Pelatihan Literasi Digital Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hong Kong
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i1.4867Kata Kunci:
hong kong, literasi digital, pekerja migran indonesiaAbstrak
Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa perubahan signifikan dalam kehidupan. Dengan teknologi, masyarakat semakin mudah mengakses berbagai informasi dan mendukung pekerjaan sehari-hari. Dalam rangka memperkuat kecakapan penggunaan teknologi bagi pekerja migran, perlu dilakukan peningkatan kegiatan yang sesuai dengan muatan teknologi digital, yaitu dengan melakukan pelatihan online bagi pekerja migran di Hongkong. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan literasi digital pekerja migran Indonesia di Hong Kong. Metode kegiatan adalah pendidikan masyarakat dengan menggunakan pelatihan dan pendekatan kepada mitra yang dituju, melaksanakan pelatihan dan evaluasi. Dari kegiatan ini diambil data untuk melihat pencapaian tujuan dengan teknik kuesioner atau angket. Data diolah dengan analisis deskriptif memberikan informasi bahwa: 1) kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi Pekerja Migran (PMI) di Hong Kong, 2) PMI telah meningkatkan kompetensi literasi digital, 3) adanya pengetahuan dan pengalaman baru yang diperoleh peserta pelatihan tentang pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan sehari-hari, dan 4) tingkat kehadiran peserta kegiatan mencapai 100%.
Unduhan
Referensi
Becker, B. W. (2018). Information literacy in the digital age: Myths and principles of digital literacy. School of Information Student Research Journal, 7(2), 1–8. https://doi.org/10.31979/2575-2499.070202
Blummer, B. (2017). Digital literacy practices among youth populations: A review of the literature. Education Libraries, 31(3), 38–45. https://doi.org/10.26443/el.v31i3.261
Çakmak, T., Özel, N., & Y?lmaz, M. (2013). Evaluation of the Open Course Ware Initiatives within the Scope of Digital Literacy Skills: Turkish Open CourseWare Consortium Case. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.014
Ginting, R. V. B., Arindani, D., Lubis, C. M. W., & Shella, A. P. (2021). Literasi Digital Sebagai Wujud Pemberdayaan Masyarakat di Era Globalisasi. Jurnal Pasopati, 3(2), 118–122.
Hartati, T. (2017). MULTIMEDIA IN LITERACY DEVELOPMENT AT REMOTE ELEMENTARY SCHOOLS IN WEST JAVA (MULTIMEDIA DALAM PENGEMBANGAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR TERPENCIL JAWA BARAT). EDUTECH, 15(3), 301–310. https://doi.org/10.17509/edutech.v15i3.4873
Hohlfeld, T. N., Ritzhaupt, A. D., & Barron, A. E. (2010). Development and validation of the student tool for technology literacy (ST2L). Journal of Research on Technology in Education, 42(4), 361–389. https://doi.org/10.1080/15391523.2010.10782556
Laksono, B. A., Supriyono, S., & Wahyuni, S. (2019). LITERASI FINANSIAL DAN DIGITAL KELUARGA PEKERJA MIGRAN DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(2), 139–151. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i2.1291
Lutfiyah Nurul Wakhidah, Sunismi, A. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis literasi digital dan kompetensi abad XXI pada materi barisan kelas XI. JP3, 15(33), 1–11.
Muksin, N. N., Tohari, M. A., & Shabana, A. (2019). Indonesian Migrant Workers: Online Communication on Financial Management. 36–39. https://doi.org/10.2991/agc-18.2019.6
Mustofa, M., & Budiwati, B. H. (2019). PROSES LITERASI DIGITAL TERHADAP ANAK: Tantangan Pendidikan di Zaman Now. Pustakaloka, 11(1), 114–130. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v11i1.1619
Oktavia, R., & Hardinata, A. (2020). Tingkat Literasi Digital Siswa Ditinjau dari Penggunaan Teknologi Informasi sebagai Mobile Learning dalam Pembelajaran Biologi pada Siswa Mengengah Atas (SMA) Kecamatan Kuala Nagan Raya. Bionatural, 7(2), 26–34.
Phillips, H., & M., C. (2011). Perceptions of Resources, Services, and ICT Literacy Skills Among Master’s Students in Finance, With Implications for the Library and the “Trading Room.†Journal of Business and Finance Librarianship, 16(4), 289–306. https://doi.org/10.1080/08963568.2011.603992
Pratama, W. A., Hartini, S., & Misbah, M. (2019). Analisis Literasi Digital Siswa Melalui Penerapan E-Learning Berbasis Schology. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 9–13.
Pratiwi, N., & Pritanova, N. (2017). PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PSIKOLOGIS ANAK DAN REMAJA. Semantik, Semantik 6(1), 11–24. https://doi.org/10.22460/semantik.v6i1p11.250
Syah, R., Darmawan, D., & Purnawan, A. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Literasi Digital. Jurnal Akrab, 10(2), 60–69. https://doi.org/https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v10i2.290
Syarifuddin. (2014). Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Masyarakat Pedesaan. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(2), 153–164. https://doi.org/https://doi.org/10.20422/jpk.v17i2.14
Widiyahseno, B., Rudianto, R., & Widaningrum, I. (2018). PARADIGMA BARU MODEL PELINDUNGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NO 18 TAHUN 2017. Sosio Informa, 4(3), 501–514. https://doi.org/https://doi.org/10.33007/inf.v4i3.1578
Windah, A., Putra, P., Oktaria, R., & Yulistia, A. (2020). Kebutuhan Literasi Informasi dan Digital bagi Masyarakat di Pekon Podosari Kecamatan Pringsewu Provinsi Lampung. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 6(2), 159–168. https://doi.org/10.14710/lenpust.v6i2.32973
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Anugerah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.