Pelatihan Penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Kompetensi Guru di Kabupaten Magelang

Penulis

  • Nina Agustyaningrum Universitas Tidar
  • Arifta Nurjanah Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.6329

Kata Kunci:

pelatihan, penelitian tindakan kelas, kompetensi profesional guru

Abstrak

Menulis PTK merupakan suatu pengembangan kompetensi profesional bagi guru untuk melakukan inovasi pembelajaran sekaligus menjadi salah satu persyaratan peningkatan karier guru. Namun, masih banyak guru belum mampu menulis laporan PTK karena keterbatasan pengetahuan serta kurangnya motivasi dalam hal ini. Tujuan program pengabdian masyarakat ini adalah menambah pengetahuan tentang penulisan laporan PTK untuk mendukung kompetensi profesional dan motivasi guru dalam menulis PTK. Sasaran peserta yaitu para guru di SMAN 1 Salaman dan SMPN 2 Muntilan yang berjumlah 72 orang. Kegiatan pengabdian terdiri dari tiga tahap: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Sementara metode pelaksanaan yaitu pelatihan yang mencakup sesi ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Untuk melihat ketercapaian tujuan kegiatan digunakan angket respons yang mengukur kebermanfaatan kegiatan dalam menambah pengetahuan penulisan laporan PTK, motivasi, dan keterlaksanaan. Analisis dilakukan dengan menghitung persentase peserta yang memberikan respons positif terhadap pernyataan angket. Hasil dari program ini yaitu menambah pengetahuan guru mengenai penulisan laporan PTK yang meliputi perumusan masalah, penyusunan kajian teori, metode penelitian, hasil dan pembahasan hingga kesimpulan. Selain itu, pelatihan ini mampu membangkitkan motivasi para guru untuk menulis PTK, tidak hanya untuk tujuan karier, tetapi juga untuk pengembangan kompetensi profesional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Agustyaningrum, N., & Nurjanah, A. (2023). Pelatihan Penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Kompetensi Guru di Kabupaten Magelang. Jurnal Anugerah, 5(2), 161–170. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.6329