Pendampingan Belajar Sebagai Upaya Penanganan Learning Loss Pasca Pandemi Covid-19 Bagi Siswa SD Negeri 2 Lepar Pongok

Penulis

  • Mahfudz Reza Fahlevi IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Hilhamsyah Hilhamsyah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.6288

Kata Kunci:

learning loss, pandemi covid-19, pendampingan belajar

Abstrak

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa bagi Indonesia di berbagai sektor, salah satunya di sektor pendidikan. Situasi pembelajaran di sekolah pun terpaksa dibatasi dan belajar daring, begitu pula yang terjadi di Desa Tanjung Sangkar Kecamatan Lepar Pongok sehingga siswa mengalami Learning Loss. Oleh sebab itu, mahasiswa KKN-MB IAIN SAS Bangka Belitung mengadakan program bimbingan belajar dengan berbagai metode menarik yang ditujukan bagi siswa SD Negeri 2 Lepar Pongok. Tujuannya, agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan adanya bimbingan belajar. Pola yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini mengacu pada model Asset Based for Community Development (ABCD) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan respons angket para guru yang telah membersamai mahasiswa KKN. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dari penjabaran hasil observasi dan deskriptif kuantitatif dari respons angket. Hasil dari pengabdian ini berjalan dengan baik, tingkat literasi, numerasi dan prestasi siswa makin membaik. Dapat disimpulkan bahwa tingginya antusias siswa ketika belajar dengan metode yang menyenangkan dan juga didukung dengan berbagai respons positif dengan angka persentase yang tinggi dari para guru melalui angket.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Fahlevi, M. R., & Hilhamsyah, H. (2023). Pendampingan Belajar Sebagai Upaya Penanganan Learning Loss Pasca Pandemi Covid-19 Bagi Siswa SD Negeri 2 Lepar Pongok. Jurnal Anugerah, 5(2), 171–184. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.6288