Edukasi literasi finansial melalui media sosial instagram dan youtube “Si Kemal” bagi anak usia prasekolah

Penulis

  • Lizza Suzanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rr. Deni Widjayatri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nenden Sundari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Farid Rizqi Maulana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yulianti Fitriani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Anisa Burairoh Universitas Pendidikan Indonesia
  • Awalia Fajriah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syifa Fauziyah Anwar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Indira Sofy Anggraini Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i1.6408

Kata Kunci:

literasi finansial, media sosial, launching Si Kemal

Abstrak

Perkembangan media sosial yang masif dapat dimanfaatkan secara positif dalam pembiasaan anak usia pra sekolah termasuk dalam mengenalkan literasi finansial. Tujuan kegiatan ini adalah mengedukasi guru dan anak usia prasekolah sekaligus mengkampanyekan konsep literasi finansial “Si Kemal – literaSI KEuangan optiMAL” melalui launching akun Instagram (@penelitian.sikemal) dan Youtube (Petualangan Si Kemal) sehingga dapat memenuhi ketersediaan media edukasi literasi finansial bagi anak usia pra sekolah. Sasaran kegiatan adalah anak usia prasekolah dengan rentang usia 4 – 6 tahun dan pendidik (guru TK) di Kota Serang dan Kota Cilegon. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan edukasi langsung mengundang siswa dan guru pada tempat yang sama dengan menonton video yang diunggah pada YouTube dan Instagram. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi pengamatan langsung di kelas serta pembagian angket yang disebarkan kepada peserta melalui google-form setelah kegiatan berlangsung selama satu minggu. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis deskriptif dari hasil pengamatan dan angket Hasilnya, peserta memberikan respons positif dengan hadirnya sosial media Instagram dan Youtube “Si Kemal”. Dari 16 pernyataan yang disampaikan, 90 persen lebih responden memberikan penilaian baik terhadap Instagram dan Youtube “Si Kemal” dilihat dari aspek motivasi, kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan. Dapat disimpulkan bahwa video Si Kemal dapat meningkatkan tingkat literasi finansial siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asriati, N., Syamsuri, S., Wardani, S. F., Tairas, A., Wiwik, V., Lestari, T. A., Venny, S. & Tella, R. S. (2023). Edukasi kewirausahaan berbasis digital marketing di SMK Negeri 3 Pontianak. Jurnal Anugerah, 5(1), 41-48. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i1.5568

Bawre, S., & Kar, S. (2019). Social media and financial institution in the Indian context. International Journal of Economics and Business Research, 18(3), 343-355. https://doi.org/10.1504/IJEBR.2019.102734

Carpena, F. Cole, S. A., Shapiro, J. & Zia, B. (2011). Unpacking the casual chain of financial literacy. Washington DC: The World Bank.

Dolan, R., Conduit, J., Fahy, J., & Goodman, S. (2016). Social media engagement behaviour: A uses and gratifications perspective. Journal of Strategic Marketing, 24(3-4), 261–277. https://doi.org/10.1080/0965254X.2015.1095222 Frisancho, V. (2020). The impact of financial education for youth. Economics of Education Review, Elsevier, 78(3).

https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2019.101918

Guslinda, G. & Kurnia, R. (2018). Media pembelajaran anak usia dini. Jakad Publishing. https://doi.org/10.13057/ijap.v4i02.4978

Herliani, N., Maulana, F. R., & Wardana, D. (2024). Pemanfaatan media digital sebagai media edukasi anti perundungan di SDN Lontar Baru kota Serang. Jurnal Simki Pedagogia, 7(2), 540-553. https://doi.org/10.29407/jsp.v7i2.810

Huston, S. J. (2010). Measuring financial literacy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 296–316.

Khan, S. & Ahmad, Z. (2022). The effects of financial literacy and social media on financial behaviour. London: Routledge

Lutfi, L. (2023). Social media, islamic financial literacy, and islamic banking product ownership: A moderating model.

El-Dinar: Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah, 11(1), 35-58.

Mukhibat, M. (2020). Konstruksi mutu pendidikan melalui literasi keuangan pada pendidikan anak usia dini di Magetan.

Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/412 Mustofa, D. A., Maulana, F. R., & Wardana, D. (2024). Efektivitas media tarik gambar untuk meningkatkan keterampilan

menulis teks prosedur di kelas 4 SD. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 7(1), 50-62. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v7i1.2798

Noverita, H. & Westhisi S. M. (2021). Pembelajaran literasi finansial dalam perkembangan sosiemosional anak usia dini melalui kegiatan menabung di RA Nurul Yusro. Jurnal Ceria, 4(5), 539–543. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/8024

Purniawati, R. T., & Lutfi, L. (2019). Literasi keuangan dan pengelolaan keuangan keluarga dalam perspektif budaya Jawa dan Bugis. Journal of Business & Banking, 7(1), 31–46. https://doi.org/10.14414/jbb.v7i1.963

Rapih, S. (2016). Pendidikan literasi keuangan pada anak: Mengapa dan bagaimana?. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 14-28. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/226

Rifdani, R., & Cerya, E. (2022). Bagaimana literasi keuangan mempengaruhi perilaku pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa pendidikan ekonomi?. Jurnal Ecogen, 5(1), 102-113. http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v5i1.12779

Shvaher, O. A., Degtyarev, S. I., & Polyakova, L. G. (2021). The effect of social media on financial literacy. International Journal of Media and Information Literacy, 6(1), 211-218. doi:10.13187/ijmil.2021.1.211

Suzanti, L., Nuroniah, P., & Tiurlina, T. (2022). Edukasi literasi finansial kepada anak usia dini melalui poster di desa Lontar kecamatan Tirtayasa kabupaten Serang. Jurnal Pelatihan Pendidikan, 1(2), 82-86. https://journal.potlot.id/index.php/jurnalpelatihanpendidikan/article/view/14

Trisuci, C. M. & Abidin, F. I. N. (2022). The influence of the use of instagram social media, lifestyle, financial attitude, and ease of digital payment facilities in mobile banking on consumptive behavior in students during the Covid-19 pandemic through the role of financial literacy as a modera. Indonesian Journal of Law and Economics Review. https://doi.org/10.21070/ijler.v15i0.781

Yingxia, C., Fengmei, G., & Tong, Z. (2020). Antecedents and consequences of using social media for personal finance.

Journal of Financial Counseling and Planning, 31(1), 162-176. http://dx.doi.org/10.1891/JFCP-18-00049

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Suzanti, L., Widjayatri, R. D. ., Sundari, N., Maulana, F. R., Fitriani, Y., Burairoh, S. A., Fajriah, A., Anwar, S. F., & Anggraini, I. S. (2024). Edukasi literasi finansial melalui media sosial instagram dan youtube “Si Kemal” bagi anak usia prasekolah. Jurnal Anugerah, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i1.6408