Sosialisasi pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosi anak di Desa Palangan Kabupaten Lamongan

Penulis

  • Ayu Ismi Hanifah Universitas Islam Lamongan
  • Nur Hamiyah Universitas Islam Lamongan
  • M. Mahbub Junaidi Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i1.6424

Kata Kunci:

sosialisasi, pola asuh, perkembangan emosi anak

Abstrak

Pola asuh merupakan cara mendidik anak dalam memberikan dorongan untuk mengubah sikap yang tepat dalam bermasyarakat. Pola asuh dapat dimulai dari interaksi yang terjadi antara anak dan orang tua yang dapat mendorong perkembangan anak sejak dini, tak terkecuali perkembangan emosi anak. Perkembangan emosi anak merupakan salah satu aspek yang dimiliki seseorang sejak lahir dan dapat berkembang sesuai dengan lingkungan yang dapat memengaruhi. Namun, pengetahuan mengenai pola asuh di Desa Palangan sangat rendah. Mengingat pentingnya hal ini maka pengabdi berinisiatif memberikan sosialisasi mengenai pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosi anak. Tujuan sosialisasi ini adalah memberikan pemahaman mengenai pola asuh orang tua yang dapat berpengaruh pada perkembangan emosi anak. Teknik pengumpulan data berasal dari observasi lapangan, responss serta pengisian kuesioner. Pada kegiatan sosialisasi ini terbagi menjadi tiga, diantaranya yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Dari hasil sosialisasi yang dilakukan diperoleh bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dan kemampuan orang tua dalam menerapkan pola asuh yang baik dalam hal mengembangkan kemampuan emosional anak. Adapun poin penting yang diperoleh, diantaranya yaitu orang tua harus mengikuti zaman, dalam mengasuh anak harus dengan kelembutan bukan kekerasan, hubungan dengan keluarga harus harmonis, koordinasi yang baik dengan keluarga, dapat mengetahui bakat dan minat anak, serta tirakat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anisah, A. S., Sapriya, Hakam, K. A., & Syaodih, E. (2021). Perkembangan sosial, emosi, moral anak dan implikasinya terhadap pembentukan sikap sosial siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia,

(1). https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.262

Astuti, E. (2020). Pola asuh orang tua berhubungan dengan perkembangan emosi (EQ) anak. Jurnal Keperawatan, 8(2). https://doi.org/10.47560/kep.v8i2.126

Atika, A. N. (2019). Enam metode pola asuh orang tua untuk peningkatan social skills. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1). https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.4772

Azzahra, A. A., Shamhah, H., Kowara, N. P., & Santoso, M. B. (2022). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan mental remaja. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.37832

Daviq, C. (2019). Analisis kemandirian anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3351

Dhiu, K. D., & Fono, Y. M. (2022). Pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini.

EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.51878/edukids.v2i1.1328 Dilanti, M. R., Sari, D. N., & Nasution, A. S. (2020). Pola asuh orang tua dengan perkembangan sosialisasi dan

kemandirian anak usia 3-6 Tahun. Jurnal Bidan Pintar, 1(1). https://doi.org/10.30737/jubitar.v1i1.746 Handayani, R., Purbasari, I., & Setiawan, D. (2020). Tipe-tipe pola asuh dalam pendidikan keluarga. Refleksi Edukatika:

Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE

Hardin, F. (2020). Hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional anak usia pra sekolah. Jurnal Amanah Kesehatan, 2(1). https://doi.org/10.55866/jak.v2i1.34

Hikmawati, L., Arbarini, M., & Suminar, T. (2023). Pola asuh anak usia dini dalam penanaman perilaku sosio emosional anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3587

HM, M. E. (2016). Mengelola kecerdasan emosi. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 198–213.

Irmalia, S. (2022). Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal El-Hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan, 5(1).

Isnaini, I. N., Rati, N. W., & Suranata, K. (2021). peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar pada masa pembelajaran daring. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2).

Jannah, M. (2018). Konsep keluarga idaman dan islami. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(2). https://doi.org/10.22373/equality.v4i2.4538

Khairiah, D. (2018). Assesmen perkembangan sosio-emosional anak usia dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 1(2), 1-22.

Kurmalasari, T., Atmadinata, A., Swastiwi, A. W., Habiba, S., & Tampubolon, R. O. (2023). Sosialisasi pengaruh pendidikan keluarga bagi pembentukan karakter anak. Jurnal Anugerah, 5(2), 211–218. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.4457

Lubis, M., & Suryana, D. (2022). Tingkat pemahaman terhadap pola asuh orang tua di Panyabungan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2525

Maulida, A., & Yudha, R. P. (2023). Pengaruh intensitas gadget, literasi digital, pola asuh orang tua terhadap sosial emosional anak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2456

Novita, D., Amirullah, & Ruslan. (2016). Peran orang tua dalam meningkatkan perkembangan anak usia dini di Desa Air Pinang Kecamatan Simeulue Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kawarganegaraan Unsyiah, 1(1).

Nurdin, S., Fattah, H., & Suraeni. (2018). Hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosi anak usia prasekolah di Kelurahan Pangkajene Kabupaten Sidenreng Rappang Tahun 2018. Ilmiah Kesehatan Pencerah, 7. Pertiwi, R. E. (2020). Pelatihan storytelling untuk meningkatkan keterampilan stimulasi emosi guru PAUD. Gadjah Mada

Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 6(2). https://doi.org/10.22146/gamajpp.57371

Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak di masa pandemi Covid-19 perspektif pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2).

Rofiq, A., & Nihayah, I. (2018). Analisis peran keluarga dalam membentuk karakter anak. Jurnal Pendidikan Islam, 6. Sugiyono. (2017). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suteja, J. (2017). Dampak pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial-emosional anak. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331

Widyawati, W., Husna, A. I. N., & Supendi, D. (2023). Parenting pola asuh orang tua untuk meningkatkan perkembangan emosional anak usia dini. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(1). https://doi.org/10.37985/pmsdu.v1i1.30

Yasa, R. B., & Fatmawati, F. (2021). Analisis relasi keberfungsian keluarga dengan kematangan emosi anak dari keluarga single parent. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 5(2). https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i2.8091

Yulianto, D., Iswantiningtyas, V., & Annisa Mutiara Vani. (2022). Sosialisasi pola asuh orangtua bagi perkembangan sosial emosional anak. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 2(1). https://doi.org/10.29407/dedikasi.v2i1.17929

Zulia, P. P., & Al-afghani, J. (2019). Temper tantrum pada toddler ditinjau dari pola asuh orang tua. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia, 2(2).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Hanifah, A. I., Hamiyah, N., & Junaidi, M. M. (2024). Sosialisasi pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosi anak di Desa Palangan Kabupaten Lamongan. Jurnal Anugerah, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i1.6424