

Imamuddin, M., Musril, H. A., & Isnaniah, I. (2022). Pengembangan soal literasi matematika terintegrasi Islam untuk siswa madrasah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1355. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4830

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2023). Petunjuk teknis pelaksanaan KSM tahun 2023.

Liana, M., Sarkity, D., Elvi, M., & Fitriyah, D. (2019). Pembekalan pra-OSN menggunakan soal-soal problem solving berbasis representasi multimodus bagi siswa SMP. Jurnal Anugerah, 1(2), 59–69. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1784

Magdalena, I., Septina, Y., Az-Zahra, R., & Pratiwi, A. D. (2020). Cara mengembangkan bakat peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(3). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Mardliyah, A. L. (2020). Strategi madrasah dalam menjaga stabilitas prestasi peserta didik pada kompetisi sains madrasah (KSM). UIN Maulana Malik Ibrahim.

Mutijah. (2018). Model integrasi matematika dengan nilai- nilai Islam dan kearifan lokal budaya dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–75.

M.Z., D. S., Riana, R., Sunardi, S., & Bertaqwa, A. G. (2022). Bimbingan kepada siswa/i MTs dalam menyelesaikan soal-soal kompetensi sains madrasah (KSM) bidang matematika terintegrasi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1297. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10447

Rahmi, F. (2022). Program pendampingan kegiatan kompetisi sains madrasah bidang matematika terintegrasi di Kabupaten Lima Puluh Kota. The 4th International Conference on University-Community Engagement (ICON-UCE), 256–261.

Risanti, D. (2022). Peningkatan kualitas PKM (program kreativitas mahasiswa) di perguruan tinggi Surabaya. Sewagati, 6(5). https://doi.org/10.12962/j26139960.v6i5.422

Sulaiman, S., & Nurisman, F. D. (2022). Pengaruh motivasi belajar terhadap kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah statistik sosial prodi Pendidikan Agama Islam. FONDATIA, 6(4), 1122–1136. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i4.2373

Syawahid, M., & Retnawati, H. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika terintegrasi dengan pengembangan kecerdasan emosional dan spiritual. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 12. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2654

Yuniati, S., & Sari, A. (2018). Pengembangan modul matematika terintegrasi nilai-nilai keislaman melalui pendekatan realistic mathematics education (RME) di Propinsi Riau. Jurnal Analisa, 4(1), 157–165. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.1588

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Suparni, S., & Azka, R. (2024). Pembimbingan persiapan menghadapi Kompetisi Sains Madrasah bidang matematika terintegrasi. Jurnal Anugerah, 6(1), 21–30. https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i1.6526